KEGIATAN MAHASISWA KKN UNIVERSITAS ABULYATAMA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Suryani Suryani, Mahyuddin Mahyuddin, Ferlya Elyza, Putri Dini Meutia, Rini Susiani, Ema Dauyah, Ugahara Ugahara, Novi Yanti, Muhammad Alif Alhaidar, Hasanah Hasanah, Halena Halena, Maulida Maulida, Syarifah Farissi Hamama, Irma Aryani

Abstract


ABSTRAK

Kurangnya kegiatan yang bermakna membuat anak-anak tidak terkontrol dalam menggunakan gadget. Untuk itu perlu adanya kegiatan bermakna sebagai upaya mengalihkan perhatian mereka terhadap kecendrungan memakai gadget. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengadakan berbagai kegiatan literasi dan numerasi sehingga dapat meminimalisir kebiasaan anak-anak dalam menggunakan gadget setiap harinya di Desa Ateuk Lampeuot. Metode pelaksanaan kegiatan adalah dalam bentuk bimbingan belajar. Anak-anak dibimbing dan didampingi dalam pelaksanaan setiap kegiatan selama 1 jam setiap harinya. Kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pengabdian ini berupa bimbingan belajar yang mengajarkan kreatifitas, membaca, menulis, menggambar, berhitung dan belajar Bahasa Inggris. Hasil dari kegiatan ini adalah anak-anak menjadi jarang menggunakan gadget serta sangat bersemangat dalam mengikuti berbagai program literasi numerasi yang diberikan. Hal ini terlihat dari partisipasi aktif setiap anak saat kegiatan berlangsung. Oleh karena itu sangat diperlukan keberlanjutan dari kegiatan bermakna untuk meningkatkan literasi numerasi anak-anak di desa Ateuk Lampeuot.

 

Kata kunci: literasi; numerasi; gadget.

 

ABSTRACT

The lack of meaningful activities makes children uncontrollable in using gadgets. For this reason, it is necessary to have meaningful activities as an effort to divert their attention to the tendency of using gadgets. Therefore, the purpose of this community service is to hold various literacy and numeracy activities so as to minimize the children's habit of using gadgets every day in Ateuk Lampeuot Village. The method of implementing these activities is in the form of tutoring. School children are guided and accompanied in the implementation of each activity which lasts for 1 hour every day. Activities carried out in this community service are in the form of teaching creativity, reading, writing, drawing, numeracy and learning English. The result of this activity is that the children rarely use gadgets and become very enthusiastic in participating in the various numeracy and literacy programs provided. This can be seen from the active participation of each child during the activity. Therefore, it is very necessary to carry out meaningful activities to improve the numeracy and literacy of children in Ateuk Lampeuot village.

 

Keywords: literacy; numeracy; gadget.


Keywords


literacy; numeracy; gadget.

Full Text:

PDF

References


Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21746

Damayanti, N. W., & Ikhwaningrum, D. U. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Berbasis Aktifitas Pola Hidup Sehat. 6(3), 1–5.

Meutia, D., Dauyah, E., Suryani, Susiani, R., & Majid, H. (2021). Sosialisasi Gerakan Literasi Nasional : Membagun Generasi Sehat dan Berprestasi Di SMAN 1 Salang Semeulue. 2(1), 26–29.

Prihartini, F. widi. (2018). Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pada Kelas Rendah Di SD N Punten 1 Batu. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Suryani, Meutia, P. D., Majid, A. H., Dauyah, E., Susiani, R., Ugahara, Fera, J., Ainun, N., Mahyuddin, Yanti, S. R., Nst, R. M., & Irfan, A. (2022). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris untuk Anak-Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Lampoh Keudee. Jurnal Abdimas UNAYA, 3(1), 26–30. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/Abdimas/article/view/2278

Wulandari, S., Hermansyah, H., & Pratiwi, Y. I. (2021). The Influence of Learning Motivation on Mathematics Learning Achievement in terms of Gender of Class VIII Students of SMP Negeri 5 Tarakan. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 2(2), 42–50. https://doi.org/10.37303/jelmar.v2i2.63




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: