PELATIHAN PEMBUATAN LKPD EKONOMI BERBASIS APLIKASI DIGITAL PADA GURU-GURU SMA DI KABUPATEN LAMONGAN
Abstract
ABSTRAK
Keterampilan yang melibatkan unsur teknologi dalam aktivitas pembelajaran saat ini sangat diperlukan di era pasca pandemi. Tujuan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) ini untuk meningkatkan pemahaman serta keterampilan MGMP Ekonomi di Kabupaten Lamongan terkait pelatihan pembuatan LKPD Ekonomi berbasis aplikasi digital. Metode yang digunakan dalam proses pelaksanaan kegiatan terdapat lima tahapan: 1) melakukan persiapan dan pengorganisasian, 2) menyusun susunan acara, materi, dan instrumen pelatihan, 3) pelaksanaan kegiatan pelatihan, 4) pendampingan dan penyusunan soal HOTS ke LKPD berbasis aplikasi digital, 5) evaluasi. Hasil dari kegiatan pelatihan tersebut menunjukkan bahwa pada lembar Respons peserta secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata sebesar 77% dengan kategori sangat baik, dengan memperoleh tingkat keefektifan sebesar 0,89 dengan kategori efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan tersebut dapat diikuti dengan baik oleh peserta MGMP Ekonomi, hal tersebut berpengaruh terhadap meningkatnya pemahaman serta keterampilan peserta tentang pembuatan LKPD berbasis aplikasi digital sebelum dan setelah mengikuti pelatihan sehingga peserta mampu menghasilkan produk LKPD Ekonomi berbasis aplikasi digital untuk mendukung proses pembelajaran.
Kata kunci: LKPD berbasis aplikasi digital; MGMP ekonomi kabupaten lamongan; pelatihan
ABSTRACT
Skills that involve elements of technology in learning activities are currently very much needed in the post-pandemic era. The purpose of this Community Service activity is to improve the understanding and skills of the Economic MGMP in Lamongan Regency related to training in making economic LKPD based on digital applications. The method used in the activity implementation process consists of five stages: 1) preparing and organizing, 2) compiling the arrangement of events, materials, and training instruments, 3) implementing training activities, 4) mentoring and preparing HOTS questions to LKPD based on digital applications, 5) evaluation. The results of the training activities showed that on the Response sheet the participants overall obtained an average percentage of 77% in the very good category, with an effectiveness level of 0.89 in the effective category. This shows that the training activities can be followed well by the participants of the Economics MGMP, this has an effect on increasing participants' understanding and skills about making digital application-based LKPDs before and after participating in the training so that participants are able to produce digital application-based Economic LKPD products to support the learning process.
Keywords: LKPD based on digital applications; lamongan regency economic MGMP; training
Keywords
Full Text:
PDFReferences
’first Ar, E., & Astriyani, A. (2021). Webinar Peran Kompetensi Pedagogi Dan Pentingnya Literasi Digital Abad 21 Untuk Membangun Generasi Z Yang Tangguh. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 2–0. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnas
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Indriani, F. F., & Sakti, N. C. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(1), 65–77. https://doi.org/10.18592/ptk.v8i1.6414
Kidi. (2018). Teknologi Dan Aktivitas Dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Pendidikan, 28, 1–28.
Latifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2019). Pengintegrasian Potensi Lokal Pada Mata Kuliah Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Rasa Hormat Mahasiswa Terhadap Lingkungan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 0–5. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i4.995
Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264
Mardhiyah, Rifa Hanifa, dkk. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 12(1), 187–193.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan (Diva Press (ed.)).
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Sari, E. N., & Susilowibowo, J. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Kelas XI Semester 2. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4469–4483. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2709
Situmorang, R. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sisem Ekskresi Manusia. EduBio Tropika, 3, 87–90.
Sueb. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa di SMKNPP Negeri Bima. Jurnal PenKom: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 2(2), 20–32.
Syaharuddin. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19. 1–9.
Syifaunnur, H. (2015). Pengembangan dan Analisis Kelayakan Multimedia Interaktif “Smart Chemist”Berbasis Intertekstual Sebagai Media Pembelajaran Kimia SMA. In UNNES Repository. https://lib.unnes.ac.id/22485/1/4301411110-S.pdf
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11089
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: