PERANCANGAN DAN PELAKSANAAN SOP PENGELOLAAN SAMPAH PRODUKTIF UNTUK MENIGKATKAN PENDAPATAN BUMDES DI DESA LINGSAR
Abstract
ABSTRAK
Desa Lingsar merupakan salah satu desa wisata yang berada di Kabupaten Lombok Barat. Desa kaya sumber air ini memiliki visi yang baik dalam pengelolaan sampahnya. Sebagaimana masyarakat seharusnya di desa wisata, Pemerintah Desa Lingsar dan masyarakat desa pada dasarnya cukup sadar akan permasalahan sampah di lingkungan mereka. Akan tetapi, masih belum adanya alur yang jelas seringkali menjadikan segala sarana dan prasarana yang ada menjadi sia-sia. Pengabdian ini bertujuan untuk dapat memecahkan masalah alur pengelolaan sampah di Desa Lingsar tersebut. Pengabdian ditujukan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pihak yang berkaitan dengan pengelolaan sampah di Desa Lingsar seperti pihak BUMDes, bank sampah dan operator pengangkut sampah dalam menyusun dan melaksanakan standar operasional prosedur (SOP) alur pengelolaan sampah di desa tersebut. Pengabdian dilakukan selama 6 bulan yang terbagi ke dalam masa pra-pelatihan, pelatihan, dan masa pasca pelatihan. Hasil dari pelatihan dan diskusi ini disusun SOP yang merupakan best practice dari pengelolaan sampah produktif di Desa Lingsar. Selanjutnya pada masa pasca pelatihan dilakukan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan SOP pengelolaan sampah produktif. Dari hasil monitoring dan evaluasi diketahui bahwa terjadi peningkatan jumlah sampah produktif yang terpilah dan berhasil dijual kepada pengepul sampah.
Kata kunci: standar operasional prosedur; BUMDes; bank sampah; sampah produktif.
ABSTRACT
Lingsar Village is one of the tourist villages in West Lombok Regency. This village rich in water sources has a good vision in managing its waste. As the community should be in a tourist village, the Lingsar Village Government and the village community are basically quite aware of the waste problem in their environment. However, there is still no clear flow that often makes all existing facilities and infrastructure useless. This service aims to be able to solve the problem of the flow of waste management in the Lingsar Village. This service is aimed at providing training and assistance to parties related to waste management in Lingsar Village such as BUMDes, waste banks and waste transport operators in compiling and implementing standard operating procedures (SOP) for waste management in the village. The service is carried out for 6 months which is divided into pre-training, training, and post-training periods. The results of the training and discussion were compiled SOPs which are best practices of productive waste management in Lingsar Village. Furthermore, in the post-training period, monitoring and evaluation will be carried out on the implementation of SOPs for productive waste management. From the results of monitoring and evaluation, it is known that there is an increase in the amount of productive waste that is separated and successfully sold to waste collectors.
Keywords: operating standard procedure; BUMDes; waste bank;productive waste.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amjah, A., Agustino, L., & Arenawati, A. (2022). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lebak Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah. JIPAGS (Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies), 6(1), 55–60. https://doi.org/10.31506/jipags.v6i1.12458
Anggraini, I. (2016). Pengaruh Karakteristik Sistem Informasi Manajemen Dan SOP Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Kasus Pada Citarum Sobat Bumi). Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi, 7(2), 1–19.
Apriliana, A., Wahdini, N., Pramaningsih, V., Suhelmi, R., & Daramusseng, A. (2022). PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN PEMILAHAN SAMPAH DI KELURAHAN SELILI, KECAMATAN SAMARINDA ILIR. Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 336–340.
Asih, H. M., & Suhariyanto, T. T. (2021). Peningkatan produktivitas pembuatan detergen ramah lingkungan dengan penyusunan standard operating procedure (SOP) di Bank Sampah Kamulyan, Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 147–154.
Felly, R., Fabiani, V. A., Nurhadini, N., & Asriza, R. O. (2022). Sosialisasi dan edukasi peningkatan kualitas pupuk kompos dari sampah organik menggunakan mesin pengaduk pupuk di ksm srimenanti jaya sungailiat. Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1203–1209.
Hudaifah, A., Cholilie, I. A., & Tutuko, B. (2021). Sistem Pengelolaan dan Pengolahan Limbah Pasar Tradisional Terpadu Guna Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Sumput, Driyorejo, Kab. Gresik. Inspirasi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 14–23. https://journal.inspirasi.or.id/index.php/jppm
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah, Pub. L. No. Nomor 18 Tahun 2008 (2008).
Pemerintah Kota Mataram, P. K. (2009). Laporan pemantauan sampah harian Kota Mataram.
Ratminto, R., & Winarsih, A. S. (2014). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.
Sasanti, E. E., Animah, A., & Suryantara, A. B. (2022). PELATIHAN PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PADA TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 5 MATARAM. E-Amal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(02), 1061–1072.
Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Jasa. Bayu Media.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11265
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: