PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA 数字教材BAGI GURU-GURU BAHASA MANDARIN SE-MALANG RAYA

Karina Fefi Laksana Sakti

Abstract


ABSTRAK

Bahasa Mandarin adalah bahasa yang penting dikuasai dan telah menjadi salah satu bahasa resmi PBB. Dengan dijadikannya Bahasa Mandarin menjadi bahasa resmi PBB, masyarakat di dunia, termasuk masyarakat Indonesia semakin lama semakin tertarik untuk mempelajari dan mendalami bahasa Mandarin. Pembelajaran Bahasa Mandarin di Indonesia menjadi penting karena saat ini dunia kerja membutuhkan banyak tenaga kerja yang mahir berbahasa asing, terutama bahasa Mandarin, sehingga banyak sekolah di Indonesia memunculkan mata pelajaran Bahasa Mandarin, termasuk sekolah-sekolah di Malang Raya. Dalam pengajaran bahasa Mandarin oleh guru-guru SMA diperlukan media pembelajaran bahasa Mandarin yang sesuai, agar pengajar atau guru dapat mentrasfer ilmu bahasa Mandarin kepada siswa dengan baik. Pengabdian pelatihan pembuatan media 数字教材dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru-guru bahasa Mandarin dalam menyusun media atau bahan ajar 数字教材 yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa pada tiap jenjangnya, selain itu dapat menjadikan guru lebih percaya diri mampu menggali potensi untuk peningkatan mutu pendidikan. Adapun kegiatan dalam pengabdian berupa (1) Menjelaskan pentingnya media pembelajaran; (2) Meperkenalan media 数字教材; (3) Mendemonstrasikan langkah-langkah pembuatan media 数字教材; (4) Guru praktek membuat media 数字教材 secara langsung dengan arahan narasumber. Hasil dari kegiatan pelatihan pembuatan media 数字教材 ini menunjukkan bahwa para guru bahasa Mandarin antusias dalam mengikuti pelatihan yang dilaksanakan, terbukti dari para guru dengan antusias membuat media 数字教材 sesuai dengan tema materi yang dipilih, melakukan tanya jawab dan diskusi mengenai media 数字教材serta merespon pemateri selama kegiatan pelatihan pembuatan media 数字教材 berlangsung. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan pembuatan media 数字教材 penting dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menyusun media pembelajaran bahasa Mansarin sesuai materi tiap jenjang sekolah oleh guru-guru bahasa Mandarin dan juga dapat menambah wawasan tentang media terbaru bagi guru.

 

Kata kunci: pelatihan; media; bahasa mandarin

 

ABSTRACT

Mandarin is an important language to master and has become one of the official languages of the United Nations. With the adoption of Mandarin as the official language of the United Nations, people in the world, including the Indonesian people, are increasingly interested in learning and deepening Mandarin. Learning Mandarin in Indonesia is important because currently the world of work requires a lot of workers who are proficient in foreign languages, especially Mandarin, so that many schools in Indonesia introduce Mandarin subjects, including schools in Malang Raya. In teaching Mandarin by high school teachers, appropriate Chinese language learning media are needed, so that teachers can transfer Chinese knowledge to students well. The service of media creation training is carried out as an effort to improve the ability of Chinese language teachers in compiling media or teaching materials that are in accordance with the needs and abilities of students at each level, besides that it can make teachers more confident and able to explore the potential for improving the quality of education. The activities in the training are (1) Explaining the importance of learning media; (2) Introducing the media 数字教材; (3) Demonstrating the steps of making media 数字教材; (4) The teacher practices making media 数字教材directly. The results of this training of making media 数字教材showed that the Mandarin language teachers were enthusiastic in participating in the training carried out, as evidenced by the teachers enthusiastically making media according to the theme of the material chosen, conducting questions and answers and discussions about the media and responding presenters during the media creation training activities. Thus, it can be concluded that training in making media is important to improve the ability to develop Mansarin language learning media according to the material for each school level by Chinese language teachers and also to add insight into the latest media for teachers.

 

Keywords: training; media; chinese language.


Keywords


training; media; chinese language.

Full Text:

PDF

References


Hari, Y., & Hermawan, B. (2016). Mobile Learning Application to Support Mandarin Language Learning for High School student. Imperial Journal of Interdisciplinary Research (IJIR, 2(4).

Liwang, J. (2013). Pembuatan E-Book Interaktif Untuk Pembelajaran Huruf Dasar Mandarin Bagi Pemula Berbasis Web. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 No.2 (2013).

Purbasari, Fatmala. 2018. Keefektivitasan Penggunaan Media Visual Animasi Gerak dalam Pembelajaran Menulis Karakter Mandarin untuk

Siswa Kelas I SD Gracia Surabaya. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) 2018 – Universitas Widya Kartika E01-1.

Rohmah, M. (2016). Pengembangan Media “Kurze Marchen” Berbasis Android Rohmah, Mitah. 2016. Pengembangan Media "Kurze Marchen" Berbasis Android untuk Keterampilan Membaca Bahasa.Jerman Pada Kelas XII Bahasa SMA Negeri 3 Madiun. Malang: Unversitas Negeri Malang.

Surya, S. (2016). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Pembelajaran Gramatika Bahasa Mandarin Kelas XI SMA Taman Harapan Malang. Universitas Negeri Malang.

Widyaningsih, G. E. N. (2019). Penggunaan Kamus Digital Dan Kamus Cetak Terhadap Penguasaan 汉字hànzi. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial (Vol. 10, Issue 1).

Xuming, N. (2013). 中国概况China Overview. Beijing Language and Culture University Press北京语言大学出版.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: