WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INGGRIS BAGI GURU-GURU SMP

Nina Puspitaloka, Debibik Nabilatul Fauziah, Yana Cahyana

Abstract


ABSTRAK

Era revolusi 5.0 memiliki peran penting dalam sektor kehidupan, tidak terkecuali sektor pendidikan. Kebutuhan implementasi teknologi dalam sektor pendidikan merupakan penunjang terbentuknya siswa berkarakter dan berdaya saing tinggi. Pembuatan multimedia interaktif diaktualisasikan sebagai respon perkembangan teknologi yang mengacu langsung terhadap produk digital sebagai media pada pembelajaran membaca bahasa Inggris. Workshop ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan guru-guru SMPN 1 Cilamaya Kulon dalam pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis digital dengan menggunakan Microsoft Powerpoint.  Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan dan workshop dengan melibatkan 3 tahapan pelaksanaan, yaitu (1) pra-kegiatan (2) pelaksanaan kegiatan, dan (3) evaluasi pelaksanaan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini menunjukan bahwa program kegiatan pengabdian pada masyarakat mampu meningkatkan kompetensi guru dalam berteknologi untuk menunjang proses pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan interaktif.

 

Kata kunci: keterampilan membaca bahasa inggris; media pembelajaran interaktif; workshop.

 

ABSTRACT

The era of revolution 5.0 has an important role in the life sector, and the education sector is no exception. The need for technology implementation in the education sector is a support for the formation of students with high character and competitiveness. The creation of interactive multimedia is actualized as a response to technological developments that refer directly to digital products as a medium for learning to read English. This workshop was held with the aim of improving the competence of knowledge and skills of teachers of SMPN 1 Cilamaya Kulon in making digital-based interactive learning media using Microsoft Powerpoint.  This community service activity is carried out using training and workshop methods involving 3 stages of implementation, namely (1) pre-activity (2) implementation of activities, and (3) evaluation of implementation. The results of the implementation of this activity show that the community service activity program is able to improve the competence of teachers in technology to support a creative, innovative, and interactive learning process.

 

Keywords: english reading skills; interactive learning media; workshop.


Keywords


english reading skills; interactive learning media; workshop.

Full Text:

PDF

References


Alimudin, E., Yuliati, T., & Nugraha, N. B. (2019). Pelatihan Media Pembelajaran dengan Ms. Office Power Point bagi Guru SMA IT Plus BAZMA Brilliant Dumai. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.28

Arieska, P. K., Mufarrikoh, Z., & Susanto, F. A. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Microsoft Powerpoint Bagi Yayasan Ittaqu Surabaya. Community Development Journal, 1(1), 3–5.

Hafidz, M. Al, Fitrani, L. D., & Karyawan, M. A. (2022). Pendampingan Peningkatan Kompetensi Dan Motivasi Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(September), 1103–1108.

Kuhail, A. A., & Aqel, M. S. (2020). Interactive Digital Videos and Their Impact on Sixth Graders’ English Reading and Vocabulary Skills and Retention. International Journal of Information and Communication Technology Education, 16(3), 42–56. https://doi.org/10.4018/ijicte.2020070104

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747

Rahmawati, T. D., & Safrudin, N. (2022). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Quis Microsoft Powerpoint bagi Guru SMPN 1 Waigete. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 2(1), 65–70. https://doi.org/10.46306/jub.v2i1.64

Rezania, V., Fihayati, Z., Amrullah, M., & Ambarwati, F. I. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital bagi Guru SD Muhammadiyah 5 Porong. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(September), 1415–1419.

Riwayatiningsih, R., Susanti, Y., Sulistyani, & PA, M. P. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru Bahasa Inggris Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 4(2), 198–208. https://doi.org/10.2207/jjws.91.328

Rukayah, R., Andayani, A., & Syawaludin, A. (2022). Learner’s Needs of Interactive Multimedia Based on Hybrid Learning for TISOL Program. Journal of Language and Linguistic …, 18(1), 619–632. https://doi.org/10.52462/jlls.207

Simbolon, J., Haidir, H., & Daulay, I. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 05 Medan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 116–121. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: