PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI TUTOR SATUAN PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEB BASED LEARNING DI PKBM ASSOLAHIYAH PASIRJAYA CILAMAYA KULON KARAWANG

Ika Rizqi Meilya, Ratna Sari Dewi

Abstract


ABSTRAK

Tujuan kegiatan yang ingin dicapai dalam pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan tutor pendidikan kesetaraan di PKBM Assolahiyah Karawang dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis web sehingga dapat memudahkan tugas-tugasnya serta meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan pelatihan penerapan model pembelajaran berbasis Web Based Learning. Tujuan ini dapat dicapai melalui pelatihan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan follow-up. Berdasarkan hasil obeservasi kegiatan, secara umum kegiatan pengabdian berjalan lancar terlihat dari tingkat kehadiran peserta dan antusiasme para peserta dan aktifnya saat berdiskusi serta banyaknya pertanyaan yang dilontarkan pada saat sesi tanya jawab kepada tim pengabdian. Begitu juga dengan hasil angket yang diberikan kepada peserta diakhir kegiatan, didapatkan hasil model pembelajaran berbasis web terbukti menarik dan dianggap efisien bagi tutor dengan nilai 84%. Dari segi kebermanfaatan meliputi aspek kemenarikan, kemudahan dan fleksibilitas, hasil angket menunjukkan skor paling rendah 81% dan tertinggi 93% untuk setiap aspeknya. Hal tersebut disimpulkan bahwa tutor di PKBM Assolahiyah tertarik dan merasakan manfaat dari penggunaan model pembelajaran berbasis web yang dilatihkan oleh tim pengabdian. Diharapkan model pembelajaran berbasis web ini tidak hanya dilakukan pada mata pelajaran keterampilan khusus saja, akan tetapi diterapkan pada mata pelajaran lainnya pada program pendidikan kesetaraan.

 

Kata kunci: pembelajaran berbasis web; PKBM

 

ABSTRACT

The purpose of the activities to be achieved in this service is to increase the knowledge, understanding and skills of equivalence education tutors at PKBM Assolahiyah Karawang in utilizing web-based learning media so that they can facilitate their tasks and increase student motivation and learning outcomes. This goal can be achieved through training which includes the stages of planning, implementation, evaluation, and follow-up. Based on the results of observing activities, in general the service activities went smoothly as seen from the level of attendance of the participants and the enthusiasm of the participants and their activeness during discussions and the number of questions asked during the question and answer session to the service team. Likewise with the results of the questionnaire given to participants at the end of the activity, the results of the web-based learning model proved interesting and considered efficient for tutors with a score of 84%. In terms of usefulness including aspects of attractiveness, convenience and flexibility, the results of the questionnaire showed the lowest score was 81% and the highest was 93% for each aspect. It was concluded that tutors at PKBM Assolahiyah were interested and felt the benefits of using a web-based learning model trained by the service team. It is hoped that this web-based learning model will not only be carried out on special skills subjects, but will be applied to other subjects in the equality education program.

 

Keywords: web based learning; PKBM


Keywords


web based learning; PKBM

Full Text:

PDF

References


[REVISI per 09/11/2021] Agustus 2021: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 6,49 persen. (2021, November 05). Retrieved Januari 07, 2022, from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/11/05/1816/agustus-2021--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-6-49-persen.html

Ismaniati, C. (2010). PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Universitas Negeri Yogyakarta, 16.

Ja'ashan, & Hassan, M. M. (2020). The Challenges and Prospects of Using E-Learning among EFL Students in Bisha University. Arab World English Journal, 124-137.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii. Inovasi Teknologi Pendidikan, 166-182.

Maran, C., Selvaraj, C., & Ravikumar, B. (2011). Effectiveness of Multimedia Learning in Higher Education. International Journal of Multimedia Technology, 88-92.

McKimm, J., Jollie, C., & Cantillon, P. (2003). Web based learning. Bmj 326.7394, 870-873.

MMDHKT, H. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Rachmawati, Y., Lu, C.-H., Chen, H.-H., Setiasih, O., & Kurniawati, L. (2014). Implementing instructional system design between taiwan and indonesia via online teaching. International Journal of Education , 64-73.

Supriyono, K., & Sugirin, S. (2014). Pengembangan media pembelajaran membaca bahasa inggris smp berbasis web. Inovasi Teknologi Pendidikan, 49-64.

Surjo, H. D. (1999). Surjo, Herman Dwi. "Pemanfaatan internet untuk memperbaharui model pengajaran di perguruan tinggi. Cakrawala Pendidikan, 162-166.

Tsai, S., & Machado, P. (2002). E-learning, Online Learning, Web-based Learning, or Distance Learning: Unveiling the Ambiguity in Current Terminology. Unveiling the ambiguity in current terminology, E-learn Magazine.

Warsita, B. (2006). Kecenderungan global dan regional dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan. Jurnal Teknodik, 069-098.

Widiantoro, B., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Pada Kompetensi Dasar Di SMKN 1 Jetis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: