EDUKASI CAPITAL MARKET PADA GEN Z

Sri Andriani, Muhammad Nur Fietroh, Serli Oktapiani, Hartini Hartini

Abstract


ABSTRAK

Terjadi peningkatan jumlah investor pasar modal setiap tahunnya, namun masih tidak sebanding dengan jumlah populasi masyarakat Indonesia. Rendahnya jumlah investor di pasar modal menandakan bahwa tingkat literasi masyarakat masih cukup rendah. Gen Z selaku generasi muda merupakan asset masa depan yang perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya investasi terutama di pasar modal. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan dalam bentuk workshop dengan 3 tahapan yaitu tahap sosialisasi, pelaksanaan workshop dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan dan minat investasi di pasar modal pada generasi Z. Selain itu kegiatan ini melakukan kerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Indonesian Stock Exchange (IDX) cabang NTB mampu menarik minat peserta dengan difasilitasi pembuatan account saham secara gratis. Selain itu, 40%  peserta workshop tertarik untuk membuat account saham melalui Galeri Investasi FEB UTS untuk bisa trading saham di pasar modal.

 

Kata kunci: pasar modal; investor; saham; gen Z

 

ABSTRACT

There is an increase in the number of capital market investors every year, but it is still not proportional to the total population of the Indonesian people. The low number of investors in the capital market indicates that the level of public literacy is still quite low. Gen Z as the younger generation is a future asset that needs to be given an understanding of the importance of investing, especially in the capital market. The method of implementing the service is carried out in the form of a workshop with 3 stages, namely the socialization stage, the implementation of the workshop and the evaluation. The result of this service is an increase in knowledge and interest in investing in the capital market in generation Z. In addition, this activity in collaboration with the Financial Services Authority (OJK) and the Indonesian Stock Exchange (IDX) NTB branch is able to attract participants' interest by facilitating the creation of stock accounts online. free. In addition, 40% of workshop participants are interested in creating a stock account through the FEB UTS Investment Gallery to be able to trade shares in the capital market.

 

Keywords: capital market; investors; stocks; gen Z


Keywords


capital market; investors; stocks; gen Z

Full Text:

PDF

References


Ali, A. (2011). Predicting individual investors’ intention to invest: An experimental analysis of attitude as a mediator. World Academy of Science, Engineering and Technology, 50.

Aprayuda, R., & Misra, F. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Keinginan Investasi Investor Muda di Pasar Modal Indonesia. E-Jurnal Akuntansi, 30(5). https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i05.p02

Aren, S., & Aydemir, S. D. (2015). The Factors Influencing Given Investment Choices of Individuals. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 210. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.351

Bakhri, S. (2018). Minat Mahasiswa Dalam Investasi Di Pasar Modal. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1). https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2846

Didit Herlianto. (2013). Manajemen Investasi Plus Jurus Mendeteksi Investasi Bodong. In עלון הנוטע (Vol. 66).

Elisabeth, A. (2021, Agustus Selasa). https://www.idxchannel.com/economics/gap-literasi-keuangan-di-kota-dan-desa-tinggi-ojk-ungkap-penyebabnya. Retrieved from https://www.idxchannel.com. (Diakses pada hari Selasa, 22 November 2022 pukul 08.35 WIB)

Gulo, Y., & Djashan, I. A. (2019). Pengenalan Pasar Modal Dan Stocklab Games Di SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.363

Hermuningsih, S., Sari, P. P., & Melliana, N. (2021). Peran Pasar Modal dan Investasi Saham bagi Investor. Abdimas Dewantara, 4(2).

Indonesia Stock Exchange. (2021). IDX Stock Index Handbook V1.2. IDX Stock Index Handbook V1.2.

Putranto, H. A. (2016). Kelayakan Finansial Ekonomi Mahasiswa dalam Investasi Saham di Galeri Investasi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya. Oeconomicus Journal Of Economics, 1(1).

Putri, V. A., & Mandayanti, E. (2021). Perspektif Perkembangan dan Tantangan Pasar Modal di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.

Rahmawati, A., Adhi, T. M., Simatupang, A., Yanti, E. R., Alya, D., Studi, P., … Bina Insani, U. (2021). Membangun Minat Investasi Saham Generasi Z. Jurnal Abdimas Sosek (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Sosial Ekonomi), 1(2).

Sari, I. N. (2018). Didukung Teknologi, Investor Muda Mendominasi Pasar Modal. Https:///Investasi.Kontan.Co.Id. (Diakses pada hari Selasa, 10 Oktober 2022 pukul 19.25 WIB)

Setiawan, B. (2018). EDUKASI LITERASI KEUANGAN PASAR MODAL PENGURUS PKK KECAMATAN SAKO PALEMBANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(1). https://doi.org/10.36982/jam.v2i1.481

Sidik, S. (2022). Investor Pasar Modal Tembus 8,39 Juta, Milenial Kian Melek Investasi. Www.Katadata.Com. (Diakses pada hari Selasa, 7 Oktober 2022 pukul 08.15)

Viana, E. D. (2022). Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 252.

www.cnnindonesia.com. (2022). Jumlah Investor Pasar Modal RI Baru 0,8 Persen dari Populasi. Diakses pada hari Selasa, 10 Oktober 2022 pukul 19.25




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: