PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PENJUALAN PRODUK JAMU SEDUH DI WILAYAH TRENGGALEK

Agrienta Bellanov, Desrina Yusi Irawati, Nabila Novianti Rohmadani, Yoel Fortunatus

Abstract


ABSTRAK

Jamu merupakan kata atau istilah yang tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Minuman yang berasal dari tumbuhan herbal ini dipercaya memiliki banyak manfaat yang berguna untuk menambah imunitas tubuh hingga menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari kalangan usia anak-anak hingga dewasa. SN3 Herbal, merupakan salah satu Home Industri penghasil jamu inovasi yang berada di Trenggalek. Jamu yang diproduksi merupakan jamu serbuk, atau jamu siap seduh. Dalam sebulan SN3 Herbal dapat menjual minimal 40 botol. Namun berdasarkan hasil wawancara, mitra menyatakan adanya rasa kurang percaya diri untuk tetap bertahan di era sekarang karena semakin banyaknya produk pesaing yang muncul. mitra jamu merasa harus mampu melakukan pembaruan label kemasannya, karena label kemasannya dirasa kurang menarik dan terlalu sederhana, dan untuk menghasilkan desain label kemasan sebelumnya, mitra harus minta bantuan kepada orang lain untuk mendesainkannya, sehingga akan ada biaya pengeluaran tambahan. Maka dari itu tim pengabdian bersama mahasiswa berupaya untuk memberikan pelatihan desain label kemasan yang lebih menarik kepada mitra, dan pengambilan foto produk agar lebih menarik saat di unggah ke marketplace/ media sosial lainnya, tim pengabdian juga mendampingi selama proses produksi agar serbuk jamu yang dihasilkan benar-benar kering saat dikemas, sehingga jamu serbuk bisa lebih awet.

 

Kata kunci: jamu; pelatihan; desain; foto produk

 

ABSTRACT

Jamu is a word or term that is certainly familiar to the people of Indonesia. Drinks derived from herbal plants are believed to have many benefits that are useful for increasing the body's immunity to curing various diseases, ranging from children to adults. SN3 Herbal, is one of the Home Industries producing innovative herbal medicine in Trenggalek. The herbs produced are powdered herbs, or ready to brewed herbs. In a month SN3 Herbal can sell a minimum of 40 bottles. However, based on the results of interviews, business people stated that there was a lack of confidence to survive in the current era because of the increasing number of competing products. The herbal medicine business people feel they have to be able to update their packaging labels, because the packaging labels are deemed unattractive and too simple, and to produce the previous packaging label design, the business person must ask for help from others to design it, so there will be additional expenses. Therefore, the community service team with students strives to provide more attractive packaging label design training to business people, and take product photos to make them more attractive when uploaded to the marketplace/other social media, the service team also assists during the production process so that the herbal powder produced completely dry when packaged, so the powdered herbs can last longer.

 

Keywords: herbal; training; design; product photos


Keywords


herbal; training; design; product photos

Full Text:

PDF

References


A’yunin, A. Q., Santoso, U., & Harmayani, E. (2019). KAJIAN KUALITAS DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN BERBAGAI FORMULA MINUMAN JAMU KUNYIT ASAM Nur Arifah Qurota A’yunin 1 , Umar Santoso 2 , dan Eni Harmayani 2 1. Jurnal Teknologi Pertanian, 23(1), 37–48.

Aditama, T. Y. (n.d.). Prof dr Tjandra Yoga Aditama.

Christina, E., Samosir, M., Manalu, B. M., Anggeria, E., & Keperawatan, F. (2021). Pelatihan Teknik Foto Produk Menggunakan Smartphone untuk Meningkatkan Visual Branding Usaha Rintisan. J-Abdi, 19(1), 1–9.

Elfahmi, Woerdenbag, H. J., & Kayser, O. (2014). Jamu: Indonesian traditional herbal medicine towards rational phytopharmacological use. Journal of Herbal Medicine, 4(2), 51–73. https://doi.org/10.1016/j.hermed.2014.01.002

Fitriah, L. D., Nabila, A. A., Tambunan, B., Putra, C. G., Putri, F., Rahmawati, I., Firmansyah, M. W., Mahmuda, N., Fitriani, S. N., Suganda, Y. T., Tranggono, D., & Business, I. (2022). OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA UMKM SE- KECAMATAN BULAK DALAM ERA DISRUPSI. 6(September), 1074–1081.

Halim, B., Amaliatulwalidain, A., & Anggraini, N. (2021). Pelatihan Fotografi Produk Kepada Ikatan Remaja Masjid Baiturrahman. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 719. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6527

Paramita, L., Putri, A. U., & Lazuarni, S. (2022). Pelatihan cara meningkatkan pendapatan melalui pemanfaatan facebook sebagai alternatif penjualan pada pedagang sembako di desa alai selatan. 6(September), 1333–1338.

Rachmadita Dwi Pramesti, Anggarini, A., DK, M. T. M., Bangun, D. A. N., Susilawati, S., & Andriyanto, A. (2022). Pendampingan Pembuatan Media Promosi Produk Umkm Untuk Mendukung Daya Saing Digital Marketing Di Era Global Pada Komunitas Sahabat Umkm. Jurnal Abadimas Adi Buana, 5(02), 170–180. https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i02.a4404

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susetyo, J. (2022). Pendampingan Pembuatan Foto Produk untuk Konten bagi pelaku UMKM sebagai Upaya Promosi di Media Sosial. Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1025

Yuan Shan, C., & Iskandar, Y. (2018). STUDI KANDUNGAN KIMIA DAN AKTIVITAS FARMAKOLOGI TANAMAN KUNYIT (Curcuma longa L.). Jurnal Farmaka, 16(2), 547–555. http://journal.unpad.ac.id/farmaka/article/view/17610/pdf




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: