PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF KEPADA GURU SMA NEGERI 19 PALEMBANG

Try Wulandari, Fauzia Afriyani, Abdul Kholik

Abstract


ABSTRAK

Bahan ajar yang interaktif terbukti dapat meningkatkan tingkat ketertarikan para murid. Selain itu, tingkat konsentrasi dan fokus murid juga dapat meningkat. Oleh karena itu, bahan ajar yang interaktif menjadi hal penting yang harus disiapkan oleh para guru. Lebih lagi pada masa pandemi yang mengharuskan para murid untuk belajar secara online dan tidak berinteraksi langsung dengan guru dan juga teman-temannya. Melalui bahan ajar yang interaktif, suasana belajar akan tetap menyenangkan meskipun secara online. Pelatihan ini dilakukan di SMA Negeri 19 Palembang dengan harapan dapat meningkatkan skills para guru untuk membuat bahan ajar yang lebih interaktif. Sebelum kegiatan dilaksanakan, survei dilakukan untuk mengetahui apakah para peserta merasa perlu diadakannya pelatihan ini dan semua peserta setuju. Hasil pelatihan juga menunjukkan bahwa para peserta dapat mengaplikasikan ilmu pelatihan yang diberikan. Adapun saran yang diajukan ialah kepada para guru untuk selalu aktif mempelajari alat-alat penunjang proses belajar mengajar.

 

Kata kunci: bahan ajar interaktif; canva design; keterampilan

 

ABSTRACT

Interactive teaching materials are proven to increase the level of interest of students. In addition, the level of concentration and focus of students can also increase. Therefore, interactive teaching materials are important things that must be prepared by teachers. Even more so during a pandemic which required students to study online and not interact directly with teachers and their friends. Through interactive teaching materials, the learning atmosphere will remain fun even though it is online. This training was conducted at SMA Negeri 19 Palembang with the hope of improving the skills of teachers to make teaching materials more interactive. Before the activity was carried out, a survey was conducted to find out whether the participants felt the need for this training and all participants agreed. The results of the training also show that the participants can apply the training knowledge provided. The suggestions put forward are for teachers to always actively study the tools to support the teaching and learning process.

 

Keywords: canva design; interactive teaching materials; skills

Keywords


canva design; interactive teaching materials; skills

Full Text:

PDF

References


Lazuarni, S., Hendarmin, R. M. R., & ... (2022). Pelatihan Desain Grafis Untuk Bisnis Di Zaman Serba Digital Dan Visual Kepada Mahasiswa Kota Palembang. SELAPARANG Jurnal …, 6, 524–529. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/7909%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/download/7909/4248

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Maskar, S., & Dewi, P. S. (2020). Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888–899. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.326

Noviani, D., & Priyanti, Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Pada Guru SMA Bina Warga ( BW ) 2 Palembang. Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 161–170.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.

Sopiah, Murdiono, A., Martha, J. A., Prabowo, S. H. W., & Fitriana. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Bagi Guru SMA 5 Kediri. Jurnal Karinov, 2(1), 52–56.

Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646–654. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2039




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: