PKM MEDIA PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN AN NAHL DARUNNAJAH 5 CIKEUSIK

Lasia Agustina, Yogi Wiratomo, Abdul Karim

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan PKM Media Pembelajaran di Pondok Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Cikeusik, Pandeglang ini bertujuan untuk menjadikan guru sebagai pendidik yang  berkualitas dan membawa suasana menyenangkan, dapat mengoptimalkan belajar peserta didik meningkatkan motivasi peserta didik menjadi lebih tinggi, sehingga mempunyai rasa senang dalam mengikuti proses pembelajaran. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan gambaran bagi guru mengenai media pembelajaran untuk mengembangkan dan mengoptimalkan kemampuan softskill peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di Pondok Pesantren An Nahl Darunnajah 5. Peserta dalam kegiatan pelatihan ini adalah seluruh pengajar di Pondok Pesantren An-Nahl Darunnajah 5. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan di atas adalah memberikan informasi dalam penerapan Media Pembelajaran dengan Kombinasi Camtasia Studio dan Comic Strip. Materi yang diberikan saat pelatihan memuat pengenalan, perancangan dan penerapan. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

 

Kata kunci:Media Pembelajaran

 

ABSTRACT

PKM ActivitiesLearning Media at Pondok Pesantren An-Nahl Darunnajah 5, Cikeusik, Pandeglang, Aims to make teachers a quality educator, and bring a pleasant atmosphere, can optimise student learning to increase the motivation of learners to a higher level, so have the pleasure of following the learning process. This activity is expected to provide a description for teachers on the media of learning to develop and optimize the ability of the student softskills in the learning activities at Pondok Pesantren An Nahl Darunnajah 5. Participants in this training activities are all teachers in Pondok Pesantren An-Nahl Darunnajah 5. The method used to achieve the above-formulated objectives is to provide information in the implementation of the learning Media with a combination of Cooperative Learning. The materials provided during the training contained the introduction, design and implementation. The implementation of this activity is conducted in three phases, namely the preparation, implementation, and evaluation.

 

Keywords: Learning Media


Keywords


Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosddakarya.

Sukri. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Darul Azhar Aceh Tenggara. Tesis. IAIN Sumatera Utara.

Watson, M. (2008). Developmental discipline and moral education. Dalam Nucci, LP., & Narvaez, D. (Penyunting). Handbook of moral and character. New York: Routledge.

https://ch3quit4.wordpress.com/2011/11/17/apa-itu-program-camtasia-studio/

http://id.wikihow.com/Menggunakan-Camtasia




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: