SOSIALISASI PENERAPAN TEKS DIGITAL INTERAKTIF BAGI KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS ANAK SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran bahasa Inggris berbasis teknologi sangat dibutuhkan sejak dini pada masa ini. Para pendidik harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan anak serta mengikutsertakan teknologi dalam implementasinya. Kurangnya pengetahuan guru mengenai media pembelajaran yang inovatif menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam perkembangan dunia pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, maka pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pendampingan dalam penerapan teks digital interaktif bagi kemampuan membaca bahasa Inggris anak. Sasaran dalam pengabdian ini merupakan guru-guru di MI Al-I’anah dan MI Al-khairiyyah. Metode yang dilakukan dalam pengabdian berupa pendampingan dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi praktik. Hasil dalam pengabdian ini menunjukkan bahwa kegiatan ini berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme guru-guru selama kegiatan berlangsung. Disamping itu, Kegiatan ini juga menambah pengetahuan guru dalam penggunaan teks digital interaktif sebagai media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran membaca bahasa Inggris bagi anak.
Kata kunci: membaca bahasa inggris; pembelajaran bahasa inggris anak; teks digital interaktif
ABSTRACT
Technology-based English learning is needed from an early age at this time. Educators must have extensive knowledge about the use of learning media that is suitable for children and include technology in its implementation. The teacher's lack of knowledge about innovative instructional media is something that needs to be considered in the development of education. Therefore, this program aimed to provide assistance in the application of interactive digital texts for children's English reading skills. The target of this service was the teachers at MI Al-I'anah and MI Al-khairiyyah. The method used in the program was using lectures and practical demonstrations. The results of this activity indicated that this activity was going well. This could be seen from the enthusiasm of the teachers during the activity. In addition, this activity also increased the knowledge of teachers in the use of interactive digital texts as instructional media that could be applied in learning to read English for children.
Keywords: english’s reading comprehension; interactive digital texts; young learners
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Biancarosa, G., & Griffiths, G. (2012). Technology Tools to Support Reading in the Digital Age. The Future of Children, 2(22), 139–160. www.jstor.org/stable/23317415
Brown, S. (2016). Young Learners’ Transactions with Interactive Digital Texts Using E-Readers. Journal of Research in Childhood Education, 1(30), 42–56.
Cahyana, Y. (2021). Pelatihan Media ICT” Edmodo” Bagi Guru SDIT NU Telukjambe Timur Karawang. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 1(5), 462–468.
Larson, L. C. (2010). Digital Readers: The Next Chapter in E-Book Reading and Response. The Reading Teacher, 1(64), 15–22. https://doi.org/10.1598/rt.64.1.2
Mahsunah, E. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Literasi Digital Pasca Pandemi COVID-19. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 2(13), 957–968.
Masruroh, L., Ainiyah, M., & Hidayah, B. (2018). Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Usia Dini bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di PAUD-TK-MI. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 1(2), 33–36.
Novitasari, Y., Prastyo, D., Iftitah, S. L., Reswari, A., & Fauziddin, M. (2022). Media Daur Ulang (Recycle System) dalam Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Awal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(6), 1323–1330.
Puspitaloka, N., & Budiana, L. M. (2018). Pelatihan Aplikasi Hot Potatoes sebagai Bahan Ajar Berbasis ICT Guna Meningkatkan Profesionalisme Guru SDIT Telukjambe Timur dan Sekolah Islam At-Taubah Karawang. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(6).
Puspitaloka, N., Fauziah, D. N., & Cahyana, Y. (2022). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif pada Keterampilan Membaca Bahasa Inggris bagi Guru-Guru SMP. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(6), 1781–1786.
Rahmasari, B. S. (2022). Aplikasi Microsoft Teams: Alternatif Media Pembelajaran Membaca Bahasa Inggris untuk Siswa SD pada Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 2(6), 2854–2862.
Sukardi, S., & Hartanto, S. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Media E-Learning Edmodo Di SMKN 2 Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(6).
Yulistio, D., & Fhitri, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, Dan CLIL (Content and Language Integrated Learning) Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(3), 9–20.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12540
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: