OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ANALISIS PEMODELAN BANGKITAN PERJALANAN MENGGUNAKAN APLIKASI SPSS
Abstract
ABSTRAK
Pentingnya penguasaan keterampilan dalam analisis statistik bidang perencanaan dan pemodelan transportasi belum didukung dengan adanya pembelajaran menggunakan aplikasi SPSS sehingga proses belajar mengajar belum optimal pada mahasiswa Prodi S1 Teknik Sipil Universitas Riau. Tujuan optimalisasi ini untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa Prodi S1 Teknik Sipil; Universitas Riau agar mendapatkan keterampilan khusus yaitu membuat pemodelan bangkitan perjalanan menggunakan aplikasi SPSS. Metode pengoptimalan dengan memperkenalkan aplikasi SPSS dan pembuatan modul ajar dalam melakukan pemodelan bangkitan perjalanan, Pre Test untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa terkait aplikasii SPSS, diakhiri dengan kegiatan Post Test sebagai bahan evaluasi. Hasil dari Pre Test sebesar 50-60% mahasiswa belum mengetahui aplikasi tersebut, sedangkan hasil Post Test 90% mahasiswa mengetahui penggunaan aplikasi SPSS dalam pemodelan bangkitan perjalanan dengan baik. Harapan pengoptimalan ini manambah pengetahuan serta keterampilan yang nantinya dapat menjadi point plus di dunia kerja.
Kata kunci: bangkitan perjalananan; optimalisasi; SPSS
ABSTRACT
The importance of mastering skills in statistical analysis in the field of transportation planning and modeling has not been supported by learning to use the SPSS application so that the teaching and learning process is not optimal for students of the Civil Engineering Study Program at Riau University. The purpose of this optimization is to provide knowledge to undergraduate students of Civil Engineering, Riau University in order to gain specific skills, namely modeling trip generation using the SPSS application. Optimization method by introducing the SPSS application and making teaching modules in modeling trip generation, Pre Test to find out student knowledge related to the SPSS application, ending with Post Test activities as evaluation material. The results of the Pre Test were 50-60% of students did not know the application, while the Post Test results were 90% of students knew the use of the SPSS application in modeling trip generation well. It is hoped that this optimization will increase knowledge and skills which can later become a plus point in the world of work.
Keywords: trip generation ; optimization; SPSS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, R., Adabi, F., Kadir, A., & Ghani Azmie, I. A. (2013). International Journal of Research In Social Sciences INTEGRATING SOFT SKILLS ASSESSMENT THROUGH SOFT SKILLS WORKSHOP PROGRAM FOR ENGINEERING STUDENTS AT UNIVERSITY OF PAHANG: AN ANALYSIS. 2(1).
Fauziah, F., & Karhab, R. S. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi SPSS Pada Mahasiswa. Jurnal Pesut : Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 129–136.
Hasyim, M., & Listiawan, T. (2014). Penerapan Aplikasi IBM SPSS Untuk Analisis Data Bagi Pengajar Pondok Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung Demi Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Kreativitas Karya Ilmiah Guru. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 28–35.
Investor, D. I. B. M. (2018). Annual Report Dear IBM Investor : 2018 was a defining year for IBM and our clients . Your company returned to growth , just as businesses readied to enter Chapter 2 of their digital reinventions . 151.
Iftanurohman, Y. (2021). Penggunaan Perangkat Lunak Sketchup Pro 2018 Dalam Pembelajaran Drama. 14(April), 22–27.
Ilias, A., . N. K. Y. Y., & . S. F. F. A. R. (2012). How Accounting Students Perceived Towards Teamwork Skills. Journal of Education and Vocational Research, 3(12), 387–398. https://doi.org/10.22610/jevr.v3i12.94
Majid, S., Liming, Z., Tong, S., & Raihana, S. (2012). Student Reflection as a Tool for Assessing Standards. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE), 2(2), 1036–1042.
Robles, M. M. (2012). Executive Perceptions of the Top 10 Soft Skills Needed in Today’s Workplace. Business Communication Quarterly, 75(4), 453–465. https://doi.org/10.1177/1080569912460400
Sulistyowati. (2019). Meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Menulis Surat Resmi Melalui Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VI SD 6 Getassrabi. Meningkatkan Keterampilan Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Menulis Surat Resmi Melalui Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VI SD 6 Getassrabi, 2(1), 1. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index
Sueca, I. N. (2019). Keterampilan Dasar Dalam Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 136. https://doi.org/10.25078/aw.v4i2.1116
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13095
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: