PKM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT BAGI ANAK DAN REMAJA PAROKI SANTO YOSEF ONEKORE-ENDE DALAM PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL

Gregorius We’u, Benedikta Boleng, Sabulon Sayang, Siti Arafat, Yohana Nono BS

Abstract


ABSTRAK

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu tugas inti dari seorang dosen dan masuk dalam tri dharma Perguruan Tinggi. Tugas ini secara konkret, dijalankan melalui kegiatan-kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan social kemasyarakatan yang dilakukan oleh dosen baik secara individu maupun komunal dengan teman sejawat. Kegiatan pengabdian ini, mampu memberi kontribusi baik terhadap poeserta didik yang dibimbing dan juga tentunya bagi para dosen yang bergabung dalam tim PKM. Tujuan kegiatan untuk memberikan pemahaman dan melatih membangun relasi social dengan orang lain secara baik, mengembangkan bakat, minat anak, dan saling mempelajari karakter. Lebih lanjut kegiatan ini mendorong anak-anak yang mengalami masalah psikologis yang digambarkan pada permasalahan kegiatan menjadi terbebas dari tekanan psikologi. Artinya, anak bisa menerima situasi pandemic yang terjadi dan mampu menyesuaikan diri dengan situasi ini. Kegiatan yang dilaksanakan melalui tahap perencanaan yaitu menetapkan rentang usia anak antara SD-SMP-SMA-SMK untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang telah ditetapkan. Pada saat melaksanakan kegiatan perlombaan anak dan remaja Paroki Santo Yosef Onekore-Ende merasa bahagia, senang, dan gembira. Tahap akhir atau penutup dimana diberikan hadiah kepada anak-anak dan remaja. Kegiatan ini memiliki target yang penting yaitu anak-anak  dan remaja Paroki Santo Yosef Onekore-Ende mendapatkan pendampingan pengembangan bakat, minat, karakter dan melepaskan trauma psikologis selama masa pandemic Covid-19.

 

Kata Kunci: pengembangan; bakat; karakter.

 

ABSTRACT

Community Service is one of the core tasks of a lecturer and is included in the tri dharma of Higher Education. This task is concretely carried out through scientific activities related to social activities carried out by lecturers both individually and communally with colleagues. This service activity is able to make a good contribution to the students who are guided and also of course to the lecturers who join the PKM team. The purpose of the activity is to provide understanding and train to build good social relations with other people, develop children's talents, interests, and learn from each other's character. Furthermore, this activity encourages children who experience psychological problems which are described in the activity problems to be free from psychological pressure. This means that children can accept the pandemic situation that occurs and are able to adjust to this situation. Activities carried out through the planning stage, namely determining the age range of children between SD-SMP-SMA-SMK to participate in the activities that have been determined. When carrying out the competitions for children and youth in the Parish of Saint Joseph, Onekore-Ende felt happy, pleased and excited. The final or closing stage where prizes are given to children and youth. This activity has an important target, namely the children and youth of the Santo Yosef Onekore-Ende Parish receive assistance in developing their talents, interests, character and releasing psychological trauma during the Covid-19 pandemic.

 

Keywords: development; talent;character


Keywords


development; talent;character

Full Text:

PDF

References


Agoestina, E. (2021). PERKEMBANGAN REMAJA YANG HOLISTIK MENURUT. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen ( KALUTEROS), 3(2), 51–80.

Al, J., Karimun, M., Hidayah, H., & Adawiyah, R. (2021). Berbagi sembako ramadhan untuk dhuafa. 1(2), 43–47.

Ansari, M. I., Barsihanor, B., & Nirmala, N. (2021). Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Mengembangkan Emosional Anak Autisme di Kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 21. https://doi.org/10.35931/am.v6i1.418

Bambang.Herutomo,https://www.kompasiana.com/bambangherut0m0b711/5cbf1c9095760e237253fd97/gereja-arti-dan-tujuan-menurutalkitab?page=all&page_images=

(http://p2k.unkris.ac.id/en3/2-3065-2962/Paroki_8495_p2k-unkris.html).

https://kupang.tribunnews.com/2021/01/24/pantau-penerapan-protokol-kesehatan-di-gereja-gereja-kapolres-ende-sejauh-ini-sudah-berjalan-baik.

Munandar, Utami 2010, Anak-Anak Berbakat Pembinaan dan Pendidikannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 22.

Rawe, A.S, GSM Kala, F. M. (2021). PENINGKATAN KUNJUNGAN PARIWISATA DAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT KABUPATEN ENDE MELALUI OLAHRAGA BERSEPEDA TOUR DE FLORES. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(2), 115–125.

Rawe, A. S., Welu, F., Tola, D., & Miten, A. O. (2021). Penyaluran bantuan bencana alam dan keterpenuhan kebutuhan korban bencana kebakaraan di rumah adat desa nggela kabupaten ende flores. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(April), 28–33.

Richard Andrew Michelle Claudia. (2021). PEMBERDAYAAN CIVITAS AKADEMIKA PERGURUAN TINGGI UNTUK MEMBERIKAN SANTUNAN KE PANTI ASUHAN DI JAKARTA Richard. 639–646.

Silaen, N. R., Tarigah, J., Simatupsng, S. T., & Agung, U. D. (2021). Publikasi py link.

Subaharianto, A., Setiawan, I., & Tallapessy, A. (2016). Regenerasi Panjak: Pendirian Dan Pendampingan Sanggar Pelatihan Musik Tradisional Banyuwangi Untuk Anak-Anak Dan Remaja. Repository.Unej.Ac.Id. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73274%0Ahttps://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/73274/XDone Drs. ANDANG SUBAHARIANTO M.Hum._artikel.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Sulistyani, T., Azwina, D., Rahayu, R. S., & Lesmono, M. A. (2021). Belajar Bersama dan Menerapkan Manajemen Waktu Sejak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Society Engagement), 2(2), 148–162.

Sumadi Suryabrata, 2011, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, hlm. 160.

Wahyuni, F. S., Hufad, A., & Supriatna, S. (2020). Program Unjuk Bakat Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Proceeding SENDIU 2020, 978–979.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: