PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PELATIHAN PEMBELAJARAN WEB BLOG SEBAGAI TEMPAT MENGEMBANGKAN DIRI DI SMK PGRI 1 KOTA SEMARANG
Abstract
ABSTRAK
Pendemi Covid-19 yang terjadi hampir 3 tahun mengakibatkan pembelajaran hanya dapat dilaksanakan secara online, hal ini membuat siswa menjadi pasif dalam mengikuti proses pembelajaran seperti yang terjadi di SMK PGRI. Berpedoman permasalahan tersebut pengabdi melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan memberikan wadah untuk mengeksplorasi kemampuan pribadi dan menyalurkan hobby di tempat yang sesuai agar dapat diambil manfaatnya oleh khalayak umum khususnya memberikan kontribusi pada masyarakat. Tujuan lain untuk membangkitkan semangat agar kreativitas siswa dapat tersalurkan dengan wadah yang tepat, sehingga mampu bersaing di dunia pendidikan. Pengabdian ini dilaksanakan dengan menggunakan komputer dan modul pembuatan web blog yang sudah di buat oleh pengabdi dengan metode pelatiac secara off line atau tatap muka.Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah beruppa web blog pribadi dengan tema atau judul blog berbeda-beda sesuai dengan minat siswa. Dari pengabdian ini dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa siswa masih belum bisa memahami apa yang harus dilakukan untuk menyalurkan minat, bakat dan hobby mereka, sehingga dibutuhkan tempat atau wadah yang tepat dengan mengikuti pelatihan-pelatihan seperti pebuatan blog yang telah pengabdi lakukan.
Kata kunci: covid 19; hobi; kreativitas; SMK PGRI; usaha; web blog.
ABSTRACT
The Covid-19 pandemic which has been going on for almost 3 years has resulted in learning that can only be carried out online, this makes students passive in participating in the learning process as happened at PGRI Vocational School. Guided by this problem, the servant carries out community service which aims to provide a place to explore personal abilities and channel hobbies in appropriate places so that the general public can take advantage, especially contributing to society. Another goal is to inspire enthusiasm so that students' creativity can be channeled in the right way, so they can compete in the world of education. This service is carried out using a computer and a web blog creation module that has been made by the servant with the training method offline or face to face. The result of this community service is in the form of a personal web blog with different themes or blog titles according to students' interests. . From this dedication, it can be concluded that students still cannot understand what to do to channel their interests, talents and hobbies, so they need the right place or place to take part in training such as making blogs that the servants have done.
Keywords: covid 19; hobbies; creativity; pgri vocational school; business; web blog.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andreas hery prasetya, (2011), Siapa Bilang Bikin Blog dan Web harus Bayar, Andy Offset Yogyakarta, Yogyakarta.
Asrie nandhita, (2018), Bikin Blog Sejuta Viewer Dengan Wordpress, Penerbit: Mediakom, ISBN: 9789798774508.
Imam suryono, (2018), Toko Online Professional Dengan Blogger dan WordPress, Penerbit Elekmedia komputindo. ISBN SCOOPG164425, Jakarta.
Jubilee Enterprise, (2017) Blogspot dan Wordpress Komplet, Penerbit: Elex Media Komputindo, Jakarta. ISBN 9786020450605.
Nunu Amir (2018), Membuat Blog dengan 3 Platform: Blogspot, Wordpress, dan Weebly, Penerbit Bitread Digital Publishing, ISBN 9786026416261.
Satria maya Comunnity, (2010), Jago Ngeblog dengan Blogger, Andy Offset Yogyakarta, Yogyakarta.
Wahana komputer, (2013), Guru go Blog, Andy Offset Yogyakarta, Yogyakarta.
Satria Rasyid, (2022), Cara Buat Blog di HP Android Gratis, Cepat dan Praktis 2022, https://www.youtube.com/watch?v=rAzxC- r6HMM.
Wandi Juandi, (2018),Tutorial cara membuat BlogLengkap gratis, ttps://www.youtube.com/watch?v=EJCFH0JdyoM.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: