PELATIHAN PENGGUNAAN MENDELEY UNTUK MENGINTEGRASIKAN LITERATUR KARYA ILMIAH DI SMA NEGERI 2 MRANGGEN

Desy Ratna Arthaningtyas, Iryan Dwi Handayani, Seno Suharyo, Trias Widorini

Abstract


ABSTRAK

Dalam pembuatan sebuah karya ilmiah pentingnya untuk dapat memahami materi yang akan dibahas dengan mempelajari metode terdahulu dari berbagai referensi oleh peneliti sebelumnya dengan cara melakukan sitasi. Mendeley merupakan sebuah perangkat lunak yang kemunculannya digunakan untuk mengintegrasikan citation and references manager ke dalam sebuah jejaring sosial. Penggunaan aplikasi Mendeley dikalangan peneliti umum mungkin sudah tidak asing lagi, namun bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) belum banyak diketahui. Dilakukan pengabdian kepada masyarakat mengenai penggunaan aplikasi Mendeley di SMA Negeri 2 Mranggen pada siswa Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR) bertujuan untuk dapat membantu siswa dalam penyusunan karya ilmiah dengan mengintegrasikan referensi, pengelolaan sitasi serta penyusunan daftar pustaka yang lebih mudah. Pelaksanaan pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley dilakukan di lab komputer SMA Negeri 2 Mranggen, dengan peserta berjumlah 30 siswa. Metode pelaksanaan pelatihan dibuka dengan sambutan dan perkenalan tim pengabdian, yang dilanjutkan pemberian materi secara teori dan praktik dari pembuatan akun hingga implementasi penggunaan aplikasi. Pada akhir pelatihan diberikan kuesioner kepada siswa yang berisi soal mengenai pemahaman penggunaan aplikasi Mendeley dalam penyusunan karya ilmiah. Berdasarkan hasil pengisian kuesioner setelah dilakukan pelatihan, diketahui sebanyak 25 siswa menyatakan bahwa pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley dapat membantu dalam penyelesaian karya ilmiah yang lebih cepat dan terstruktur lebih rapi.

 

Kata kunci: Mendeley; sitasi; referensi.

 

ABSTRACT

In making a scientific paper, it is important to be able to understand the material to be discussed by studying previous methods from various references by previous researchers and by doing citations. Mendeley is a software that appears to be used to integrate citation and reference managers into a social network. The Mendeley application among general researchers may be familiar, but not much is known about it for high school students. Community service was carried out regarding the use of the Mendeley application at SMA Negeri 2 Mranggen for students of the Youth Scientific Work Group (KIR) with the aim of being able assisting students in preparing scientific work by integrating references, managing citations, and compiling bibliography more easily. The training on using the Mendeley application was carried out in the computer lab of SMA Negeri 2 Mranggen, with 30 students participating. The training implementation method was opened with remarks and introductions by the service team, which was continued by providing material in theory and practice from creating an account to implementing the use of the application. At the end of the training, a questionnaire was given to students containing questions regarding understanding the use of the Mendeley application in the preparation of scientific work. Based on the results of completing the questionnaire after the training, it was found that as many as 25 students stated that training on using the Mendeley application could help in completing scientific work faster and more neatly structured.

 

Keywords: Mendeley; citation; references.


Keywords


Mendeley; citation; references.

Full Text:

PDF

References


Anto Patak, A. (2019). The significance of Mendeley usage on the accuracy of citation and references. In International Journal of Humanities and Innovation (IJHI (Vol. 2, Issue 4).

Arransyah, M. F., Bharata, W., Aulia, P. N., Maulidia, A., & Ismaliana, D. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka. 3(1).

Falah, S. (2019). The Community Engagement Journal PELATIHAN MENDELEY DAN ANTI-PLAGIAT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KARYA ILMIAH MAHASISWA. The Community Engagement Journal, 2(2), 104–107. https://www.mendeley.com.

Hutajulu, M., Senjayawati, E., & Dwi Minarti, E. (2020). Pendampingan dan Penulisan Karya Ilmiah Berbantuan Mendeley Bagi Guru Sekolah Menengah di Kecamatan Pangalengan. Abdimas Siliwangi, 03(01), 48–59.

Isradi, M., Sari, Y. A., Rifai, A. I., Rosyid, A., Hamid, A., & Prasetijo, J. (2022). Mendeley Management Reference Application and Science Writing Strategy. The Spirit of Society Journal: LPPM Universitas Narotama, 6(1), 1–11. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/scj/index

MacMillan, D. (2012). Mendeley: Teaching scholarly communication and collaboration through social networking. In Library Management (Vol. 33, Issue 8, pp. 561–569). https://doi.org/10.1108/01435121211279902

Mahfud Effendi, M., & Susanti, R. D. (2021). Utilization Of the Mendeley Application as Reference Manager For High School Teachers. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya , 4(2).

Mardin, H., Baharuddin, B., & Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa Style Menggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdidas, 1(3), 137–143. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.37

Mustika, I., & Hidayatul Fadlilah, A. (2022). PELATIHAN REFERENSI MANAGEMENT MENDELEY BAGI MAHASISWA DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH. In Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 5, Issue 1).

Patak, A. A., & Tahir, M. (2019). Avoiding plagiarism using mendeley in Indonesian higher education setting. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 686–692. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20268

Rachmat, Z., Nurul Kusumawardhani, Z., Irfan, A., & Amika Soppeng, S. (2022). MENDELEY REFERENCE MANAGER TRAINING TO CREATE CITATIONS USING LATEX AND BIBTEX. Media Pengabdian Kepada Masyarakat (MPKM), 1(2), 33–40.

Reis, M. A. F., Favretto, J., Favretto, N. M., Favretto, L. M. H., & dos Santos, R. P. (2022). Knowledge management in the classroom using Mendeley technology. Journal of Academic Librarianship, 48(4). https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102486

Restianingsih, T., Deswardani, F., & Pebralia, J. (2020). PENINGKATAN FITUR-FITUR MS.WORD DAN SOFTWARE MENDELEY UNTUK MEMBANTU MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN TUGAS AKHIR. JPM Pinang Masak, 1(2), 24.

Sahtiani Jahrir, A., & Fatima Yunus, A. (2020). SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PKM Siswa dalam Menulis Karya Ilmiah dengan Teknik Kutipan Online (Mendeley) sebagai Kompetensi Kebahasaan di SMAN 8 Pinrang. Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 124–128.

Sandika, I. K. B., Wijaya, I. N. S. W., & Pratama, I. P. A. (2019). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word dan Mendeley Untuk Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka Ootomatis Bagi Guru SMA Negeri 1 Kuta Selatan. WIDYABHAKTI: Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 42–46.

Somantri, O., Fajar Pratiwi, A., Ikhtiagung, G. N., Informatika, J. T., Cilacap, P. N., Elektro, J. T., & Cilacap, N. (2021). Workshop Pelatihan Manajemen Referensi dan Sitasi Untuk Karya Ilmiah Menggunakan Mendeley. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 23–31.

Thelwall, M. (2020). Mendeley reader counts for us computer science conference papers and journal articles. Quantitative Science Studies, 1(1), 347–359. https://doi.org/10.1162/qss_a_00010

Utami, P. S., Asmaroini, A. P., & Cahyono, H. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Program Mendeley Dekstop dalam Pembuatan Citasi Karya Ilmiah bagi Mahasiswa di Kabupaten Ponorogo. Darma Bakti Teuku Umar [email protected], 2(2).

Wijayanti, A., Saputro, H., & Saryono, W. (2020). MENDELEY DI SMP TAHFIDZQU DERESAN. Abdimas Dewantara, 3(1), 9–14.

Zaifaturridha, Satria Wiguna, & Nurmisdaramyani. (2022). Implementasi Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Membangun Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah pada Mahasiswa STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 274–281. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.965




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: