UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN SEBAGAI PENILAIAN KESIAPAN SISWA MEMASUKI DUNIA KERJA DI SMKN 3 METRO

Sulistiyanto Sulistiyanto, Usep Saprudin, Eka Gustina Sari, M.Nur Ikhsanto

Abstract


ABSTRAK

Kebutuhan dunia industri akan talenta yang memiliki skill, salah satunya skill disain, membuat SMKN 3 Metro melakukan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). UKK ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan calon lulusan agar memiliki kemampuan dibidang disain. Selain itu juga, untuk menilai kesiapan siswa ketika akan masuk dunia kerja. Tujuan dari UKK untuk mengukur kemampuan pengetahuan dan keterampilan siswa di SMKN 3 Metro dalam bidang multimedia, sub-bidang desain grafis dasar dan desain grafis untuk percetakan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaanya yaitu Participatory Learning and Action (PLA), dengan tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Studi kasus yang siswa kerjakan yakni membuat disain untuk poster ataupun banner dan gelas mug, dengan software CorelDraw dan atau Photoshop. Peserta yang mengikuti UKK sebanak 35 siswa, dengan hasil, sebanyak 33 peserta masuk kategori kompeten dan 2 dinilai cukup kompeten. Kesimpulanya bahwa seluruh siswa dinilai telah mampu dan siap untuk memasuki dunia kerja.

 

Kata kunci: disain; kompetensi; percetakan; poster; PLA.

 

ABSTRACT

Design skills are one of the abilities that are in demand in the industrial world, which is why SMKN 3 Metro is conducting a Skills Competency Examination (UKK). UKK is offered to help future graduates become proficient in the field of design. additionally to evaluate students' readiness for the workforce after they enter it. The goal of UKK is to evaluate students' knowledge and abilities in the areas of multimedia, fundamental graphic design subfields, and graphic design for printing at SMKN 3 Metro. Participatory Learning and Action (PLA), which includes the phases of preparation, implementation, and assessment, is the methodology employed in its execution. Students used CorelDraw and/or Photoshop to create designs for posters, banners, and mugs for their case studies. Up to 35 students participated in UKK. 33 people fell into the competent group as a consequence, while 2 were deemed quite competent. The finding indicates that all pupils are viewed as capable of entering the workforce.

 

Keywords: competence; design; printing; poster; PLA.


Keywords


competence; design; printing; poster; PLA.

Full Text:

PDF

References


Andika, S., Mustaqin, K., & Desanto, D. (2022). Perancangan Cendera Mata Mug Keramik dengan Ornamen Barong Bali. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 72–82. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/1939%0Ahttps://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/viewFile/1939/1281

Fauzi, J. A., Suswanto, H., & Wibawa, A. P. (2020). Pengaruh Aspek-Aspek Tuntutan Industri terhadap Uji Kompetensi Keahlian di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 88. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13147

Hartono, T. B., & Sulistiyanto. (2021). Meningkatkan Kemampuan Promosi Produk Memanfaatkan Faceboo Ads. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(1), 1–4.

Mutia Allifa Purnama, Fischa Awalin, & Zahrah Maulidia Septima. (2020). Pelatihan Efikasi Diri Terhadap Penurunan Kecemasan Siswa – Siswi Smk Kesehatan Bina Prestasi Tangerang Dalam Menghadapi Ujian Kompetensi Kejuruan. Jurnal Antara Keperawatan, 3(2), 66–71. https://doi.org/10.37063/antaraperawat.v3i2.385

Permendikbud. (2018). Undang-undang Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2018, 1–1369.

Putra, Y. K., Sadali, M., Fathurrahman, F., & Mahpuz, M. (2020a). Pelatihan uji kompetensi keahlian siswa sekolah kejuruan menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 46–52. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2772

Putra, Y. K., Sadali, M., Fathurrahman, F., & Mahpuz, M. (2020b). Pelatihan uji kompetensi keahlian siswa sekolah kejuruan menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 46–52. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2772

Saputri, T. A., Muharni, S., Perdana, A., & Sulistiyanto. (2021). Pemanfaatan Google Data Studio Untuk Visualisasi Data Bagi Kepala Gudang UD Salim Abadi. Ilmu Komputer Untuk Masyarakat, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.35718/pikat.v2i2.619

Sintawati, E. (2007). Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Tata Busana Di SMK: Antara Kenyataan Dan Harapan. Paper Seminar Sistem Informasi Manajemen, 232, 1307–1312.

Sumartono, & Astuti, H. (2018). Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan. Komunikologi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(1), 8–14. https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/187




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.13987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: