PELATIHAN PENGGUNAAN E-COMMERCE DAN PELATIHAN SENAM LANSIA PADA KELOMPOK PENGAJIAN AL-FALAH DESA KEMUNING LOR KECAMATAN ARJASA

Ramadhan Taufika, Christa Dyah Utami, Riskha Dora Candra Dewi, Devi Arine Kusumawardani, Dyah Nuning Erawati

Abstract


ABSTRAK

Kemajuan teknologi informasi memberikan inovasi baru pada bidang pemasaran produk salah satu contohnya adalah penggunaan e-commerce. Melalui e-commerce pemasaran produk tidak ada batasan pada satu daerah, tetapi dapat meluas sampai beberapa daerah. Mitra pengabdian adalah kelompok pengajian Al Falah dengan mayoritas anggota adalah wanita kelompok lansia. Adapun permasalahan pada mitra yaitu mitra belum memiliki kemampuan untuk memasarkan produk suplemen herbal yang telah diproduksi secara mandiri melalui e-commerce. Permasalahan lain yaitu mitra pengabdian yang didominasi oleh wanita lanisa belum memahami tentang kesehatan. Metode kegiatan yang dilaksanakan pada pengabdian ini yaitu koordinasi persiapan kegiatan, pelatihan senam lansia, pelatihan pemasaran produk melalui e-commerce, serta monitoring dan evaluasi. Solusi yang diberikan oleh tim pengabdian pada kegiatan ini adalah memberikan edukasi tentang pentingnya senam lansia pada mitra, mengadakan pelatihan senam lansia, mengadakan pelatihan pemasaran produk melalui e-commerce, serta melakukan evaluasi pada kemampuan dan pemahaman mitra mengenai penggunaan e-commerce, serta kemampuan mitra dalam mempraktekkan senam lansia secara mandiri. Hasil dari pengabdian adalah mitra mampu menggunakan e-commerce untuk memasarkan produk suplemen herbal serta mampu mempraktekkan senam lansia secara mandiri.  

 

Kata kunci: e-commerce; lansia; pelatihan; produk; senam

 

ABSTRACT

Advances in information technology provide new innovations in the field of product marketing, one example is the use of e-commerce. Through e-commerce, product marketing is not limited to one area, but can extend to several regions. The service partner is the Al Falah recitation group with the majority of members being women from the elderly group. There are problems with partners, namely partners do not yet have the ability to market herbal supplement products that have been produced independently through e-commerce. Another problem is that service partners, who are dominated by women, do not understand health. The stages of the activities carried out in this service are coordination of preparation for activities, training for elderly gymnastics, product marketing training through e-commerce, as well as monitoring and evaluation. The solution provided by the service team for this activity is to provide education about the importance of elderly exercise to partners, conduct elderly exercise training, conduct product marketing training through e-commerce, and evaluate partners' abilities and understanding regarding the use of e-commerce, as well as partners' capabilities. in practicing elderly exercise independently. The result of the dedication is that partners are able to use e-commerce to market herbal supplement products and are able to practice elderly exercise independently.

 

Keywords: e-commerce; gymnastics; products; seniors; training


Keywords


e-commerce; gymnastics; products; seniors; training

Full Text:

PDF

References


Arcikasari, G. O., & Nurhidayati, M. (2021). Inovasi Foto Produk Sebagai Media Promosi Online Dalam Meningkatkan Nilai Jual Produk Umkm Bolu “Ciptoroso” Di Lingkungan Ampean Kelurahan Tonatan Ponorogo. Prodimas Prosiding Pengabdian Masyarakat, 1,514-526.

Eastin, C., & Eastin, T. (2020). Clinical Characteristics of Coronavirus Disease 2019 in China. The Journal of Emergency Medicine, 58(4), 711–712. https://doi.org/10.1016/j.jemermed.2020.04.004

Erawati, D. N., Taufika, R., Fisdiana, U., Humaida, S., & Sasmito, T. H. (2022). Edukasi Monitoring Serangan Hama Kumbang Kwangwung Pada Tanaman Kelapa di Kecamatan Gumukmas Jember. Agrimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Pertanian, 1(2).

Evawati, D., & Rosyidasari, R. C. (2018). Kemampuan Food Photography Terhadap Peningkatan Berwirausaha Dan Omzet Penjualan Produk Kuliner. Prosiding Conference on Economic & Business Adi Buana University of Surabaya. 214-223

Fisdiana, U., Erawati, D. N., Fatimah, T., Taufika, R., & Humaida, S. (2022). Peningkatan Kualitas Pengolahan Hasil Kopi Robusta Pada Kelompok Tani Sangkuriang Desa Garahan Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 667–672.

Harlianingtyas, I., Kusumawardani, D. A., Taufika, R., & Hartatie, D. (2022). Edukasi dan Sosialisasi Kesehatan Lansia Pasca Pandemi COVID di Kemuning Lor Jember. PEKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 42–47.

Harlianingtyas, I., Taufika, R., Hartatie, D., Fisdiana, U., & Humaida, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Aroma Pilateli Pada Kelompok Pengajian Al-Falah Desa Kemuning Lor- Jember. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat 2020.

Kusumawardani, D. A., Handayani, S., Syamila, A. I., & Taufika, R. (n.d.). Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Selama Pandemi Covid-19 Melalui Edukasi Jajanan Sehat Di Tk Al Baitul Amien Jember. 6(3).1140-1144.

Lengkong, J. R. T., Tumbel, T. M., & Mukuan, D. D. S. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kinerja UMK Beebeebless Collection di Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Administrasi Publik, 6(98).

Taufika, R., Utami, C. D., & Dewi, R. D. C. (2021). Pembuatan Suplemen Herbal Sebagai Upaya Peningkatan Imunitas Pada Masyarakat Beresiko Tinggi Terhadap Covid-19 Di Kelompok Pengajian Al-Falah Desa Kemuning Lor-Kecamatan Arjasa. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 21–28.

Widodo, T. W., Utami, C. D., Nuraisyah, A., Taufika, R., & Dewi, R. D. C. (2020). Peningkatan Pengetahuan Siswa SDN Glagahwero 02 Kecamatan Kalisat Mengenai Pentingnya Mengkonsumsi Sayuran Bergizi. Darmabakti: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 6–9.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: