PELATIHAN PEMBUATAN SURAT LAMARAN KERJA DAN CURRICULUM VITAE BAGI PENCARI KERJA DAN FRESH GRADUATES
Abstract
ABSTRAK
Sasaran Kegiatan Pelatihan Pembuatan Surat Lamaran Kerja dan Curriculum Vitae ini adalah Pencari Kerja Dan Fresh Graduates dengan tujuan untuk memberi solusi dan menguatkan kapasitas mitra dalam membuat surat lamaran dan CV yang menggambarkan kompetensi mitra secara efektif agar meningkatkan daya saing mitra untuk diterima dalam rekrutmen dan seleksi pekerjaan, yang pada akhirnya akan mengurangi angka pengangguran di kota Ende. Pelatihan Pembuatan Surat Lamaran dan CV diadakan secara luring di Myau Myau Kafe yang terletak di Jalan Eltari, Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende dengan satu orang instruktur dan MC merangkap moderator kegiatan. Mitra adalah para pencari kerja sebanyak enam (6) orang.Kegiatan dibagi dalam 4 sesi, yaitu: Pemaparan materi tentang Personal Branding, Pemaparan Materi tentang Surat Lamaran, Pemaparan materi tentang Curriculum Vitae, serta Tanya Jawab dan bedah Draft Surat Lamaran dan CV Mitra. Kegiatan diawali dengan diedarkan kuesioner kepada para mitra secara daring melalui google form untuk mengukur pemahaman mitra tentang substansi surat lamaran dan CV. Untuk melihat ketercapaian tujuan PkM, di akhir sesi keempat, kuesioner kembali diedarkan. Di akhir kegiatan, data menunjukkan bahwa mitra telah memahami tentang personal branding, mampu membangun personal branding, serta mampu membuat surat lamaran dan CV yang baik dan efektif.
Kata kunci: surat lamaran; curriculum vitae; ende; fresh graduates; pencari kerja
ABSTRACT
The goal of this Job Application Letter and Curriculum Vitae Making Training Activity is to provide solutions and strengthen partners' capacity in creating cover letters and CVs that effectively describe partners' competencies in order to increase partners' competitiveness in recruitment and job selection, which will reduce the unemployment rate in the city of Ende. The Making Cover Letters and CVs Training took place offline at Myau Myau Café on Jalan Eltari, Ende Tengah District, Ende Regency, with one instructor and an MC who also functioned as the activity moderator. Six (6) job searchers are partners.
The activities were separated into four sessions: personal branding material presentation, application letter material presentation, curriculum vitae material presentation, questions and answers, and review of draft application letters and partner CVs. The activity began with the distribution of questionnaires to partners via Google form to assess partners' comprehension of the content of the cover letter and CV. The questionnaire was distributed again at the end of the fourth session to assess the achievement of PkM objectives. The data at the end of the activity reveals that partners understand personal branding, can establish personal branding, and can create good and successful cover letters and CVs.
Keywords: application letter; curriculum vitae; ende; fresh graduates; job seekers
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arrum, A. H., & Fuada, S. (2021). Penyelenggaraan Webinar “Peluang Menjadi Freelancer Teknologi Digital Berbasis Motion Graphic Di Masa Pandemi Covid-19.” Community Empowerment. https://doi.org/10.31603/ce.5090
Basuki, A. (2020). Sistem Pendidikan Bagi Generasi Z ( Gen Z ). Jurnal Lingkar Widyaiswara, 7(01).
Budiwati, S., Inayah, I., Nuswardani, N., & Izziyana, W. V. (2022). Pemutusan Hubungan Kerja Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia Perspektif Force Majeure. Jurnal Justiciabelen, 4(2). https://doi.org/10.30587/justiciabelen.v4i2.3561
Daud, D. R., & Mobonggi, A. (2019). Program Pelatihan Kerja dalam Meningkatkan Kompetensi Pencari Kerja : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).
Faikar Hafizh, & O. Hasbiansyah. (2022). Hubungan Personal Branding Influencer sebagai Ambassador Vaksin dengan Kepercayaan Followers pada Vaksin. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(2). https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i2.553
Hamann, J., & Kaltenbrunner, W. (2022). Biographical representation, from narrative to list: The evolution of curricula vitae in the humanities, 1950 to 2010. Research Evaluation. https://doi.org/10.1093/reseval/rvab040
Hartawan, Y. (2020). Komunikasi Persuasif Disnakertrans Kota Bogor Mengatasi Masalah Pengangguran Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2).
Hasyimi, H., Nasir, M., Hasrin, H., & Naziruddin, N. (2021). Pelatihan Soft Skill Untuk Alumni Politeknik Negeri Lhokseumawe Dalam Mencari Peluang Kerja Baik Tingkat Nasional Maupun Mancanegara. Jurnal Vokasi, 5(1). https://doi.org/10.30811/vokasi.v5i1.2157
Jacobson, J. (2020). You Are A Brand: Social Media Managers’ Personal Branding And “The Future Audience.” Journal of Product and Brand Management, 29(6). https://doi.org/10.1108/JPBM-03-2019-2299
Maidah, B. N., Sugiarti, S., & Putra, B. A. P. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Melalui Metode Sibomber Berbantuan Kuis Interaktif Pada Peserta Didik Kelas I-4 Sma Negeri 3 Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1). https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.8011
Ngestiningsih, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 2(1). https://doi.org/10.47467/edui.v2i1.657
Ningsih, W., & Abdullah, F. (2021). Analisis Perbedaan Pencari Kerja dan Lowongan Kerja Sebelum dan Pada Saat Pandemi Covid-19 di Kota Malang. Journal of Regional Economics Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.26905/jrei.v2i1.6181
Nur, S. (2021). P FAKTOR DAN STRATEGI PENANGGULANGAN PENGANGGURAN TERDIDIK DI PROVINSI JAMBI. Jurnal Khazanah Intelektual, 5(2). https://doi.org/10.37250/newkiki.v5i2.116
Palindangan, L. K. (2020). PENINGKATAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP PARA KAUM MUDA DALAM PERSIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i1.8007
Prasetya Rosadi, A., & Angga Wiksana, W. (2022). Penggunaan Media Sosial Tiktok sebagai Sarana Personal Branding Skill dan Videographer. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.936
Prassadewi, Zhahwanda Anasty. (2019). Pengangguran dan Pengaruhnya terhadap Tingkat Kemiskinan di Indonesia. Kompasiana.Com, 1.
Rafiuddin, R., Abdusahid, A., Lukman, L., & Ramadhan, S. (2022). Pelatihan Personal Branding Dan Peningkatan Digital Litercy Bagi Mahasiswa Ekonomi Syariah. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.52266/taroa.v1i1.736
Seli, S., & Anggih, Z. (2021). Pelatihan Menulis Surat Dinas dan Surat Lamaran Pekerjaan Mahasiswa S-1 Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.37744
Shintia, N., Effendi, T., Padli, P., & Novyanti, R. (2020). Penyuluhan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan Dan Praktik Penulisannya Pada Siswa Sma Korpri Banjarmasin. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(1). https://doi.org/10.31961/impact.v2i1.839
Simanjuntak, H., & Saragih, E. L. L. (2021). Membangun Sumber Daya Manusia Berkarakter Melalui Webinar Carier Bagi Pemuda Gereja GBI Miracle Service Helvetia Medan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.54082/jamsi.1
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: