PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBANTUKAN ALAT PERAGA TERINTEGRASI APLIKASI TRACKER BERBASIS TEKNOLOGI SENSOR DI SEKOLAH BINAAN SMKS ASY’ARIYYAH DAN SMPS ISLAM ASY’ARIYYAH

Jufrida Jufrida, Rahma Dani, M. Furqon

Abstract


ABSTRAK

Di era Pendidikan 4.0 saat ini, diperlukan inovasi dalam perancangan dan pelaksanaan percobaan fisika yang terintegrasi dengan teknologi agar pembelajaran dapat berjalan dengan lebih efektif dan menarik bagi siswa. Namun masih ditemukan sejumlah sekolah khususnya di Kabupaten Muaro Jambi yang menggunakan merancang dan melaksanakan percobaan secara konvensional serta belum memanfaatkan teknologi, seperti SMKS Asy’ariyyah dan SMPS Islam Asy’ariyyah Muaro Jambi. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pendampingan kepada guru-guru di kedua sekolah tersebut dalam menyusun perangkat pembelajaran fisika berbantukan alat peraga terintegrasi aplikasi Tracker dan teknologi sensor. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah workshop yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu persiapan Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2022 dan hari kedua tanggal 20 Agustus 2022. Setelah melakukan kegiatan pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran terintegrasi aplikasi Tracker dan teknologi sensor, guru- guru SMPS Islam Asy’Ariyyah dan SMKS Islam Asy’Ariyyah sudah terlatih dalam membuat perangkat pembelajaran terintegrasi aplikasi Tracker dan teknologi sensor.

 

Kata kunci: alat peraga; perangkat pembelajaran; sensor; tracker.

 

ABSTRACT

During the covid 19 pandemic and plus the new variant of the omicron virus, learning is still carried out online in order to avoid covid 19, to anticipate that experiments in class can be carried out properly, a learning tool must be designed using props integrated with a tracker application based on sensor technology. During the Covid-19 pandemic, teachers and students are required to implement health protocols in learning, teachers are required to develop learning tools in the classroom. Digital-based science learning has not been widely applied in schools. Teachers still have difficulty developing learning tools assisted by props integrated with sensor technology-based tracker applications. The method used in this activity is demonstration, counseling, discussion, training and practice delivered by the service team to teachers of Asy'Ariyyah Islamic Junior High School and Asy'Ariyyah Vocational School, this activity was carried out on August 16, 2022 and the second day on August 20, 202. Service activities are very much needed for schools, with this service activity teachers are motivated and there is additional insight in teaching integrated learning devices for tracker applications and sensor technology and getting inspiration for teachers to make integrated learning devices for tracker applications and sensor technology. After conducting training activities for making integrated learning devices for tracker applications and sensor technology, Asy'Ariyyah Islamic Junior High School teachers, Asy'Ariyyah Islamic Vocational High School have been trained in making integrated learning devices for tracker applications and sensor technology. The need for creative and innovative learning media in order to create a pleasant learning atmosphere.

 

Keywords: learning device; sensor; tracker; teaching aid.


Keywords


learning device; sensor; tracker; teaching aid.

Full Text:

PDF

References


Afifah, D. N., Yulianawati, D., Agustina, N., & Dewi, R. (2015). Metode sederhana menentukan percepatan gravitasi bumi menggunakan aplikasi tracker pada gerak parabola sebagai media dalam pembelajaran fisika SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 305–308.

Alfiyatin, Y. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Alat Peraga KABARU pada Materi Luas Permukaan Prisma dan Limas. AL-IBRAH, 3(2), 39–55. http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/82

Aththibby, A. R., Rosa, F. O., & Prihandono, E. (2022). Workshop Pengembangan dan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Guru SMA di Kota Metro. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2022 Universitas Muhammadiyah Metro, 4(1), 190–194. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm/article/view/75

Lan, X., Zhang, S., Yuen, P. C., & Chellappa, R. (2018). Learning Common and Feature-Specific Patterns: A Novel Multiple-Sparse-Representation-Based Tracker. IEEE Transactions on Image Processing, 27(4), 2022–2037. https://doi.org/10.1109/TIP.2017.2777183

Lismidarni, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Tracker dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Kinematika Gerak. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JPPF), 6(2), 97–102. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/109201

Liu, B., Chang, X., Yuan, D., & Yang, Y. (2022). HCDC-SRCF tracker: Learning an adaptively multi-feature fuse tracker in spatial regularized correlation filters framework. Knowledge-Based Systems, 238, 107913. https://doi.org/10.1016/j.knosys.2021.107913

Mulyani, S., Lubis, P., & Sugiarti, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Software Tracker Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik di SMA Negeri 1 Keluang. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 6–12. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/view/21576

Mumu, A. S., Dungus, F., & Mondolang, A. H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3), 179–188. https://doi.org/10.53682/charmsains.v2i3.128

Rini, Z. R., Sipayung, Y. R., & Putra, L. V. (2021). Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 1(2), 103–108. https://doi.org/10.31004/abdira.v1i2.42

Tan, D. J., Tombari, F., Ilic, S., & Navab, N. (2015). A Versatile Learning-Based 3D Temporal Tracker: Scalable, Robust, Online. 2015 IEEE International Conference on Computer Vision (ICCV), 2015 Inter, 693–701. https://doi.org/10.1109/ICCV.2015.86

Yulistiyarini, H., & Mahmudi, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Geometri Ruang SMP dengan Memanfaatkan Alat Peraga Manipulatif dan Lingkungan. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 155. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9145

Yustinaningrum, B., Lubis, N. A., & Sabariah. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Generatif Berbantuan Alat Peraga Menara Hanoi untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 11–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31941/delta.v10i1.1528

Zaidah, B. S., Susilawati, S., & Sutrio. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 10(2), 39–53. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/Lensa/article/view/6805




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: