PENDAMPINGAN RINTISAN BISNIS PENGOLAHAN SUSU KAMBING ETAWA DAN MADU KLANCENG MENJADI PERMEN TRIGOMILK UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI LOKAL DI PURWOREJO

Titin Ekowati, Fitri Rahmawati, Esti Margiyanti Utami

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pendampingan rintisan bisnis. Kegiatan pendampingan dilaksanakan dalam hal proses produksi dan inovasi, pemasaran yang meliputi pemilihan media promosi, pengemasan dan penjualan, pembuatan laporan keuangan bisnis, pengelolaan sumber daya manusia dan pembentukan jaringan bisnis. Dengan pendampingan usaha ini, pelaku usaha pemula diharapkan dapat lebih mengembangkan usaha yang telah dirintis bersama kelompoknya. Sehingga tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan usaha bagi kelompok pelaku bisnis pemula (rintisan bisnis) pengolahan susu kambing etawa dan madu klanceng menjadi permen Trigomilk guna mengembangkan potensi lokal yang ada di Purworejo. Hasilnya kelompok rintisan bisnis ini sudah dapat membuat perencanaan bisnis dengan baik, melakukan praktek bisnis dengan hasil yang cukup memuaskan, membuat berbagai sarana iklan dan promosi, serta menjalin kerjasama dengan baik dengan pemasok, peyalur dan konsumen. Dengan kegiatan pendampingan ini, kelompok rintisan bisnis dapat memiliki pemahaman tentang penyusunan rencana bisnis sampai ke praktek bisnis. Selanjutnya rintisan bisnis dapat mengembangkan diri menjadi bisnis yang lebih besar di masa mendatang. Kegiatan pendampingan ini juga dapat dilakukan pada kelompok rintisan bisnis dengan produk yang berbeda

 

Kata Kunci: pendampingan; rintisan bisnis; trigomilk

 

ABSTRACT

This community service activity is carried out in the form of business startup assistance. Assistance activities are carried out in terms of production processes and innovation, marketing which includes selecting promotional media, product packaging and sales, preparing business financial reports, managing human resources and establishing business networks. With this business assistance, novice business actors are expected to be able to further develop the business that has been initiated with their group. So that the purpose of implementing this community service is to provide business assistance for groups of novice business people (business start-ups) processing Etawa goat milk and Clanceng honey into Trigomilk candy so that they can develop local potential in Purworejo. As a result, this business startup group has been able to make good business plans, carry out business practices with satisfactory results, create various advertising and promotion tools, and establish good cooperation with suppliers, distributorrs and consumers. With this mentoring activity, business startup groups can have an understanding of the preparation of business plans down to business practices. Furthermore, business startups can develop themselves into bigger businesses in the future. This mentoring activity can also be carried out on business start-up groups with different products

 

Keywords: assistance; business startup; trigomilk


Keywords


assistance; business startup; trigomilk

Full Text:

PDF

References


Akhiriani, S., & Indrayani, N. M. (2017). Peningkatan produktivitas agroindustri sabun susu kambing Etawa “AFINDA”. Warta Pengabdian, 11(4), 121–138.

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Chandra, G. C., & Haryadi, B. (2016). Proses Inovasi Produk Pada PT Mekar Usaha Nasional. Agora, 4(2), 338–344. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/4973%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/56617-ID-none.pdf

Febriyanto, D. P., Soegiono, L., & Kristanto, A. B. . . (2019). Pemanfaatan Informasi Keuangan dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi …, 9(2), 147–160. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJA/article/view/21010

Gustina, S., Sulmiyati, S., Magfrah, M., & Marsudi, M. (2017). Upaya Pembinaan Masyarakat Dalam Rangka Pengembangan Susu Kambing Pasteurisasi (Suke) pada Kelompok Tani di Desa Lambanan, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 2(1), 101. https://doi.org/10.22146/jpkm.22227

Ismanto, S. D., Hasbullah, H., Kasim, A., Azima, F., Sayuti, K., B., R., Novizar, N., Neswati, N., Anggraini, T., & Indeswari, N. S. (2018). Pelatihan Penanganan dan Pengolahan Susu Kambing di Nagari Bukit Batabuh Kabupaten Agam. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 32. https://doi.org/10.25077/logista.2.2.32-39.2018

Jong, J. D., & Hartog, D. D. (2003). Leadership as a determinant of innovative behaviour. In Scales research reports (Issue June). https://www.semanticscholar.org/paper/eee63304183d41d2da7f3fd4cdeeb5366438931b

Nurul, H., & Sri, S. (2019). Meningkatkan Kinerja Unit Usaha Mikro Kecil Dan. 7(2), 251–260.

Putranti, H., & Suparmi. (2016). Pengaruh Kemasan Ramah Lingkungan Dan Informasi Terhadap Minat Beli Ulang ( Studi Konsumen AMDK Kota Semarang ). Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC, 87–98.

Rusmanah, E., Irawan, A. W., & Andria, F. (2019). Implementasi Digital Marketing Guna Peningkatan Peluang Pasar Produksi Hasil Ternak Puyuh Masyarakat Desa Galuga. Jurnal ABM Mengabdi, 6(1), 14–25.

Suryana, A. (2014). Menuju Ketahanan Pangan Indonesia Berkelanjutan 2025: Tantangan dan Penanganannya. Forum Penelitian Agro Ekonomi. 32(2). 123-135.

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746

Widiyanto, A., Sulastiyono, R., Santoso, W., Abdilah, S., Rizki, M. F., & Perayoga, R. (2022). Empowering MSMEs in Dlinggo Hamlet through digital marketing as a means of promotion. Community Empowerment, 7(6), 988–993. https://doi.org/10.31603/ce.6695




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: