PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI PELAKU USAHA DI SENTRA INDUSTRI KERAJINAN EMAS, PERAK DAN MUTIARA SEKARBELA

Irwandi Irwandi, Ilham Ilham, Yulia Isnaini

Abstract


ABSTRAK

Pulau Lombok, terkenal dengan potensi wisata dan kerajinan tangan lokal, membutuhkan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi para pelaku usaha di Sekarbela, pusat industri kerajinan perhiasan. Tujuan program pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka, memungkinkan komunikasi yang efektif dengan pelanggan dan mitra bisnis internasional. Melalui sosialisasi pelatihan yang melibatkan 20 peserta, mereka akan mempelajari dasar-dasar Bahasa Inggris, terminologi khusus industri, teknik negosiasi, strategi pemasaran, dan keterampilan komunikasi bisnis. Berdasarkan hasil evaluasi, terdapat peningkatan nilai rata-rata pada semua aspek penilaian berbicara Bahasa Inggris. Umpan balik dari peserta menunjukkan kepuasan terhadap pelatihan, yang berkontribusi pada peningkatan daya saing usaha kerajinan di pasar internasional. Pelatihan ini diharapkan dapat memotivasi peserta untuk terus mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris mereka dan membantu mereka dalam menjalankan usaha di pasar global.

 

Kata kunci: pusat industri perhiasan; pariwisata; kemampuan berbahasa Inggris.

 

ABSTRACT

Lombok Island, known for its tourism potential and local handicrafts, requires the improvement of English language skills for business owners in Sekarbela, a prominent jewelry industry center. The primary objective of this community service program is to enhance their English proficiency that enables effective communication with international customers and business partners. Through training and socialization involving 20 participants, they will learn fundamental English, industry-specific terminology, negotiation techniques, marketing strategies, and business communication skills. Evaluation results demonstrate an increase in average scores across all aspects of English speaking assessment. Participant feedback highlights satisfaction with the training, contributing to the increased competitiveness of the handicraft businesses in the international market. This training aims to motivate participants to continually develop their English abilities and support them in operating their businesses in the global market.

 

Keywords: jewelry industry center; tourism; english proficiency


Keywords


ewelry industry center; tourism; english proficiency

Full Text:

PDF

References


Falvey, D., Cotton, D., Kent, S., O’Keeffe, M., & Dubicka, I. (2016). Market Leader 3rd Edition Extra | Business English | Pearson English. Pearson Education Inc. https://www.pearson.com/english/catalogue/business-english/market-leader.html

Hughes, A. (2002). Testing for Language Teachers. Cambridge University Press.

Ilham, I, & Irwandi, I. (2022). Pendampingan Percakapan Bahasa Inggris Bagi Pramusaji Kedai Di Kawasan Wisata. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 2981–2992. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/9329%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/viewFile/9329/pdf

Ilham, Ilham, Ismail, H., Irwandi, I., Hidayati, H., Rahmania, R., & Hudri, M. (2022). Pelatihan Percakapan Bahasa Inggris Bagi Pedagang Asongan Di Kawasan Wisata Pantai Senggigi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 3017. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.12198

Ismail, H., Edi, Lukman, & Ilham. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Para Penjual di Pantai Pink Lombok. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 856–861.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro , Kecil , Menengah Dan Usaha Besar. http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1580223129_PERKEMBANGAN DATA USAHA MIKRO, KECIL, MENENGAH (UMKM) DAN USAHA BESAR (UB) TAHUN 2017 - 2018.pdf

KOMINFOTIK NTB. (2021). Provinsi NTB | Resmikan Puantiara Lombok, Wagub Ummi Rohmi: Kesempatan UMKM NTB Go International. Provinsi NTB. https://www.ntbprov.go.id/post/resmikan-puantiara-lombok-wagub-ummi-rohmi-kesempatan-umkm-ntb-go-international

Lee, C. G. (2011). English Language and Economic Growth: Cross-Country Empirical Evidence. Journal of Economic and Social Studies, 1(1), 5–20. https://doi.org/10.14706/JECOSS11211

Richards, J. C., Hull, J., & Proctor, S. (2016). Interchange: Fourth Edition. Cambridge University Press.

Utami, I. T., & Febriansyah, R. (2021). PERANAN BAHASA INGGRIS DALAM PENINGKATAN PEMASARAN EKSPOR IMPOR KOMODITI BARANG. Prosiding Seminar Nasional, 3(1), 275–280. https://e-journal.akpelni.ac.id/index.php/prosiding-nsmis/article/view/215

Widiastuti, I. A. M. S., Astawa, I. N. D., Mantra, I. B. N., & Susanti, P. H. (2021). The Roles of English in the Development of Tourism and Economy in Indonesia. SOSHUM : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 11(3), 305–313. https://doi.org/10.31940/soshum.v11i3.305-313




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: