PELATIHAN TEKNIK PENULISAN ARTIKEL ILMIAH NASIONAL TERAKREDITASI BAGI MAHASISWA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan kegiatan pengabdian yaitu untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam menyusun artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi. Metode pengabdian terdiri dari sosialiasi, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Lokasi kegiatan pengabdian dilakukan di Mataram pada Progam Studi pendidikan Matematika Univesitas Muhammadiyah Mataram. Hasil pengabdian bahwa ada peningkatan pemahaman dalam menyusunan artikel ilmiah nasional terakreditasi dan dapat melakukan submit artikel ilmiah di OJS versi 2.
Kata kunci: pelatihan; artikel ilmiah; terakreditasi
ABSTRACT
The purpose of service activities is to increase student understanding in compiling scientific articles published in accredited national journals. The method of service consists of socialization, implementation of activities and evaluation. The location of service activities is carried out in Mataram in the Mathematics Education Study Program of the University of Muhammadiyah Mataram. The result of the dedication is that there is an increase in understanding in compiling accredited national scientific articles and can submit scientific articles in OJS version 2.
Keywords: training; scientific articles; accredited
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aina, M., H, B., SB, R., H, A., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30(3), 29–32.
Drina Intyaswati, Fitria Ayuningtyas, & Supratman. (2021). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Dan Proses Publikasinya. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 444–452. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i3.712
Faturahmah, F., Mandailina, V., Mahsup, M., & ... (2021). Pengembangan Media Komik Berbasis Edutaiment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional ….
Febrilia, B. R. A., Juliangkary, E., Yuliyanti, S., Prasetya, D. S. B., Pujilestari, & Setyawati, D. U. (2020a). Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru MIPA SMK Islam Al-Abhariyah Scientific Article Writing Workshop for MIPA Teachers at Al-Abhariyah Islamic Vocational School. Jurnal Panrita Abdi, 4(1), 69–76.
Febrilia, B. R. A., Juliangkary, E., Yuliyanti, S., Prasetya, D. S. B., Pujilestari, P., & Setyawati, D. U. (2020b). Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru MIPA. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 69. https://doi.org/10.20956/pa.v4i1.7548
Kabunggul, Y. dkk. (2020). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Android. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 3–6.
Kaka, N. L., Abidullah, Sirajuddin, Mahsup, & Mandailina, V. (2022). Pengembangan alat peraga roda pintar sebagai media pembelajaran matematika materi trigonometri. Seminar Nasional Paegoria, 2, 251–259.
Kristiawan, M., Nipriansyah, N., Yanti, F. A., & Viona, E. (2021). Penulisan dan Publikasi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Basicedu, 6(1), 95–101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1787
Mahsup, & Anwar, Y. S. (2020). Development of structured modules to improve the mathematical understanding of the circle concept in class VIII Mataram 17 junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012074
Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673
Mahsup, M., Islahudin, I., & Anwar, Y. S. (2018). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Menentukan Volume Bangun Ruang Bagi Siswa Sekolah Dasar. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 27. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.560
Mahsup, M., Rochayati, N., & Ibrahim, I. (2022). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Mahasiswa. JCES (Journal of Character …, 5(2), 483–492. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/8027%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/viewFile/8027/pdf
Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12. https://doi.org/10.31004/jh.v1i1.6
Marsiyem, M., Aryanti, S., Destriana, D., & Destriani, D. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Penjasorkes di Sekolah Dasar. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 34. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.34-36
Mawaddah, M., Abdillah, A., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2022). Implementation Of Newman Method For Analyzing Student Errors In Solving Hots Type Math Problems. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2383. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5085
Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612
Nurhalimah, A., Mandailina, V., Mahsup, & Syaharuddin. (2022). Measuring the Difficulty Level of Mathematical Problems Based on Polya Criteria. Journal of Education Research and Evaluation, 6(4), 595–607. https://doi.org/10.23887/jere.v6i4.46316
Ramaniyar, E., Alimin, A. A., & Hariyadi, H. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 34. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i1.1132
Setiawan, A., Mujianto, G., & Musaffak, M. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pengabdi, 4(2), 202. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i2.48353
Styaningrum, F., & Nuraina, E. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun. Altruis: Journal of Community Services, 1(3), 141. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i3.12325
Sumarni, S., Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Al-Khidmat, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.15575/jak.v3i1.6243
Winarti, A., Syahmani, S., Almubarak, A., Bakti, I., Leny, L., & Prayogi, R. (2019). Peningkatan Profesionalitas dan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i1.1917
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: