PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MELALUI PROGRAM GENERASI SISWA MEMBACA (GSM) DI SD NEGERI SIPALA 1
Abstract
ABSTRAK
Membaca merupakan proses penyerapan ilmu melalui suatu bacaan atau tulisan. Setiap siswa mempunyai kemampuan yang bervariasi dari yang cepat, sedang dan lambat dalam hal membaca. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pembiasaan pada siswa dalam meningkatkan minat membaca. Dengan diadakannya literasi diharapkan mampu meningkatkan minat baca pada siswa dan menambah ilmu yang dapat menjadi bekal di masa yang akan datang di SD Negeri Sipala 1. Gerakan literasi membaca pada peserta didik merupakan suatu kegiatan yang dirancang agar siswa/siswi saat membaca tidak hanya mahir membaca, akan tetapi, siswa/siswi juga dapat memahami isi bacaan melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan yaitu Generasi Siswa Membaca (GSM). GSM merupakan sebuah program yang dilakukan oleh Mahasiswa PGSD dan Dosen dan bermaksud melakukan PKM yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa/siswi dalam membaca. Proses PKM kami mulai dengan pertama: mendata siswa yang masih kurang dalam kemampuan literasinya, Kedua: kami mengelompokkan mereka untuk mengetahui siswa yang belum mengenal huruf, Mengeja dan siswa yang sudah bisa membaca namun masih terbata-bata, Ketiga: Kami memberikan bimbingan belajar membaca pada setiap hari sabtu dan minggu yang dilaksanakan di ruang kelas maupun di perpustakaan, Keempat: Untuk melihat hasil dari bimbingan belajar membaca maka kami melakukan evaluasi dengan memberikan satu bacaan kepada siswa.
Kata kunci: literasi; generasi siswa membaca.
ABSTRACT
Reading is the process of absorbing knowledge through reading or writing. Each student has abilities that vary from fast, medium and slow in terms of reading. This study aims to increase the need for habituation in students in increasing interest in reading. With the holding of literacy, it is expected to be able to increase interest in reading in student’s and add knowledge that can be a provision in the future at SD Negeri Sipala 1. The reading literacy movement in students is an activity designed so that student`s when reading are not only proficient in reading. However, student`s can also understand the content of the reading. Through community service activities, namely the Reading Student Generation (GSM). GSM is a program carried out by PGSD Student`s and Lecturers intending to conduct PKM which aims to improve student`s ability in reading. Our PKM process starts with first: registering students who are still lacking in literacy skills, Second: we group them to find out student`s who do not know letters, spelling and student`s who can read but still stammer, Third: We provide reading tutoring every Saturday and Sunday which is carried out in the classroom and in the library.Fourth: To see the results of reading tutoring, we conduct an evaluation by giving one reading to student`s.
Keywords: literacy; the generation of student`s reading.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, S. N. (2020). Artikel Hasil Pengabdian kepada Masyarakat PEMANFAATAN “RUMAH PINTAR” MENUJU DESA LITERASI DI DESA LEMBANG KECAMATAN KAJANG KABUPATEN BULUKUMBA. 2, 313–322.
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Faizah, D. D. U., Dr. Susanti Sufyadi Lanny Anggraini, M. ., Waluyo, M.A Sofie Dewayani, Ph.D Wien Muldian, S. ., & Dwi Renya Roosaria, S.H Rahmad Syah Putra, M. P. (2020). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar.
Febrina Dafit, Z. H. R. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437.
Herdiana, D., Heriyana, R., & Suhaerawan, R. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat.March. https://doi.org/10.30653/002.201944.208
Hermawan, R., & Rumaf, N. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. 2(1), 56–62.
Linanda, T., & Hendriawan, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum 1Tressa. Jurnal Persada, V(1), 49–56.
Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664
Pujiati, D., Aniq, M., Basyar, K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Analysis of School Literacy Movement in Elementary School. 5(1), 57–68.
Renaldy, A., Lubis, E., & Lisdayanti, S. (2022). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Kampus Mengajar 3 Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat. JUrnal Pengabdian Masyarakat, 1(November), 772–780.
Rohim, cahya dhina, & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Siregar, M. E. E. T. 2 A. P. (2022). Menumbuhkan Minat Literasi Anak Sekolah Dasar Melalui. 1(1), 12–17.
Syamsul Alam, N. A. (2023). Membangun Budaya Literasi Baca di UPT SD Inpres Bert Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Sinergi Cendekia, 2, 16–27.
Tamaratri, N. E. (2022). Peningkatan Literasi Dan Edukasi Diri Dalam Kehidupan Era New Normal Melalui Kegiatan Praktik Dan Penyuluhan Di Wilayah …. Seminar Patriot Mengabdi, 1–6. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/spm/article/download/119/90
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14905
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: