PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA GURU SD NEGERI 3 JATILAWANG

Sarmini Sarmini, Mahkota Utama Pinangku Insan, Aisya Amallia Susantari, Janan Mauludhi, Naufal Rahmadi Putra, Yhesa Rooselia Listiana

Abstract


ABSTRAK

Kurangnya pengetahuan guru atau pengajar tentang pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat bantu untuk membuat media pembelajaran adalah salah satu kendala yang dihadapi oleh guru-guru di SD Negeri 3 Jatilawang untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran yang menarik dan interaktif menggunakan aplikasi canva kepada guru-guru di SD Negeri 3 Jatilawang. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah interaktif dan juga praktek langsung membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi canva. Kegiatan pelatihan diikuti oleh seluruh guru di SD Negeri 3 Jatilawang, pelatihan yang dilaksanakan dapat berjalan dan diikuti dengan baik oleh bapak dan ibu guru. Berdasarkan hasil evaluasi pada akhir kegiatan menunjukkan bahwa 78% peserta menyebutkan bahwa materi dan langkah-langkah yang disampaikan pada pelatihan dapat diikuti dengan baik oleh peserta, kemudian sebanyak 89% dapat memahami dengan baik materi yang disampaikan oleh pemateri peserta merasakan manfaat dari pelatihan yang diberikan, dan 100% atau seluruh peserta memberikan jawaban bahwa aplikasi canva mudah digunakan serta kegiatan pelatihan telah memberikan manfaat bagi peserta khususnya meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan aplikasi canva sebagai alat bantu membuat media pembelajaran yang interaktif dan menarik.

 

Kata kunci: canva; guru; interaktif; pelatihan; pembelajaran.

 

ABSTRACT

The limited knowledge of lecturers or instructor knowledge about the use of information technology as a tool to create instructional media is one of the obstacles faced by teachers at SD Negeri 3 Jatilawang in creating interesting and interactive learning media. The purpose of this activity is to provide training in making interesting and interactive learning media using the Canva application to teachers at SD Negeri 3 Jatilawang. Training activities are carried out using the interactive lecture method and also direct practice in making learning media using the Canva application. The training activities were attended by all teachers at SD Negeri 3 Jatilawang, the training that was carried out went well and was well attended by teachers and fathers. Based on the results of the evaluation at the end of the activity, it was shown that 78% of the participants stated that the material and steps presented at the training could be followed well by the participants, then as much as 89% could understand well the material presented by the presenters, the participants felt the benefits of the training provided. and 100% or all of the participants answered that the easy-to-use Canva application and training activities have benefited the participants, especially increasing their ability to use the Canva application as a tool to create interactive and interesting learning media.

 

Keywords: training; teacher; learning; canva; interactive.


Keywords


training; teacher; learning; canva; interactive.

Full Text:

PDF

References


Amin, S. (2019). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563–572. https://doi.org/10.30653/002.201944.238

Fitriani, F., Faisol, A., Wamiliana, W., Notiragayu, N., & ... (2022). Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMK Di Bandar Lampung. …, 3(3), 193–202. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.96

Garris, P. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Kadaruddin. (2016). Buku referensi media dan multimedia pembelajaran. Deepublish.

Lodjo, F. S. (2013). Pengaruh Pelatihan, Pemberdayaan dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja. EMBA, 1(3), 747–755.

Marwadi, N., & Sodiq, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Menyusun Teks IklanKelas Xii Dkv 2 Smkn 13 Surabaya. Bapala , 9(8), 198–207.

Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya. Jppm, 1(1), 42.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Tiara Melinda, & Erwin Rahayu Saputra. (2021). Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 96–101. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.848

Windasari, T. S., & Sofyan, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPD: Pendidikan Dasar, 10(1), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: