LITERASI DAMPAK DAN TANTANGAN DIGITALISASI BAGI ANAK USIA SEKOLAH
Abstract
ABSTRAK
Pesatnya perkembangan teknologi berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia, tak terkecuali pada aspek pendidikan. Dampak tersebut mempengaruhi kepada seluruh civitas akademika baik terhadap pendidik maupun peserta didik. Banyak dampak positif yang terjadi akibat digitalisasi pada aspek pendidikan, salah satunya kini siswa/i dapat mengakses materi pembelajaran secara lebih luas dan fleksibel. Namun berdasarkan hasil wawancara, diperoleh bahwa berkembangnya digitalisasi berdampak negatif pula pada siswa. Seperti adanya siswa yang menggunakan gadget secara berlebihan sehingga mengganggu konsentrasi belajar di kelas. Maka itu, diperlukan pemberian pelatihan literasi digital kepada siswa. Tujuannya agar siswa dapat meminimalisir dampak negatif pemanfaatan teknologi dan mengetahui hal-hal yang harus diwaspadai. Dari pelatihan ini, siswa dapat memiliki keterampilan dalam mengakses dan mengelola informasi dengan bertanggungjawab.
Kata kunci: dampak; literasi digital; gadget
ABSTRACT
The rapid development of technology has an impact on all aspects of human life, including the aspect of education. This impact affects the entire academic community, both educators and students. Many positive impacts have occurred as a result of digitalization on the educational aspect, one of which is that now students can access learning materials more broadly and flexibly. However, based on interview results, it was found that the development of digitalization also had a negative impact on students. Like the presence of students who use gadgets excessively so that it disrupts the concentration of learning in class. Therefore, it is necessary to provide digital literacy training to students. The goal is that students can minimize the negative impact of using technology and know things to watch out for. From this training, students can have skills in accessing and managing information responsibly.
Keywords: impact; digital literacy; gadget
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahman, Mujiyanto, J., Bharati, Dwi Anggani Linggarnggeraini, Y., & Faridi, A. (2019). Literasi digital: Dampak dan tantangan dalam pembelajaran bahasa. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 386–389. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/313/342/
Ardiansyah, R., Afifah, S. N., & Mahfud, H. (2021). Kesadaran Mengenai Digital Safety di Kalangan Guru Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 23–31.
Bayu, D. (2022). Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia pada 2022 Artikel ini telah tayang di Dataindonesia.id dengan judul “Remaja Paling Banyak Gunakan Internet di Indonesia pada 2022”., Author: Dimas Bayu. Editor: Dimas Bayu. Klik selengkapnya di sini: http. https://dataindonesia.id/Digital/detail/remaja-paling-banyak-gunakan-internet-di-indonesia-pada-2022
Dewi, P. A. C. (2022). Edukasi Literasi Digital dan Tantangan menjadi Masyarakat Digital di Banjar Baturiti Tengah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2786–2790. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.754
Indonesia, K. K. dan I. R. (2022). Kominfo : Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker
Natalia, E. C. (2016). Remaja , Media Sosial Dan Cyberbullying. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5, 119–137. http://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/991/944
Qur’ani, H. B., & Anggraini, P. (2021). Literasi Digital Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang. Jurnal Pengabdi, 4(1), 1. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i1.42154
Rakhman, M. A., & Haryadi, H. (2021). Workshop Literasi Digital Dalam Rangka Peningkatan Partisipasi Pembangunan Saat Pandemi Di Desa Pematang Jering, Kabupaten Muara Jambi. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 191. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.30226
Rawanoko, E. S., Komalasari, K., Al-Muchtar, S., & Bestari, P. (2021). The use of social media in ethic digital perspective. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 148–157. https://doi.org/10.21831/jc.v18i1.40036
Sari Rumra, N., & Agustina Rahayu, B. (2021). Perilaku Cyberbullying Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa, 3(1), 41–52. https://jurnal.rs-amino.jatengprov.go.id/index.php/JIKJ/article/view/32
Waruwu, W. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Literasi Digital (Yayasan Kita Menulis, 2021), 3(2), 6.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15035
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: