PENYULUHAN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PADA SISWA SMK PRAJA PANDWAWA
Abstract
Perkembangan akan sebuah zaman dan teknologi baru telah menghadirkan berbagai persoalan bagi sebuah negara terutama eksistensi sebuah negara. Negara akan tetap eksis jika rakyatnya memiliki akan kesadaran berbangsa dan bernegara. Untuk dapat mewujukan akan kesadaran berbangsa dan bernegara perlu di lakukan sebuah action atau tindakan yang mampu menggugah atau menanamkan akan pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara bagi kalangan pelajar. Salah satu tindakan yang bisa di lakukan ialah memberikan sebuah penyuluhan kepada kalangan pelajar akan arti atau makna pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara sejak dini. Melalui sebuah kegiatan pegabdian masyarakat tim ITP Markandeya Bali merancang kegiatan berupa pegabdian masyarakat yang di lakukan di SMK Praja Pandawa. Adapun bentuk pegabdianya ialah berupa penyuluhan akan penting penanaman sikap kesadaran berbangsa dan bernegara bagi siswa SMK Praja Pandawa. Hasil dari kegiatan ini siswa memiliki pemahahan dan makna akan perlunya kesadaran berbangsa dan bernegara di tanamkan sejak masih berada dalam masa sekolah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ismail, S. H. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan Konsep Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Indonesia. In 1 (Ed.), Qiara Media (1st ed.). Qiara Media.
Jeriko, A., & Pati, F. (2021). MENUMBUHKAN KESADARAN HIDUP BERBANGSA DAN. 38–43.
Limbong, M. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Book, 53(9), 1689–1699.
Rukmi, W., Astuti, D., Nathanael, G. K., & Yudono, R. M. (2022). Penyuluhan Peningkatan Kesadaran Bela Negara Di Paud Srikandi , Jakarta Timur. 2(1), 7–11.
Siregar. (2012). Empat Pilar Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. In Jenderal MPR RI: Vol. (Issue).
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15058
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: