PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK BANGSA DI SANGGAR BIMBINGAN RAWANG, MALAYSIA

Darmono Darmono, Merlin Merlin, Rizki Maulana

Abstract


ABSTRAK

Kuliah Kerja Nyata Pendidikan Kemitraan Internasional (KKN-DIK KI) ke VI yang dilaksanakan di Malaysia, Sanggar Bimbingan Rawang, jalan desa 4/3, Bandar Country Homes, kota Rawang selama 4 minggu yang dimulai pada tanggal 13 Maret 2023 sampai dengan 8 April 2023. Sanggar ini dipilih menjadi tempat KKN karena memiliki anak didik yang merupakan anak – anak Indonesia. KKN diawali dengan proses analisis SB guna mengetahui hal – hal yang dibutuhkan untuk menjadi acuan utama program kegiatan selama KKN berlangsung. Program – program dirancang secara berurutan dan sesuai kebutuhan SB, mulai dari rapat anggota untuk penetapan jadwal pelaksanaan program dan rapat dengan pembimbing sanggar. Dalam kegiatan KKN ini menggunakan beberapa metode mengajar kepada Anak – anak yang bersekolah di SB terebut.  Ada metode belajar Akademik yang sama seperti di indonesia dan juga mengajar keterampilan untuk mengetahui bakat dari anak – anak tersebut, tujuannya agar anak – anak di SB bisa memiliki pendidikan yang layak. Pelaksanaan program kegiatan KKN dilakukan secara seimbang dan bertahap, diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi di akhir setiap program. Hasil dari keseluruhan program KKN diantaranya adalah pada bidang pendidikan, anak – anak SB bisa membaca alfabet dan berhitung, bidang budaya bisa mengetahui beberapa lagu nasional Indonesia dan lagu daerah, dalam bidang nasionalisme dapat mengetahui nama pahlawan juga provinsi di Indonesia, dalam bidang keagamaan dapat menambah hafalan surah pendek, dan dalam bidang kesehatan dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

 

Kata kunci: pendidikan; KKN – KI; malaysia; SIKL

 

ABSTRACT

The VI International Partnership Education Real Work Lecture (KKN-DIK KI) was held in Malaysia, Rawang Guidance Studio, village road 4/3, Bandar Country Homes, Rawang City for 4 weeks starting on March 13 2023 until April 8 2023 This studio was chosen as the location for KKN because it has students who are Indonesian children. KKN begins with the SB analysis process to find out what is needed to become the main reference for program activities during KKN. Programs are designed sequentially and according to the needs of SB, starting from member meetings to setting program implementation schedules and meetings with studio supervisors.In this KKN activity, several teaching methods are used for the children who attend the SB. There is an Academic learning method that is the same as in Indonesia and also teaches skills to find out the talents of these children, the goal is that children in SB can have a proper education. The implementation of the KKN activity program is carried out in a balanced and gradual manner, starting with planning, implementation, and evaluation at the end of each program. The results of the entire KKN program include that in the field of education, SB children can read the alphabet and count, in the field of culture they can know several Indonesian national songs and folk songs, in the field of nationalism they can know the names of heroes as well as provinces in Indonesia, in the religious field they can add memorizing short surahs, and in the health sector can foster a sense of care for the cleanliness of the surrounding environment.

 

Keywords: education; KKN – KI; malaysia; SIKL


Keywords


education; KKN – KI; malaysia; SIKL

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, T. (n.d.). PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK THE IMPORTANCE OF CHILDHOOD EDUCATION FOR CHILD DEVELOPMENT.

Aulinda, I. F. (n.d.). MENANAMKAN BUDAYA LITERASI PADA ANAK USIA DINI DI ERA DIGITAL.

Fotmowoti, O. N. E., & Si, M. (n.d.). Peran lbu Dalam Menanamkan Budaya Baca.

Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. ANUVA, 3(2), 109–118.

Mukhid, A. (n.d.). MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI SISTEM PEMBELAJARAN YANG TEPAT.

Nugraha, E. (n.d.). PANDUAN PENYUSUNAN BUKU LAPORAN HASIL KKN-PpMM 2015 [Edisi Revisi, Maret 2016].

Siti, N., & Siregar, S. (2013). Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak. In Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik (Vol. 1, Issue 1). http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma

Syahran, M., Iain, J., Thaha, S., & Jambi, S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). http://journal.walisongo.ac.id/index.php/

Usia Dini, J., Zahroh Harahap Prodi PIAUD, A., Tinggi Agama Islam Syekh Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah, S. H., Juanda, J., & Sumatera Utara, B. (n.d.). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini.

Wahyudi, I. I., Bahri, S., & Handayani, P. (2019). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia. Jurnal Teknik Komputer, 71–76. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: