Rebranding UMKM “produk olahan Aloe vera” di kelurahan Ciptomulyo

Rahmatina Hidayati, Anis Zubair, Viry Puspaning Ramadhan, Iqbal Baghis Kenvin

Abstract


Abstrak                                                                                 

Di Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan. Sukun, Kota Malang terdapat UMKM yang bernama Warung Perempuan Mandiri. Salah satu kegiatan UMKM ini adalah membuat makanan dan minuman yang berbahan dasar Aloe vera (lidah buaya). Proses produksi olahan Aloe vera dilakukan ketika menerima pesanan. Namun, kegiatan ini terhenti semenjak pandemi Covid-19 tahun 2020. Padahal sumber dana UMKM Warung Perempuan Mandiri adalah dari hasil berjualan. Tim Pengabdi Universitas Merdeka Malang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa membuat program kerja membangkitkan kembali produk olahan Aloe vera. UMKM mengolah Aloe vera menjadi minuman sari, sirup, dan serabi. Pada kemasan produk sebelumnya, belum terdapat logo dan label yang digunakan belum mencantumkan komposisi, serta masa berlaku produk. Dari permasalahan tersebut, Tim Pengabdi membuatkan design logo dan redesign label serta mengganti packaging. Kegiatan ini dinamakan dengan rebranding. Hasil dari pengabdian ini berupa logo, desain label baru, dan packaging baru.

 

Kata kunci: rebranding; UMKM; lidah buaya

 

Abstract

In Ciptomulyo Village, Kec. Sukun, Malang City has an UMKM called Warung Perempuan Mandiri. One of these UMKM activities is making food and drinks made from Aloe vera. The production process of Aloe vera products  is carried out when receiving an order. However, this activity has been stoped  since the Covid-19 pandemic in 2020. Even though the source of funds for the UMKM Mandiri Women Shop is from sales. The Merdeka University Malang Service Team consisting of lecturers and students created a work program to revive processed Aloe vera products. UMKM processes Aloe vera into juice, syrup and pancakes. On the previous product packaging, there was no logo and the label used did not include the composition and validity period of the product. From these problems, the Service Team made a logo design and redesigned the label and replaced the packaging. This activity is called rebranding. The results of this dedication are in the form of logo, new label designs, and new packaging.

 

Keywords: rebranding; UMKM; Aloe vera


Keywords


rebranding; UMKM; Aloe vera

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, A., Wongso, F., Wijoyo, H., Indrawan, I., Musnaini, Akbar, M. F., Devi, W. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Solok: PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI.

BPOM. (2014). Pedoman Pemilihan Jenis Kemasan Pangan. Jakarta: Direktorat Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya.

Endartiwi, S., & Anggoro, S. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Lidah Buaya Menjadi Makanan yang Bergizi. Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat (JPMS), 3(2), 1-5.

Hananto, B. (2019). Perancangan Logo dan Identitas Visual Untuk Kota Bogor. JURNAL TITIK IMAJI, 2(1), 19-32.

Nastain, M. (2017). Branding dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding dan Tantangan Eksistensi Produk). 5(1), 14-26.

Peraturan Pemerintah. (1999). Retrieved Februari 21, 2023, from https://jdihn.go.id/files/4/1999pp069.pdf

Rosmawati, Syam, H., & Sukainah, A. (2021). Pengaruh Jenis Kemasan dan Lama Penyimpanan Terhadap Kualitas Minuman Khas Sinjai (Ires). Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 7(1), 79-92.

Said, A. (2019). Mendesain Logo. TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar, 6(3), 159-168.

Setiadjit, D., Minah, F., & Hidayat, T. (2015). IbM Kelurahan Ciptomulyo Kota Malang dalam Mengolah Daun Tanaman Alloe Vera Sebagai Bahan Utama Komoditas Produk Makanan. INDUSTRI INOVATIF, 5(2), 13-15.

Sucipta, I., Suriasih, K., & Kencana, P. (2017). Pengemasan Pangan: Kajian Pengemasan yang Aman, Nyaman, Efektif dan Efisien. Denpasar: UDAYANA UNIVERSITY PRESS.

Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67-76.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.15440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: