UPAYA PENINGKATAN OMSET SALE ROLL NAZARIO SEBAGAI PRODUK UNGGULAN DAERAH CIKALONGKULON KABUPATEN CIANJUR

Halimah Halimah, Erwan Setiawan, Asep Saepulah, Jaenudin Darwati, Aisah Aisah

Abstract


ABSTRAK

Sale Roll Nazario merupakan salah satu produk unggulan kecamatan Cikalongkulon karena memiliki keunikan tersendiri. Meskipun sudah 10 tahun produksi, produk Sale Roll Nazario belum mampu menembus pasar nasional. Kondisi tersebut disebabkan oleh 1) belum terpenuhinya persyaratan edar nasional, 2) kemasan yang tidak menarik, 3) proses pembuatan sale masih bergantung pada cuaca, 4) baru membuat 1 varian, 5) sistem pemasaran yang masih konvensional. PKM ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengedukasi salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berdomisili di Cikalongkulon Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat melalui kegiatan penyuluhan menggunakan prosedur: 1) identifikasi masalah, 2) perencanaan program, 3) implementasi program, dan monitoring program. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa masyarakat telah diedukasi tentang 1) pemenuhan persyaratan edar nasional. Di antaranya cara memiliki PIRT, memiliki sertifikat Halal, dan informasi kadaluarsa, 2) cara membuat kemasan yang menarik, 3) membuat berbagai varian, 5) mengubah sistem pemasaran konvensional menjadi digital.

 

Kata Kunci: omset; peningkatan; penyuluhan; UMKM;

 

ABSTRACT

Sale Roll Nazario is one of the superior products of the Cikalongkulon sub-district because it has its own uniqueness. Even though it has been in production for 10 years, the Sale Roll Nazario product has not been able to penetrate the national market. This condition was caused by 1) the national distribution requirements had not been met, 2) the packaging was unattractive, 3) the sales process was still dependent on the weather, 4) only 1 variant had been made, 5) the marketing system was still conventional. This PKM was carried out with the aim of educating one of the Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) domiciled in Cikalongkulon, Cianjur Regency, West Java Province through counseling activities using the following procedures: 1) problem identification, 2) program planning, 3) program implementation, and program monitoring. The results of the service show that the community has been educated about 1) fulfilling national distribution requirements. Among them are how to have a PIRT, have a Halal certificate, and expire information, 2) how to make attractive packaging, 3) make various variants, 5) change the conventional marketing system to digital

 

Key words: education; increasing; turnover; MSME


Keywords


education; increasing; turnover; MSME

Full Text:

PDF

References


Amelia, S. P. M., Hayati, S. R., & Sutrisno. (2021). Pendampingan UMKM Al-Maidah Catering Jogja : Sertifikasi Halal dan Pengelolaan Keuangan. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 143–160. [Jurnal tanpa DOI]

Augustina, F., & Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 4(2). [Jurnal tanpa DOI]

Fitriah, L. D., Nabila, A. A., Tambunan, B., Putra, C. G., Putri, F., Rahmawati, I., Firmansyah, M. W., Mahmuda, N., Fitriani, S. N., Suganda, Y. T., & Tranggono, D. (2022). Optimalisasi Pemasaran melalui Media Sosial Pada Umkm Se- Kecamatan Bulak dalam Era Disrupsi. 6(September), 1074–1081. [Jurnal dengan DOI]

Halimah, Suryani, Y., & Saepuloh, A. (2022). Poor Families Empowerment through Provision of Stimulant Funds: A Team Based Project of Pejuang Muda in Sukabumi Regency. INTERACTION: Journal Pendidikan Bahasa, 9(1), 178–186. [Jurnal tanpa DOI]

Hukom, A. (2020). Pendampingan dalam Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM melalui Penggunaan Media Sosial di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah. ENGAGEMENT, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(01), 51–59. [Jurnal tanpa DOI].

Imsiyah, N., & Kartini, T. (2022). Membangun Jiwa Wirausaha Santri Ponpes Al-Falah Puger melalui Pendampingan Produk Variasi Olahan Ikan serta Strategi E-Commerce Marketing. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 609–613. [Jurnal dengan DOI]

Komalasari, E., Widiawati, D., & Puteri, N. E. (2021). Pendampingan Pengurusan P-IRT UMKM Pangan di Desa Cikidang , Sukabumi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 03(3), 1.[Jurnal tanpa DOI]

Kurniaji, K. (2023). Prosedur Proses Sertifikasi P-IRT (Pangan-Industri Rumah Tangga) pada UMKM Pasca-Pandemi Covid 19. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(03), 200–214. https://doi.org/10.58812/jmws.v2i03.266. [Jurnal tanpa DOI]

Kurniawan, D. A., & Astuti, R. Y. (2018). Pendampingan Pengurusan Izin PIRT Sebagai Langkah Awal Pengembangan dan Perluasan Pasar Bagi Produk Lokal IKM Ponorogo. KHADIMUL UMMAH Journal of Social Dedication, 1(2).[Jurnal tanpa DOI]

Maftuhah, R., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227–235.[Jurnal tanpa DOI]

Mukhoyyaroh, N. I. M., & Hakim, L. (2020). Etnobotani Memanfaatan Pisang Lokal (musa spp.) di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. BIOTROPIKA Journal of Tropical Biology, 8(1), 43–53. [Jurnal tanpa DOI]

Musaid, S. A., Hariyanti, D., Asrida, W., & Hariyati, T. R. (2019). Pengurusan Izin Pangan Indutri Rumah Tangga (PIRT) Produk Sagu Tumbu Pada Kelompok Usaha Sagu Tumbu Di Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. JAMAK (Manajemen & Akuntasi, 02(01), 67–80.[Jurnal dengan DOI]

Nazhif, M. N., & Nugraha, I. (2023). Branding UMKM untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection Muhammad. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7, 261–267.[Jurnal dengan DOI]

Nisa, F. L., Husein, M. A., & Perdana, P. (2022). Pemanfaatan Ipteks Bagi Masyarakat: Estock Inventory Manager pada Produsen Kerupuk Kampung Kerupuk Dusun Tambak Bulak Kabupaten Sidoarjo. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6, 1631–1637.[Jurnal dengan DOI]

Nurjaya, & Maulida, N. (2018). Tingkat Kesukaan Konsumen Pada Atribut Beras Pandanwangi Murni Cianjur. Agroscience Vol, 8(1).[Jurnal dengan DOI]

Rochmah, B. E., & Yahya, I. (2020). Tantangan, Kendala, dan Kesiapan Pemasaran Online Umkm di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Filantropi: Jurnal Manajemen Zakat Dan Wakaf, 1(1), 20–31.[Jurnal tanpa DOI]

Saputra, E., Inayati, N. I., & Hartikasari, A. I. (2021). Pengembangan UMKM berbasis Inovasi Produk. Sangkabina, 1(2), 72–77.[Jurnal dengan DOI]

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). Jurnal REP ( Riset Ekonomi Pembangunan ). Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(1), 137–146.[Jurnal dengan DOI]

Siregar, R., & Agustin, D. (2018). Penyuluhan Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah ( UKM ) Pemuda Melalui Sosial Media Dalam Persiapan Menghadap Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 33–44. [Jurnal dengan DOI]

Suryani, L., Zaini, M. A., & Yasa, I. W. S. (2018). Pengaruh Konsentrasi Natrium Metabisulfit Dan Metode Pengeringan Terhadap Kadar Vitamin C Dan Organoleptik Sale Pisang. Pro Food (Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pangan), 2(1).[Jurnal tanpa DOI]

Warto, & Samsuri. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal : Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98–112.[Jurnal dengan DOI]




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.15468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: