SOSIALISASI PENGEMBANGAN PRODUK BANANA PEEL JELLY DRINK DI CV. SAHABAT PANGAN, MALANG, JAWA TIMUR

Tanaya Dayinta Choirina, Rahmawati Rahmawati

Abstract


ABSTRAK

Inovasi produk adalah cara perusahaan meningkatkan nilai sebagai kunci kesuksesan bagi perusahaan sehingga diperlukan adanya produk-produk yang unggul. Produk hasil inovasi merupakan sesuatu yang baru, baik bagi perusahaan maupun konsumen. CV. Sahabat Pangan merupakan industri pangan yang memanfaatkan bahan baku lokal berupa pisang dengan jenis raja awak. Pengolahan rambak pisang menghasilkan limbah utama berupa kulit pisang yang selama ini dimanfaatkan untuk pakan ternak warga sekitar. Kandungan pektin pada kulit pisang sangat berpotensi untuk diolah menjadi produk minuman jeli atau jelly drink dari air ekstrak kulit pisang yang diberi nama Banana Peel Jelly Drink. Langkah awal yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi yang diikuti dengan demonstrasi kegiatan pengembangan produk jelly drink dari kulit pisang. Materi sosialisasi meliputi pentingnya inovasi produk, potensi limbah kulit pisang, pelaksanaan pengembangan produk, dan peluang bisnis. Kegiatan setelah sosialisasi ini ditindak lanjuti dengan mengembangkan formulasi hingga ditemukan formulasi terbaik. Proses pemberdayaan membutuhkan proses yang tidak singkat sehingga diharapkan dapat terjadi pemberdayaan yang keberlanjutan berdasarkan asas kemandirian.

 

Kata kunci: sosialisasi; pengembangan produk; jelly drink; kulit pisang.

 

ABSTRACT

Products resulting from innovation are something new, both for companies and consumers. CV. Sahabat Pangan is a food industry that utilizes local raw materials in the form of bananas of the raja awak type. The processing of banana crunch produces the main waste in the form of banana peels which have been used for livestock feed for local residents. The pectin content in banana peels has the potential to be processed into a jelly drink product from banana skin extract water called Banana Peel Jelly Drink. The first step taken was conducting outreach followed by a demonstration of product development activities for jelly drink from banana peels. Socialization material includes the importance of product innovation, the potential for banana peel waste, the implementation of product development, and business opportunities. Activities after socialization are followed with finding best formulation. The empowerment process requires a process that is not short so that it is hoped that sustainable empowerment will occur based on the principle of independence.

 

 

Keywords: socialization; product development; jelly drink; banana peel.


Keywords


socialization; product development; jelly drink; banana peel.

Full Text:

PDF

References


[SNI] Standar Nasional Indonesia. (1994). SNI 01-3552-1994 Jelly Agar. Badan Standardisasi Nasional, Jakarta, SNI-01-355, 30.

Alkurni, W., & Zuliarni, S. (2014). Analisis Proses Pengembangan Produk Baru Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Bisnis (Kasus Pada MM. Cake & Bakery Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa, 1(2), 1–15.

Borges, S. V., Valente, W. A., Figueiredo, L. P., Dias, M. V., Pereira, P. P., Pereira, A. G. T., & Clemente, P. R. (2011). Quality evaluation of banana skin extract jellies. Food Science and Technology International, 17(2), 177–183. https://doi.org/10.1177/1082013210381945

Charisa, A. R. (2015). Perancangan Pengembangan Produk Baru pada CV Sekawan Sidoarjo. Agora. 3(1), 68–74.

Djuwendah, E., & Karyani, T. (2020). Penyuluhan Inovasi Produk Dan Pemasaran Industri Kecil Pangan Di Desa Gunung Manik Tanjungsari Sumedang. Dharmakarya, 9(4), 235. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.26554

Mas, V. H., Yantu, M. R., & Howara, D. (2013). Prospek Pengembangan Usaha Pada Industri Rumah Tangga Kacang Telur “ Ohara ” Kota Palu. 1(April), 100–108.

Prihatiningsih, R., Wardani, A., Ningsih, G., Muflichah, I. N., & Anggara, M. K. M. (2020). Pelatihan Pengolahan Dan Pemasaran Produk Kopi Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Dadapan Di Pandemi Covid-19. Jurnal Graha Pengabdian, 2(3), 261. https://doi.org/10.17977/um078v2i32020p261-271

Rattanatavon, S., Siriphunt, P., & Vatthanakul, S. (2020). Development of banana flavor carrageenan jelly drink fortified with banana peel extracts. International Journal of Agricultural Technology, 16(3), 685–694.

Restiana, N. I., Wignyanto, & Arie, F. M. (2014). Pembuatan Jelly Drink Filtrat Kulit Pisang Candi (Musa acuminata) (Kajian Penambahan Konsentrasi Karaginan dan Agar-Agar). Teknologi Industri Pertanian, Universitas Brawijaya, 1(1), 1–12.

Rumangkit, S. (2016). Pengaruh sosialisasi organisasi pada komitmen afektif yang dimediasi oleh kesesuaian nilai. Jurnal Bisnis Darmajaya, 2(01). https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/JurnalBisnis/article/view/618

Saugi, W., & Sumarno, S. (2015). Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan bahan pangan lokal. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 226. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6361




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: