EDUKASI PETUGAS PENDAFTARAN TERKAIT PROSES REGISTRASI PASIEN

Nita Dwi Nur Aini, Wisoedhanie Widi A., Bhre Diansyah D.K.

Abstract


ABSTRAK

Belum sesuainya kualifikasi yang dimiliki oleh petugas pendaftaran serta tata cara registrasi dan sistem penamaan yang benar menjadi permasalahan yang terdapat pada klinik X. Adapun tujuan dari dilakukannya edukasi terkait sistem registrasi pasien yaitu dapat meningkatkan pengetahuan petugas pendaftaran terkait kualifikasi petugas dan tata cara registrasi pasien yang meliputi sistem penamaan yang benar. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dengan peserta yang terlibat adalah petugas pendaftaran dan direktur klinik X dengan jumlah 4 orang dengan metode sosialisasi dan diskusi interaktif. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi terkait tata cara registrasi pasien kemudian dilanjutkan dengan materi terkait kualifikasi dan jumlah tenaga pendaftaran menggunakan metode analisis perhitungan SDM dan terakhir menjelaskan terkait sistem penamaan. Sebelum dan sesudah kegiatan, peserta akan diberikan tes sebagai salah satu alat untuk evaluasi dalam kegiatan ini. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta yang menunjukkan peningkatan sebesar 30% dari nilai pretest yaitu 60.00 dan nilai postest yaitu 90.00. Adanya peningkatan pengetahuan dan peserta dalam kegiatan ini dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan petugas pendaftaran dalam proses registrasi pasien sesuai dengan prosedur yang berlaku dan menciptakan kesan baik saat melakukan proses registrasi pasien.  

 

Kata kunci: sistem registrasi pasien; petugas pendaftaran; kegiatan; sosialisasi

 

ABSTRACT

The incompatibility of the qualifications of the registrar as well as the registration procedures and the correct naming system is a problem that exists at clinic X. The purpose of conducting education related to the patient registration system is to increase the knowledge of registrars regarding the qualifications of officers and procedures for patient registration which includes correct naming system. This activity was carried out for 3 days with participants involved being registrars and director of clinic X with a total of 4 people with interactive socialization and discussion methods. This activity began with socialization regarding patient registration procedures, then continued with material related to the qualifications and number of registration staff using the HR calculation analysis method and finally explained the naming system. Before and after the activity, participants will be given a test as a tool for evaluation in this activity. The results of the activity showed an increase in the participants' knowledge which showed an increase of 30% from the pretest score, which was 60.00 and the posttest score, which was 90.00. An increase in knowledge and participants in this activity can help improve the ability of registration officers in the patient registration process in accordance with applicable procedures and create a good impression when carrying out the patient registration process..

 

Keywords: patient registration system; registration officer; activity; socialization


Keywords


patient registration system; registration officer; activity; socialization

Full Text:

PDF

References


Bulawan, J., Zainuddin, A., & Yasnani. (2021). GAMBARAN PROSES PENGELOLAAN REKAM MEDIK DI PUSKESMAS MATA KOTA KENDARI TAHUN 2020. JURNAL ADMINISTRASI DAN KEBIJAKAN KESEHATAN (JAKK-UHO), 1(4), 184–193.

Fresha, L. florentina, Silitonga, T. D., & Supriatin, Y. (2022). Tinjauan Sistem Pengelolaan Rekam Medis di Rumah Sakit Bina Kasih Pekanbaru Tahun 2021. Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal), 2(1), 1–12. https://doi.org/10.25311/jrm.vol2.iss1.354

Imam, C. W., Anugrahanti, W. W., & Rahayu, R. P. (2022). Pendampingan Masyarakat Tentang Alur Pelayanan Rawat Jalan Pada Rumah Sakit. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 298. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7282

Kemenkes, K. K. R. I. (2016). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 2016. Jakarta : Kemenkes.

Marbun, R., Ariyanti, R., & Dea, V. (2022). Peningkatan Pengetahun Masyarakat Terkait Pemahaman Alur Pelayanan Gawat Darurat Di Rumah Sakit. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 108. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7251

Nasution, F. M., Siregar, R., & Lubis, M. J. (2022). GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEADILAN ORGANISASI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 143–153.

Nengsih, Y. G. (2021). Tinjauan Alur Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 6(1), 51–57. https://doi.org/10.52943/jipiki.v6i1.479

Nurbaya, F., Okta, Y. A., & Kurnia, B. (2020). Gambaran Pengelolaan Dokumen Rekam Medis Di Puskesmas X. Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan (JMIAK), 3(01). https://doi.org/10.32585/jmiak.v3i01.703

Shofiana, N. B., Arso, S. P., & Fatmasari, E. Y. (2019). Analisis Proses Pelayanan Pendaftaran Pasien Di Puskesmas Jatisrono I Kabupaten Wonogiri. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 7(1), 105–112.

Tigrid, I., & Hidayati, M. (2021). Analisis Prosedur Penerimaan Pasien Rawat Jalan Guna Menunjang Efektivitas Pelayanan Rekam Medis Di Puskesmas Sudi. MIRACLE Journal, 1(2), 36–45. https://doi.org/10.51771/mj.v1i2.126

Warijan, W., Kristijono, A., Umboro, L., & Nurbaity, A. I. (2018). Analisis Kebutuhan Petugas Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Dan Pasien Rawat Inap Berdasarkan Metode Workloud Indicator Staff Need (WISN) Di RSI Sultan Agung Semarang. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 1(1), 16. https://doi.org/10.31983/jrmik.v1i1.3575




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: