PENINGKATAN KAPASITAS KOMPETENSI UMKM DENGAN PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL USAHA DI DESA CIBITUNG KULON KABUPATEN BOGOR

Firman El Amny Azra

Abstract


ABSTRAK

Masalah pendanaan adalah salah satu tantangan utama yang umum dialami dalam pengembangan UMKM. Pelaku UMKM di desa Cibitung Kulon sebagian besar tidak mengeyam pendidikan tinggi yang mempengaruhi pengetahuan dan kompetensi usaha mereka. Berdasarkan hasil survey pra-kegiatan diketahui bahwa terdapat rendahanya pengetahuan sumber pendanaan serta kompetensi penyusunan proposal usaha di sebagian besar UMKM. Maka dari itu diperlukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan serta kapasitas kompetensi pendanaan. Kegiatan dilakukan dengan pendekatan pelatihan kepada 20 orang peserta yang merupakan pemilik UMKM di desa Cibitung Kulon, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Tempat pelaksanaan pelatihan berada di kantor desa Cibitung Kulon. Hasil survey kegiatan menunjukkan bahwa 100% responden setuju bahwa kegiatan yang dilakukan menambah pengetahuan dan memudahkan peserta dalam melakukan penyusunan proposal bisnis. Berdasarkan hasil kegiatan disarankan bagi para pemangku kepentingan untuk dapat melaksanakan kegiatan serupa secara berkala.

 

Kata kunci: proposal usaha; pelatihan; UMKM; kewirausahaan.

 

ABSTRACT

Funding problems are one of the main challenges that are commonly experienced in the development of MSMEs. Most MSME owners in Cibitung Kulon village do not have higher education which affects their business knowledge and competence. Based on the results of the pre-activity survey, it is known that there is low knowledge of funding sources and competence in preparing business proposals in most MSMEs. Therefore, community service activities are needed to increase knowledge and funding competency capacity. The activity was carried out using a training approach for 20 participants who are MSME owners in the village of Cibitung Kulon, Bogor Regency, West Java Province. Training location are at village office of Cibitung Kulon. The results of the activity survey showed that 100% of respondents agreed that the activities carried out increased knowledge and made it easier for participants to prepare business proposals. Based on result of activities it is advisable that for the stakeholder to conduct similar activities frequently.

 

Keywords: business proposal; training; MSME; entrepreneurship.


Keywords


business proposal; training; MSME; entrepreneurship.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2020). Importance and contents of business plan: A case-based approach. Jurnal Manajemen Indonesia, 20(2), 164–176.

Abisuga-Oyekunle, O. A., Patra, S. K., & Muchie, M. (2020). SMEs in sustainable development: Their role in poverty reduction and employment generation in sub-Saharan Africa. African Journal of Science, Technology, Innovation and Development, 12(4), 405–419.

Dal Mas, F., Massaro, M., Paoloni, P., & Kianto, A. (2021). Translating knowledge in new entrepreneurial ventures: the role of business plan development. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems.

Djamaludin, D., Anwar, A., & Rukmana, O. (2016). Peningkatan kemampuan usaha kecil menengah di wilayah bandung raya dalam pemanfaaatan internet sebagai sarana pemasaran dan perluasan jangkauan pasar. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 125–130.

Faizal, F. (2015). Diskursus pemberdayaan masyarakat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 8(1), 35–51.

Farizki, F. I., Salamah, R., Mutiah, T. S. R., Wardhani, W. K., & Siddi, P. (2020). Penyuluhan Umkm Di Era New Normal Dengan Memprioritaskan Ekonomi Digital Marketing. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 620–623.

Julita, J. (2020). Pemberdayaan masyarakat untuk umkm melalui pelatihan penyusunan proposal usaha dan analisis laporan keuangan UMKM di Kabupaten Kampar. Unri Conference Series: Community Engagement, 2, 106–111.

Keeler, G. R., Keeler, G. R., & Keeler, T. J. (2020). Basic Business Planning.

Noor, C. M., & Rahmasari, G. (2018). Esensi Perencanaan Bisnis yang Memadai Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).

Parahiyanti, C. R., Dewi, Y. R., Prasasti, A., & Wilujeng, I. P. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran dengan Kemasan Kekinian pada Proposal Rencana Bisnis UMKM Desa Kebontunggul Kabupaten Mojokerto. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 139–154.

Wulandari, O. A. D. (2023). Sosialisasi Dan Pelatihan Pembuatan Sertifikasi Halal Bagi Produk UMKM Di Purbalingga. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(2), 116–121.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: