SCALE UP KOMERSIALISAI PRODUK KAMPUNG OPAK GAMBIR DENGAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING MELALUI PESAN VISUAL, COPYWRITING DAN SEO

Anna Widayani, Rani Arifah Normawati, Heri Priya Waspada

Abstract


ABSTRAK

Kampung Opak Gambir, juga dikenal dengan kampung kreatif, terbentuk karena masyarakat di daerah tersebut mayoritas menjalankan Industri Rumah Tangga (IRT) dalam pembuatan opak gambir. Para pelaku usaha di kampung ini telah berusaha mengembangkan pasar dengan memanfaatkan teknologi digital, termasuk sosial media dan Google My Business. Namun, mereka menghadapi kendala karena kurangnya pengetahuan dalam mengoptimalkan digital marketing. Oleh karena itu, dilakukan upaya pendampingan dalam rangka scale up komersialisasi produk Kampung Opak Gambir. Pendampingan ini dilakukan dengan fokus pada peningkatan pengetahuan digital marketing melalui pesan visual, copywriting, dan SEO. Dengan pendampingan ini diharapkan ketrampilan para mitra dalam melakukan promosi secara digital meningkat. Pengabdian ini juga mengikutsertakan mahasiswa MBKM, yaitu mahasiswa Prodi Operasionalisasi Perkantoran Digital Akademi Komunitas Negeri Blitar untuk melakukan pendampingan di tempat mitra. Metode dalam pengabdian masyarakat ini adalah 1). Pelatihan dan pendampingan penyampaian pesan visual melalui foto produk dan desain kemasan produk opak gambir, 2). Pelatihan dan pendampingan digital marketing untuk optimalisasi sosial media dan Google Business melalui teknik copyriting  dan SEO. 3). Evaluasi dan monitoring implementasi materi pelatihan selama 2 bulan. Hasil dari kegiatan ini yaitu adanya peningkatan ketrampilan para mitra dalam melakukan promosi secara digital, khususnya ketrampilan penyampaian pesan visual melalui foto produk dan desain kemasan, ketrampilan copywriting untuk promosi dan ketrampilan dalam peningkatan SEO.

 

 

Kata kunci: digital marketing; copywriting, SEO; pesan visual; opak gambir

 

ABSTRACT

Kampung Opak Gambir, also known as the creative village, thrives as the majority of its residents are involved in the Home Industry specializing in crafting Opak Gambir. To expand their market, they have embraced digital technology such as social media and Google Business. Nevertheless, they encounter challenges stemming from their limited knowledge in optimizing digital marketing. To address this, we provide support and enhance the commercialization of Kampung Opak Gambir's products. The focus of this assistance lies in elevating digital marketing expertise through visual messaging, copywriting, and SEO. By receiving guidance in these areas, the partners are expected to bolster their digital promotion skills. Notably, MBKM students from Operasionalisasi Perkantoran Digital Akademi Komunitas Negeri Blitar actively participate in this initiative. The community service employs three key methods: 1) Training and mentoring on conveying visual messages via product photography and packaging design for gambir wrappers; 2) Training and mentoring in digital marketing, optimizing social media and Google Business using copywriting and SEO techniques; 3) A two-month evaluation and monitoring of training material implementation. The results of this program are evident in the partners' enhanced digital promotion skills, particularly in visual messaging through product photography and packaging design, as well as improved copywriting proficiency for effective promotion and SEO capabilities.

 

Keywords: digital marketing; copywriting; SEO, visual messages; opak gambir


Keywords


digital marketing; copywriting; SEO, visual messages; opak gambir

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Zuhri, S., & Wahyuni, D. (2022). Pemberdayaan Kampung Opak Gambir Melalui Media Sosial Instagram Dan Web Design. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Banjarnahor, D., Dwiridotjahjono, J., Sos, S., & Si, M. (2023). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Usaha Ris . Make Up Hairdo.

Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., … Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59(July 2020), 102168. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168

Effendy, F., Nuqoba, B., Justitia, A., & Werdiningsih, I. (2021). Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Inventaris Bagi Petugas Poliklinik Di Kawasan Pemulung Rangkah Surabaya. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 5(1), 15. https://doi.org/10.36339/je.v5i1.397

Julistiyana, M. U. Y. (2020). Pendidikan dalam Paket Wisata Kampung Kreatif Kota Blitar (Studi Fenomenologi Terhadap Kampung Kreatif di Kota Blitar). Edutourism Journal Of Tourism Research, 2(1), 18. https://doi.org/10.46964/jtr..v2i1.324

Justitia, A., Werdiningsih, I., Effendy, F., & Taufik, T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 60–72. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.388

Rafifah, V. P., Hery Nugroho, S., & Sari, N. P. (2022). Analisis Elemen Desain pada Kemasan Varian Baru Produk So Cookies. Prosiding Seminar Nasional Tetamekraf, 1(2), 431–437.

Rohmah, A. N., & Hera, H. (2022). Pemanfaatan Google My Business Sebagai Media Digital Marketing Pada Bukuan Fried Chicken. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 37–42.

Sari, N. L. D. I. D. (2013). Elemen visual kemasan sebagai strategi komunikasi produk. Profetik: Jurnal Komunikasi, 6(1), 43–52.

Wazdi, A. indradi, & Aprilia, G. A. (2022). Pelatihan Copywriting untuk Optimalisasi Pemasaran Digital Kepada SMK Bakti Nusantara 666 Kabupaten Bandung. Jurnal AbdiMU : Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 62–69.

Yuliani, N., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai Upaya Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal ( Studi Kasus : UMKM Gresik , Jawa Timur ). Ikraith-Abdimas, 5(1), 146–157. Retrieved from https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-23413-11_2333.pdf




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: