DIVERSIFIKASI PRODUK UMKM KERUPUK KEMPLANG DI DESA LEMBAK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK

Desi Rovita, Leriza Desitama Anggraini, Try Wulandary, Endah Dewi Purnamasari

Abstract


ASBTRAK

UMKM Krisna berdiri dari tahun 2012 yang beralamatkan di Desa Lembak kabupaten Muara Enim. Pada UMKM Krisna produk yang dimiliki hanya kerupuk saja, hal ini menyebabkan para konsumen tidak memiliki banyak pilihan ketika mau membeli produk di UMKM Krisna. Pengembangan produk UMKM dapat dilakukan dengan diversifikasi produk yaitu membuat beraneka ragam produk selain dari produk asal yaitu kerupuk, misalnya kemplang besar goreng, kemplang unyil, kemplang rasa pedas. Diversifikasi produk dapat dilakukan dengan cara, merubah bentuk atau menambah bentuk, perbaikan kemasan dan peninjauan harga kemasan setelah dilakukannya diversifikasi. Tujuan dari Pengadian kepada Masyarakat  yaitu untuk mengembangkan produk UMKM Krisna dan meningkatkan daya saing produk dengan cara diversifikasi produk. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu observasi secara langsung dan wawancara dengan pemilik UMKM Krisna, kemudian dilakukan pengabdian kepada masyarakat. Hasil dari Pengadian Kepada Masyarakat dalam penelitian ini, produk UMKM Krisna menjadi lebih banyak varian.

 

Kata Kunci: berinovasi; daya saing; diversifikasi; produk UMKM.

 

ABSTRACT

Krisna MSME was established in 2012 which is addressed in Lembak Village, Muara Enim regency. In Krisna MSMEs, the products owned are only crackers, this causes consumers not to have many choices when they want to buy products at Krisna MSMEs. The development of MSME products can be done by diversifying products, namely making a variety of products other than the original product, namely crackers, for example fried large kemplang, unyil kemplang, spicy flavored kemplang. Product diversification can be done by, changing the shape or adding shape, improving packaging and reviewing packaging prices after diversification. The purpose of Community Service is to develop Krisna MSME products and increase product competitiveness by diversifying products. The implementation method used is direct observation and interviews with MSME owner Krisna, then community service is carried out. As a result of Community Service in this study, Krisna MSME products became more variants.

 

Keyword: innovating; competitiveness; diversification; MSME products


Keywords


innovating; competitiveness; diversification; MSME products

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, A., Nadjmi, N., Sari1, N., & Darwis, D. Y. (2022). PENDAMPINGAN PENDAFTARAN MEREK BAGI UMKM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK. 4(September), 1333–1342.

Budiman, B., Yunia, N., & Badrotusabila, B. (2022). Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Kerudung Instan Rabbani di Rangkasbitung Lebak. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(01), 89. https://doi.org/10.30868/ad.v6i01.2246

Diansyah, H., Farmadani, G. A., Juandri, Y., Aditia, T., & Andika, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Kemasan Dan Desain Logo Terhadap Produk Baru Berupa Cake Singkong Caramel Di Desa Alai Selatan Kecamatan Lembak. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1564. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10507

Hariyanto, D., Zaki Azzuhairi, A., Winarno, A., & Hermawan, A. (2022). Pengembangan Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Saing Batik Sujo. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 191–196. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3087

Hermawan, L. (2015). Dilema Diversifikasi Produk: Meningkatkan Pendapatan Atau Menimbulkan Kanibalisme Produk? Jurnal Studi Manajemen, 9(2), 143–153.

Julisa Aprilia, Kaluku;, Badu, L. W., Muhtar;, & Hidayat;, M. (2023). PENGUATAN PENINGKATAN EKONOMI MELALUI PRODUK UMKM PEMBUATAN KERUPUK CUMI. 2(6), 1303–1314.

Leriza Desitama Anggraini, Faradillah, & Winne Rosalina. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM Pada Pelaku Usaha Clothing Line. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 540–546. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.9745

Noviyanti, U. D. E., Rahman, E., Sekarningrum, G. A., & Anggraeni, N. A. (2022). Pelatihan Pengolahan Kerupuk Amplang Sebagai Upaya Pengembangan Potensi Alam Desa Pandu Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik Jawa Timur. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 111–119. https://doi.org/10.55784/jompaabdi.v1i3.264

Populix. (2022). Apa itu Diversifikasi Produk? Manfaat, Strategi & Contohnya. https://info.populix.co/articles/diversifikasi-produk-adalah/#:~:text=Dalam dunia bisnis%2C pengertian diversifikasi produk adalah salah,tidak tergantung pada satu hal atau produk saja.

Qonita, N., Andesta, D., & Hidayat, H. (2022). Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) pada Produk Kerupuk Ikan UD. Zahra Barokah. Jurnal Optimalisasi, 8(1), 67. https://doi.org/10.35308/jopt.v8i1.5285

Riadi, M. (2021). Strategi Diversifikasi Produk. https://www.kajianpustaka.com/2021/06/strategi-diversifikasi-produk.html

Simanjuntak, J., Marlina, R., Shanshabilla, A., Oktariani, E., Putri, M., Josse, F., Anggraini, L., Ratu, M., & Purnamasari, E. (2022). Edukasi Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan UMKM Desa Lembak Kabupaten Muara Enim. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 112–119. https://doi.org/10.32486/dikemas.v6i2.386

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. 1. https://peraturan.bpk.go.id/Download/29221/UU Nomor 20 Tahun 2008.pdf

Widiya, A., Anggraini, L. D., Ratu, M. K., & Purnamasari, E. D. (2022). Pendampingan Penentuan Harga Pokok Penjualan (Hpp) Dan Harga Jual Pada Umkm Kerupuk Dan Kemplang Desa Lembak Kabupaten Muara Enim. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1462. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10457

Wulandari, M., Wahyuni, S., & Zulianto, M. (2021). STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK PADA UMKM KERAJINAN BAMBU DI DESA GINTANGAN KECAMATAN BLIMBINGSARI KABUPATEN BANYUWANGI. 15(1). https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.19704

Wulandari, T., Pratiwi, M. P., & Faza, S. (2022). Pelatihan Digital Imaging Untuk Design Product Guna Meningkatkan Nilai Jual Produk. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1170. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.9703




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: