PENGEMBANGAN ASESMEN DIGITAL BERBASIS HOTS PADA KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU EKONOMI

Putri Ulfa Kamalia, Riza Yonisa Kurniawan, Albrian Fiky Prakoso, Muhammad Abdul Ghofur, Ardhita Eko Ginanjar

Abstract


ABSTRAK

Penggunaan teknologi pada era revolusi industri 4.0 belum dapat diantisipasi sepenuhnya oleh para guru ekonomi SMA se-Kota Surabaya. Hal ini berdampak pada penerapan asesmen kurikulum merdeka yang belum optimal. Para guru ekonomi di Kota Surabaya masih banyak menggunakan instrumen paper-based test dan LOTS (Lower Order Thinking Skills). Untuk meningkatkan keterampilan penilaian hasil belajar yang relevan saat ini yaitu dengan menggunakan instrumen soal HOTS (High Order Thinking Skills) dan asesmen digital, perlu diadakan pelatihan pengembangan asesmen digital berbasis HOTS pada kurikulum merdeka.Melalui rangkaian pelatihan mulai dari pemaparan materi, pendampingan hingga pembuatan draft asesmen digital, sebanyak 76% peserta menyatakan sangat setuju bahwa kegiatan pelatihan memberikan manfaat bagi peserta. Kemudian, sebanyak 83% peserta menyatakan sangat setuju bahwa pelatihan tersebut dapat menambah pengetahuan mengenai asesmen kurikulum merdeka berbasis HOTS. Sementara 94% peserta menyatakan sangat setuju bahwa pelatihan dapat meningkatkan keterampilan dalam membuat asesmen digital. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menyusun asesmen digital berbasis HOTS. Para peserta mengharapkan adanya pelatihan berkesinambungan seperti pelatihan penyusunan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dan modul ajar berbasis digital pada kurikulum merdeka untuk meningkatkan keterampilan.

 

Kata kunci: asesmen digital; HOTS; guru ekonomi SMA Kota Surabaya; pelatihan

 

ABSTRACT

The use of technology in the era of industrial revolution 4.0 cannot be fully anticipated by high school economics teachers throughout the city of Surabaya. This has an impact on the implementation of the independent curriculum assessment which is not yet optimal. Economics teachers in the city of Surabaya still use many paper-based test instruments and LOTS (Lower Order Thinking Skills). To improve current relevant learning outcome assessment skills, namely by using HOTS (High Order Thinking Skills) question instruments and digital assessments, it is necessary to hold training on developing HOTS-based digital assessments in the independent curriculum. Through a series of training ranging from material presentation, mentoring to drafting digital assessment, as many as 76% of participants stated that they strongly agreed that training activities provided benefits for participants. Then, as many as 83% of participants stated that they strongly agreed that the training could increase knowledge regarding HOTS-based independent curriculum assessments. Meanwhile, 94% of participants strongly agreed that training could improve skills in making digital assessments. So it can be concluded that training activities are able to increase participants' knowledge and skills in preparing HOTS-based digital assessments. The participants expect continuous training such as training on preparing AKM (Minimum Competency Assessment) questions and digital-based teaching modules in the independent curriculum to improve skills.

 

Keywords: digital assessment; HOTS; economics teachers at Surabaya high school; training


Keywords


digital assessment; HOTS; economics teachers at Surabaya high school; training

Full Text:

PDF

References


Andriansyah, E. H., Sholikhah, N., Rafsanjani, M. A., Pamungkas, H. P., & Kamalia, P. U. (2022). Pengembangan Kemampuan Guru dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis Aplikasi Digital bagi Guru Sekolah Penggerak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5), 351–368. https://doi.org/10.55927/JPMB.V1I5.1073

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2015). Analisis Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Matematika Siswa SMA. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 20, 783–790.

Budi, D. R., Melasarianti, L., Listiandi, A. D., Widyaningsih, R., Mariasari, S., Kusnandar, K., & Nurcahyo, P. J. (2022). Pelatihan Implementasi Asesmen pada Kurikulum Merdeka bagi Guru SMAN 3 Purwokerto. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 4(2), 103–110. https://doi.org/10.24036/JBA.0402.2022.13

Farman, F., Anjelina, S., Putri, Q. T., Mardiah, N. A., & Sari, K. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ISPRING SUITE. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2040. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4288

Hasanah, U., Edwita, & Januar, A. (2020). PELATIHAN PENGEMBANGAN DIGITAL ASSESMENT BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KEPULAUAN SERIBU. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4 SE-Articles), 338–346. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.448

Herawati, R., Rustono, W. S., & Hamdu, G. (2014). Pengembangan Asesmen Hots Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Tema Bermain Dengan Benda-Benda Di Sekitar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 151–159. https://doi.org/10.17509/PEDADIDAKTIKA.V1I2.4975

Kamalia, P. U., Kurniawan, R. Y., Dewi, R. M., Sholikhah, N., & Pamungkas, H. P. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN ANYFLIP UNTUK PENYUSUNAN E-BOOK BAGI GURU MGMP EKONOMI KABUPATEN BANGKALAN. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 912. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5414

Khofifah, K., & Kamalia, P. U. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 1 SMAN 1 CERME. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 15(2), 81–89. https://doi.org/10.24114/JTP.V15I2.36144

Makarim, N. A. (2022). Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Menpendikbudristek.

Mardhotillah, R. R., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Hartatik, S., & Aisah, P. L. (2022). Pendampingan Guru Sekolah Dasar dalam Pembuatan Asesmen Digital. Indonesia Berdaya, 3(4), 835–842. https://doi.org/10.47679/ib.2022312

Mubarok, H., Darnoto, D., & Mahendra, D. (2021). Aplikasi Asesmen HOTS Berbasis Android di SMK Al-Hidayah Jepara. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 438–447. https://doi.org/10.26877/E-DIMAS.V12I3.6545

Safarina, S., Putri, E. R., Prita, L., Asiyah, N., Doctorina, W. F., & Lukitosari, V. (2022). Pelatihan Guru SMP untuk Persiapan Asesmen Nasional (AN) (Studi Kasus Kota Surabaya). Sewagati, 6(4), 470–476. https://doi.org/10.12962/J26139960.V6I4.209

wahira, W., Hamid, A., & HB, L. (2023). PELATIHAN PEMAHAMAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA GURU SEKOLAH DASAR. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 43–47. https://doi.org/10.55681/EJOIN.V1I2.572

Widana, I. W. (2017). HIGHER ORDER THINKING SKILLS ASSESSMENT (HOTS). JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.21009/JISAE.V3I1.4859

Widana, I. W. (2020). Pengaruh Pemahaman Konsep Asemen HOTS terhadap Kemampuan Guru Matematika SMA/SMK Menyusun Soal HOTS. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 66–75. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3743923




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.17046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: