SOSIALISASI PENGENALAN APP INVENTOR BERBASIS MOBILE PROGRAMMING

Muhammad Faisal, Ida Ida, Muhammad Khaiyyir, Adnan Ahsan

Abstract


ABSTRAK

SMA Ittihad adalah salah satu sekolah swasta yang berdiri sejak tahun 1983, beralamat di jalan G. Lokon No. 44, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90145. Minimnya pengetahuan siswa siswi mengenai penggunaan software khususnya bahasa pemrograman berbasis mobile programming.  Perlu adanya pemberian pemahaman dan gambaran terkait cara pembuatan aplikasi mobile tanpa menggunakan pengkodean program. Keunggulan App Inventor terletak pada kemudahan pemrograman, dimana pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan pemrograman dasar, memahami kode, atau memiliki pengalaman di bidang IT, namun yang terpenting dalam membuat aplikasi menggunakan App Inventor adalah bagaimana programmer menggunakan logika seperti saat seseorang menyusun teka-teki. Pelatihan pengenalan App Inventor berbasis mobile programming menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan minat dan pengetahuan serta kemampuan Siswa siswi SMA Ittihad Makassar dalam membuat sebuah aplikasi tanpa menuliskan coding dari program tersebut. Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan siswa dalam pembuatan aplikasi mobile tanpa menggunakan pengkodean. Pelatihan dilakukan dengan metode presentasi, demonstrasi, serta praktik langsung. Untuk mengukur pencapaian maka dilakukan pengisian kuesioner sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil kuesioner menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta pelatihan terkait penggunaan app inventor. Mengalami peningkatan menjadi rata-rata sebesar 68,25% setelah diberi pelatihan.

 

Kata kunci: app inventor; pelatihan; system usability scale.

 

ABSTRACT

SMA Ittihad is one of the private schools established since 1983, located at Jalan G. Lokon No. 44, Makassar District, Makassar City, South Sulawesi 90145. The lack of knowledge of students about the use of software, especially mobile programming-based programming languages.  It is necessary to provide understanding and overview related to how to make mobile applications without using program coding. The advantage of App Inventor lies in the ease of programming, where users do not need to have basic programming knowledge, understand code, or have experience in the IT field, but the most important thing in creating applications using App Inventor is how programmers use logic like when someone puts together a puzzle. Mobile programming-based App Inventor introduction training is one solution to increase the interest and knowledge and ability of Ittihad Makassar High School students in making an application without writing down the coding of the program. The purpose of this training is to increase students' knowledge in making mobile applications without using coding. Training is carried out by presentation, discussion, and direct practice. To measure achievement, questionnaires were filled out before and after training. The results of the questionnaire showed an increase in training participants' knowledge regarding the use of app inventors. Increased to an average of 68,25% after being given training.

 

Key Word: app inventor; training; system usability scale.


Keywords


app inventor; training; system usability scale.

Full Text:

PDF

References


AZEVEDO, Christiane Gresse von WANGENHEIM Jean C. R. HAUCK Matheus Faustino DEMETRIO Rafael PELLE Nathalia da CRUZ ALVES Heliziane BARBOSA Luiz Felipe. “CodeMaster - Automatic Assessment and Grading of App Inventor and Snap! Programs.” https://infedu.vu.lt/journal/INFEDU/article/58/info.

Edriati, Sofia et al. 2021. “Penggunaan Mit App Inventor Untuk Merancang Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 12(4): 652–57.

Fameska, Elga, Riri Okra, Supriadi Supriadi, and Hari Antoni Musril. 2023. “Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Mit App Inventor Pada Pelajaran Pai.” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) 7(1): 657–64.

Fatah, Doni Abdul. 2020. “Evaluasi Usability Dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing Dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD).” Rekayasa 13(2): 130–43.

Ida Mulyadi1), Muhammad Faisal2), Nurul Qalbi3), Indra Aditya4). 2023. “ANALISIS KELAYAKAN APP-INVENTOR SEBAGAI BAHAN AJAR MATA KULIAH MOBILE PROGRAMMING MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE Ida.” (1): 1–14.

Kurniawan, Edi, Nofriadi Nofriadi, and Andri Nata. 2022. “Penerapan System Usability Scale (Sus) Dalam Pengukuran Kebergunaan Website Program Studi Di Stmik Royal.” Journal of Science and Social Research 5(1): 43.

Marliana, Iin, Ahmad Ikhwan, and Teuku Muhammad Fawaati. 2023. “Implementasi Mit App Inventor Dalam Game Mengenal Huruf Berbasis Android.” Jurnal Teknoinfo 17(1): 244.

Rahayu, Syarifah Sri, Achi Rinaldi, and Wawan Gunawan. 2021. “Aplikasi Program Linear: Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 7(1): 107.

Sunaryo, Arif, and Martin Bernard. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor Pokok Bahasan Pythagoras.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 5(2): 531.

Sura Menda Ginting, Hermansyah Amir, and Ruth Sinthia Ginting. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Mit App Inventor Berplatform Android Pada Materi Stoikiometri Di Kelas X Mipa Sman 7 Kota Bengkulu.” Alotrop 6(2): 102–9.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.17153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: