PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG SMART LIGHTING BERBASIS INTERNET OF THINGS UNTUK EFISIENSI BANGUNAN HEMAT ENERGI KEPADA SISWA SMA BUDI LUHUR TANGERANG

Nifty Fath, Peby Wahyu Purnawan, Inggit Musdinar Sayekti Sihing Yang Mawantu

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang telah dilakukan bertemakan smart lighting berbasis internet of things guna memberikan wawasan dan kemampuan untuk merancang smart lighting yang dapat diaplikasikan di rumah. Kegiatan ini telah dilaksanakan di SMA Budi Luhur, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten. Kegiatan PkM ini dilaksanakan dalam kurun waktu 4 bulan, dimulai dari bulan Maret 2023 sampai dengan Juni 2023. Berdasarkan diskusi langsung dengan salah satu guru di SMA Budi Luhur, dapat disimpulkan permintaan kebutuhan solusi permasalahan dari mitra terkait dengan pemahaman bangunan energi dan penerapannya bagi siswa. Oleh karena itu, telah dilakukan penyusunan strategi persiapan kegiatan, proposal kegiatan pelaksanaan PkM, dan materi serta perlengkapan yang disampaikan ke peserta kegiatan siswa/i SMA Budi Luhur. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah dilaksanakan dalam bentuk workshop mengenai pemahaman teori IoT guna meningkatkan efisiensi bangunan hemat energi dengan agenda pemaparan dan praktek perancangan IoT secara langsung. Dalam kegiatan PkM yang diusulkan ini, program lebih difokuskan pada pendampingan siswa/i sehingga para peserta memiliki skill kemampuan untuk menciptakan dan mengaplikasikan IoT dalam rangka efisiensi bangunan hemat energi.

 

Kata kunci: IoT; hemat energi; pencahayaan alami; smart lighting; workshop.

 

ABSTRACT

Community service activities that have been carried out with the theme "Understanding of Internet of Things-Based Smart Lighting for Energy-Saving Building Efficiency for Budi Luhur Tangerang High School Students" to provide insight and skills in the ability to design smart lighting that can be applied at home. This activity was carried out at Budi Luhur High School, Karang Tengah District, Tangerang City, Banten. This PkM activity was carried out over a period of 4 months, starting from March 2023 to June 2023. Based on direct discussions with one of the teachers at Budi Luhur High School, it can be concluded that requests for solutions to problems from partners are related to understanding energy building and its application to students. Therefore, the next step is to formulate an activity preparation strategy, a proposal for the Community Service Program implementation activities, and materials and equipment to be delivered to the participants in the Budi Luhur High School student activities. Community service activities have been carried out in the form of workshops on understanding IoT theory in order to increase the efficiency of energy-efficient buildings with an agenda of direct presentation and practice of IoT design. In this proposed PkM activity, the program is more focused on assisting students so that participants have the skills to create and apply IoT in the framework of energy-efficient building efficiency.

 

Keywords: IoT; energy saving; natural lighting; smart lighting; workshops.


Keywords


IoT; energy saving; natural lighting; smart lighting; workshops.

Full Text:

PDF

References


Amaxilatis, D., Akrivopoulos, O., Mylonas, G., & Chatzigiannakis, I. (2017). An IoT-based solution for monitoring a fleet of educational buildings focusing on energy efficiency. Sensors (Switzerland), 17(10), 1–15. https://doi.org/10.3390/s17102296

Budihartono, E., Nugraha, P. P., & ... (2021). Peningkatan Softskill Siswa Melalui Implementasi IoT Berbasis Arduino Bagi SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal. JMM (Jurnal …, 5(5), 2259–2265. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5251

Darto, D., Suprapto, A., & Dirgantara, W. (2021). Pendampingan Penerapan IoT untuk Monitoring dan Kontrol Listrik untuk Petani Hidroganik Desa Kanigoro Malang. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 315–325. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5107

Fuada, S., Ichsan, I. N., Pratama, H. P., Putri, D. I. H., Suranegara, G. M., Setyowati, E., & Fauzi, A. (2020). Workshop Internet-Of-Things untuk Guru dan Siswa Sekolah Menengah di Purwakarta, Jawa Barat, Guna Menunjang Kompetensi Era Industri 4.0. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 39. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i2.938

Huda, M., Sabanise, Y. F., & Sulasmoro, A. H. (2022). Peningkatan Softskil Kompetensi IOT Untuk Siswa-Siswi SMK Muhammadiyah 1 Kramat. Dharma Bakti, 5(1), 84–90. https://doi.org/10.34151/dharma.v5i1.3922

Khan, J. Y. (2019). Introduction to IoT Systems. Internet of Things (IoT), (January), 1–24. https://doi.org/10.1201/9780429399084-1

Kumar, S., Tiwari, P., & Zymbler, M. (2019). Internet of Things is a revolutionary approach for future technology enhancement: a review. Journal of Big Data, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40537-019-0268-2

Permendikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.

Sudrajat, B., Romadoni, F., & Herlan Asymar, H. (2022). Pelatihan Penerapan IoT Untuk Peningkatan Pengetahuan Teknologi Bagi Kader Kelurahan Sukasari Tangerang. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 107–113. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.323

Syauqy, D., Sari, Y. A., Adikara, P. P., Akbar, M. A., & Fitriyah, H. (2020). Peningkatan Kompetensi Keilmuan IOT Melalui Pelatihan Pengontrolan Perangkat IOT dengan Menggunakan Smartphone untuk Siswa SMK dan SMA di Kota Malang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 496–503. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i3.3785




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.17218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: