PENGUATAN JEJARING LULUSAN PROGRAM STUDI DOKTOR MANAJEMEN KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Suwito Eko Pramono, Arief Yulianto, Angga Pandu Wijaya

Abstract


ABSTRAK

Pengabdian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam konteks peningkatan keterlibatan dan penguatan jejaring lulusan dalam program studi di sebuah perguruan tinggi. Jejaring lulusan saat ini seolah tidak banyak dilibatkan dalam pengelolaan program studi karena dianggap berada di luar organisasi Pendidikan. Disisi yang lain, peran lulusan yang telah berada di indutri/dunia kerja dalam memberikan dukungan, saran, dan penguatan kepada program studi sangat signifikan. Terlebih, kesesuaian antara kurikulum program studi, kompetensi lulusan, dan harapan industri/dunia kerja seharusnya selaras. Selain itu, pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dan alumni. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Focus Group Discussion (FGD) dengan melibatkan alumni yang telah lulus dari program studi doktor manajemen kependidikan Universitas Negeri Semarang. FGD digunakan untuk mendapatkan masukan, umpan balik, dan pandangan dari alumni terkait dengan peran sebagai bagian dari jejaring lulusan, serta harapan terhadap program studi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelaksanaan FGD telah menciptakan interaksi yang aktif antara alumni dan program studi. Alumni memberikan masukan yang berharga terkait dengan kebutuhan industri, perkembangan karier, serta perbaikan dan pengembangan program studi. Masukan dari alumni memungkinkan perguruan tinggi untuk menyesuaikan kurikulum, menambahkan program pengembangan karier, serta meningkatkan kualitas pengajaran. Dalam jangka panjang, pengabdian ini juga berpotensi memperkuat jejaring lulusan dan meningkatkan keterlibatan dalam mendukung akreditasi program studi.

 

Kata kunci: jejaring lulusan; program studi; FGD; akreditasi.

 

ABSTRACT

This community service aims to explain and analyze the implementation of community engagement within the context of enhancing involvement and strengthening the alumni network within a college's study program. Additionally, this initiative seeks to reinforce the relationship between the college and its alumni. The method employed in this endeavor is Focus Group Discussion (FGD), which involves alumni who have graduated from the doctoral program in educational management at Universitas Negeri Semarang. FGD is employed to gather input, feedback, and perspectives from alumni regarding their roles within the alumni network, as well as their expectations for the study program. The results of this initiative indicate that the implementation of FGD has facilitated active interaction between alumni and the study program. Alumni have provided valuable insights concerning industry needs, career development, as well as enhancements and advancements in the study program. Input from alumni enables the college to adapt the curriculum, add career development programs, and enhance teaching quality. In the long run, this dedication also holds the potential to strengthen the alumni network and increase involvement in supporting the accreditation of the study program.

 

Keywords: alumni network; study program; FGD; accreditation.


Keywords


alumni network; study program; FGD; accreditation.

Full Text:

PDF

References


Akbar, R., & Mukhtar, M. (2020). Perancangan E-Tracer Study berbasis Sistem Cerdas. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 9(1). https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i1.631

Brudler, E., & Holtorf, H. (2018). On the alumni networking of the Postgraduate Programme Renewable Energy at the University of Oldenburg. Solar Energy, 173. https://doi.org/10.1016/j.solener.2018.07.062

Bui, M. T., & Jeng, D. J. F. (2022). Capture coproduction behavior in networking alumni communities: Progress from platform belongingness, knowledge sharing, and citizenship behavior. Journal of Enterprising Communities, 16(1). https://doi.org/10.1108/JEC-08-2021-0112

Falah, M. N., Donoriyanto, D. S., & Tranggono, T. (2021). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI ALUMNI BERBASIS ANDROID DENGAN MIT APP INVENTOR. JUMINTEN, 2(3). https://doi.org/10.33005/juminten.v2i3.225

Indana, L., & Soenarto, S. (2019). Vocational Career Center as the Bridge between Industry and Vocational High School Graduates. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 25(2). https://doi.org/10.21831/jptk.v25i2.19817

Mardzotillah, Q., & Ridwan, M. (2020). Sistem Tracer Study Dan Persebaran Alumni Berbasis Web Di Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 8(1).

Mona, E., M, H. R., V, S., & Sivakumari, M. S. (2021). Alumni Social Networking Site. International Journal of Scientific Research in Computer Science, Engineering and Information Technology. https://doi.org/10.32628/cseit2173104

Pambudi, R. B., Triayudi, A., & Andrianingsih, A. (2020). Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Tracer Study Alumni Berbasis Website. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4(3). https://doi.org/10.30865/mib.v4i3.2198

Rahman, A. (2022). Upaya Peningkatan Standar Kompetensi Lulusan. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 2(1).

Sahroni. (2019). Pemberdayaan Alumni Dalam Kerangka Otonomi Nonakademik Pada Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Indonesian Journal Of Adult and Community Aducation, Vol. 1, No(2).

Sudiyatno, S., & Wulandari, I. (2020). Evaluation of education and training programs in Solo Technopark Central Java in Indonesia. Research and Evaluation in Education, 6(2). https://doi.org/10.21831/reid.v6i2.36794

Sulhan, A. (2015). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Mutu Lulusan. Khazanah: Jurnal Edukasi.

Supriati, S., & Handayani, T. (2018). RELEVANSI LULUSAN PERGURUAN TINGGI DALAM PENEMPATAN KERJA. JOURNAL OF APPLIED BUSINESS ADMINISTRATION, 2(2). https://doi.org/10.30871/jaba.v2i2.1121




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.17255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: