Pelatihan calistung menggunakan media flash card bagi siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Permasalahan pada siswa SDN 1 Keruak bahwa ada beberapa siswa yang masih kesulitan dalam membaca, menulis dan berhitung. Tujuan Kegiatan pengabdian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dan angka. Metode pelaksanaan kegiatan dengan tahapan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Jumlah peserta kegiatan sebanyak 10 siswa. Hasil pengabdian bahwa kegiatan pelatihan calistung dengan menggunakan media Flash card diperoleh data sebesar 80% siswa ada peningkatan pemahaman dalam mengenal huruf dan angka.
Kata Kunci: calistung; pelatihan; media flash card
Abstract
The problem with SDN 1 Keruak students is that there are some students who still have difficulty in reading, writing and arithmetic. The purpose of this service activity is to improve the ability to recognize letters and numbers. The method of implementing activities with stages consists of planning, implementation and evaluation. The number of participants in the activity was 10 students. The results of dedication that calistung training activities using Flash card media obtained data of 80% of students there was an increase in understanding in recognizing letters and numbers.
Keywords: calistung; training; media flash card
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(UU RI No. 20 Th. 2003. (2016). Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 : (UU RI No.20 th.2003). In Jakarta Sinar Grafika 2016 (pp. 289–312).
Aisyah, N., Ridwan, R., Huda, H., Faisol, W., & Muawanah, H. (2022). Effectiveness of Flash Card Media To Improve Early Childhood Hijaiyah Letter Recognition. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3537–3545. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2097
Andi, A. S. N., Nggaruaka, T., & Kichi Hermansyah, A. (2019). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BACA TULIS HITUNG (CALISTUNG) BAGI MASYARAKAT DI DISTRIK ULILIN. Sarwahita, 16(02), 105–115. https://doi.org/10.21009/sarwahita.162.02
Anggraeni, A. dewi. (2018). KEGIATAN LITERASI MELALUI PEMBUATAN BAHAN AJAR CALISTUNG (MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG) DI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TK DI KECAMATAN LIMO DAN CINERE. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.528
Anugrahana, A. (2021). PENDAMPINGAN GURU DALAM PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR CALISTUNG BERBASIS MONTESSORI DI TK. Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 53–62. https://doi.org/10.56327/jurnalpkm.v2i2.28
Febiola, S., & Yulsyofriend. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036.
Haerunnisa, N., Abdillah, Pramita, D., Mahsup, Mandailina, V., Syaharuddin, Anwar, Y. S., Sirajuddin, Sudarwo, R., & Anam, K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Materi Program Linear Berbasis Aplikasi Desmos Terhadap Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 1(September), 2–9.
Hendrika Ramopoly, I., & Baka, C. (2023). Pelatihan Pembuatan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Calistung Bagi Guru UPT SDN 10 Rembon, Lembang Palesan, Kecamatan Rembon. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(12), 2980–2994. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.703
Istiningsih, G., Rochmayanti, S., Sari, F., Rahmawati, F. L., Kusumawati, V. D., & Saputro, A. W. H. (2022). Pengembangan Rumah Baca Berorientasi ESD (Education Sustainable Development) untuk Peningkatan Literasi Baca Tulis dan Numerasi bagi Warga Desa Cokro. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 725–732. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.17618
Mahsup, M., & Anwar, Y. S. (2018). PENGARUH METODE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA. Jurnal Ulul Albab, 22(2). https://doi.org/10.31764/jua.v22i1.584
Mahsup, M., Islahudin, I., & Anwar, Y. S. (2018). PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM MENENTUKAN VOLUME BANGUN RUANG BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 27. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.560
Mawene, A., & Lefaan, A. V. (2019). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN CALISTUNG BAGI MAHASISWA STPAK St. YOHANES RASUL WAENA TAHUN AKADEMIK 2017/2018. JURNAL PENGABDIAN PAPUA, 2(2). https://doi.org/10.31957/.v2i2.652
Miatin Rachmawati, & Bonde, S. N. H. M. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Flash Card (Strategi dan Implementasi). Munawalah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(1), 15–27.
Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612
Risnawati, Ernawati, & Lismayanti, D. (2022). Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Calistung Bagi Guru Paud Di Kabupaten Mukomuko. Martabe : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5, 821–828.
Simbolon, M. H., Lismardiana, Dumariani Silalahi, D., & Banjarnahor, S. M. T. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif TK Kana Nasional dengan pemanfaatan Multimedia. ULINA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.58918/ulina.v1i1.181
Ulzii, D., Kabot, S., & Reeve, C. (2022). A Comparison of iPad-Assisted and Flash Card-Assisted Instruction for Learners With Autism. Journal of Special Education Technology, 37(2), 203–214. https://doi.org/10.1177/0162643420979935
Utami, K. R., & Rahmawati, C. (2019). IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY USING FLASH CARDS. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(6), 845. https://doi.org/10.22460/project.v2i6.p845-851
Yessi, A., & Wijayanti, W. (2016). Pelatihan Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Sebagai Upaya Pemberantasan Buta Aksara Warga Dusun Setro Desa Gondoriyo Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. E-DIMAS, 7(1), 15. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v7i1.1035
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.17505
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: