PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA GURU DI SMAN 8 TANJUNG JABUNG TIMUR
Abstract
ABSTRAK
Dalam konteks Kurikulum Merdeka, ditekankan pentingnya menggabungkan unsur-unsur kearifan lokal dalam proses pembelajaran, yang bertujuan untuk mendukung pencapaian profil pelajar yang sesuai dengan prinsip Pancasila. Oleh karena itu, guru diharapkan untuk mempersiapkan materi pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka, yang mengintegrasikan elemen-elemen kearifan lokal. Namun, dalam praktiknya, masih terdapat temuan di lapangan, khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, di mana beberapa sekolah, seperti SMAN 8 Tanjung Jabung Timur, masih menggunakan bahan ajar yang mengacu pada kurikulum sebelumnya dan belum mengintegrasikan kearifan lokal atau aspek etnosains. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melatih guru-guru di SMAN 8 Tanjung Jabung Timur agar dapat mengembangkan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka yang mengintegrasikan kearifan lokal atau aspek etnosains. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan yang terdiri dari tiga tahapan, yakni persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan ini diadakan pada tanggal 7 Agustus 2023 di SMAN 8 Tanjung Jabung Timur. Hasil dari pelatihan ini adalah guru-guru SMAN 8 Tanjung Jabung Timur dapat memahami dengan baik konsep dan teknik penyusunan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka, yang mengintegrasikan elemen-elemen kearifan lokal atau aspek etnosains dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: alat peraga; perangkat pembelajaran; sensor; tracker.
ABSTRACT
In the context of the Independent Curriculum, the importance of combining elements of local wisdom in the learning process is emphasized, which aims to support the achievement of student profiles in accordance with the principles of Pancasila. Therefore, teachers are expected to prepare learning materials that are in accordance with the Independent Curriculum, which integrates elements of local wisdom. However, in practice, there are still findings in the field, especially in East Tanjung Jabung Regency, where several schools, such as SMAN 8 East Tanjung Jabung, still use teaching materials that refer to the previous curriculum and have not integrated local wisdom or ethnoscience aspects. The aim of this community service activity is to train teachers at SMAN 8 Tanjung Jabung Timur to be able to develop independent curriculum learning tools that integrate local wisdom or ethnoscience aspects. The method used in this activity is a workshop, which consists of three stages: preparation, implementation, and evaluation. This training activity was held on August 7, 2023, at SMAN 8 Tanjung Jabung Timur. The result of this training is that the teachers of SMAN 8 Tanjung Jabung Timur can understand well the concepts and techniques for preparing learning tools that are in accordance with the Independent Curriculum, which integrates elements of local wisdom or ethnoscience aspects in the learning process.
Keywords: learning device; sensor; tracker; teaching aid.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiana, A., & Fathoni, A. (2022). Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5721–5727. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3123
Andayani, Y., Anwar, Y. A. S., & Hadisaputra, S. (2021). Pendekatan Etnosains dalam Pelajaran Kimia Untuk Pembentukan Karakter Siswa: Tanggapan Guru Kimia di NTB. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 39–43. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2269
Asbanu, D. E. S. I., & Kasseh, Y. (2021). Identifikasi Konsep-Konsep Sains dalam Proses Pembuatan Sopi Timor di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(2), 142. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v9i2.4396
Atmojo, S. E., & Lukitoaji, B. D. (2020). Pembelajaran Tematik Berbasis Etnosains Dalam Meningkatkan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(2), 105–113. https://doi.org/10.21067/jip.v10i2.4518
Fahrozy, F. P. N., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Etnosains sebagai Upaya Belajar secara Kontekstual dan Lingkungan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4337–4345. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2843
Festiyed, F., Mikhayla, M. E., Diliarosta, S., & Anggana, P. (2022). Pemahaman Guru Biologi SMA di Sekolah Penggerak DKI Jakarta terhadap Pendekatan Etnosains pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 152–163. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2993
Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2018). Efektivitas Modul IPA Berbasis Etnosains Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 71. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p71-76
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Maryam, E., Fahrudin, A., & Romadon, R. (2022). Desain Kurikulum Pengajaran Fisika Terintegrasi Etnosain untuk Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(4), 1125–1130. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.754
Muhafid, E. A., & Retnawati, H. (2023). Persiapan Guru SDUntuk Menerapkan Kurikulum Merdeka Tahun 2022: Sebuah Studi Fenomenologi. Cermin: Jurnal Penelitian, 6(2), 637. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i2.2566
Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Etnosains Pasar Terapung Kalimantan Selatan dalam Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6280–6287. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1809
Risamasu, P. V. M., Pieter, J., & Gunada, I. W. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPA SMP Tema Perpindahan Kalor Berkonteks Etnosains Jayapura Papua. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 948–958. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1322
Septiani, D., & Listiyani, L. R. (2021). Inovasi Modul Etnosains: Jamu Tradisional Sebagai Pembelajaran Berbudaya dan Melek Sains. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 288–297. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.292
Sudarmin, Febu, R., Nuswowati, M., & Sumarni, W. (2017). Development of Ethnoscience Approach in The Module Theme Substance Additives to Improve the Cognitive Learning Outcome and Student’s entrepreneurship. Journal of Physics: Conference Series, 824, 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/824/1/012024
Thalaat, M., Wawan Mulyadi Purnama, & Nishfiya Ramdoniati. (2022). Analisis Implementasi Model Pembelajaran berbasis Etnosains dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Mujahidah, 3(1), 314–322. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v3i1.41
Verawati, N. N. S. P., Hikmawati, H., & Prayogi, S. (2023). Tren Studi Etnosains dalam Pendidikan STEM: Analisis Bibliometrik pada Abstrak Manuskrip Riset. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1050–1057. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1415
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.17774
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: