EDUKASI MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DALAM UPAYA MENJAGA LINGKUNGAN SEKOLAH MELALUI PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA DI SMPN 2 PRAYA TIMUR

Khairil Anwar, Zulkarnain Zulkarnain, Aliahardi Winata, Candra Candra, I Dewa Ketut Sakawibawa, Nurul Huda, Hairunisah Hairunisah, Raodatun Sarifah, Sirajuddin Sirajuddin

Abstract


ABSTRAK

Penanaman pengetahuan dan pendidikan karakter saat ini sangat penting untuk mendorong rasa keperdulian siswa dalam menjaga lingkungan terutama di lingkungan tempat mereka belajar. Salah satu progrm pendidikan lingkungan adalah program Adiwiyata dimana mendorong kesadaran warga sekolah terhadap pentingnya rasa tanggung jawab, gotong royong, merawat dan menjaga lingkungan sekolah. Terdapat banyak problem mengenai lingkungan sekolah,sehingga dengan adanya program Adiwiyata yang dilakukan ini dapat membentuk dan meningkatkan karakter peduli lingkungan. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi edukasi, sabtu bersih, lomba kebersihan kelas, memilah sampah organik dan non organik di sekolah SMPN 2 PRAYA TIMUR. Kegiatan ini dilaksanakanmulai tanggal 11 Agustus 2023yang diawali dengan proses koordinasi dengan pihak sekolah, observasi lingkungan, penyusunan jadwal, sosialisasi materi, pelaksanaan sosialisasi, pemantuan, penilaian indikator keberhasilan, evaluasi, serta refleksi yang dilakukan dengan pengamatan warga sekolah dalam melaksanakan program Adiwiyata. Kegiatan ini terlaksana dengan baik, tertib, dan lancar, serta berhasil memperlihatkan peran warga sekolah dalam menjaga, memelihara dan merawat lingkungan sekolah. Selanjutnya siswa dapat mengembangkan dan menumbuhkan karakter tanggung jawab, mandiri, gotongroyong, dan perduli terhadap lingkungan sekolahnya.

 

Kata kunci: sosialisasi; program adiwiyata; nilai karakter.

 

ABSTRACT

Planting knowledge and character education is currently very important to encourage students' sense of care in protecting the environment, especially the environment where they learn. One of the environmental education programs is Adiwiyata, its encourages school community awareness of the importance of a sense of responsibility, mutual cooperation, caring for and protecting the school environment. There are many problems regarding the school environment, so the Adiwiyata program carried out can shape and improve the character of environmental care. This activity was carried out in the form of educational socialization, clean Saturday, class hygiene competition, sorting organic and non-organic waste at SMPN 2 PRAYA TIMUR school. This activity was carried out on August 11, 2023 activities began with a coordination process with the school, environmental observation, schedule preparation, material socialization, socialization implementation, monitoring, success indicators, evaluation, and reflection carried out by observing school residents in implementing Adiwiyata schools. This activity was carried out so well, orderly and smoothly, and succeeded in showing the role of school residents in protecting, maintaining and caring for the school environment through this Adiwiyata education program. Furthermore, students can develop and foster the character of responsibility, independence, mutual cooperation and care for the school environment.

 

Keywords: socialization; adiwiyata program; character values.


Keywords


socialization; adiwiyata program; character values.

Full Text:

PDF

References


Dewi Ambarwati, Farida Istianah. (2018). “ETNOEKOLOGI SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SD NEGERI LIDAH KULON I/464 SURABAYA.” Jurnal PGSD 6. https://core.ac.uk/download/pdf/230634015.pdf.

Fathurrahman et al. (2022). “impelmentasi pembentukan karakter perduli linkungan melalui program adiwiyata.” pendidikan dan konseling 4. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10660/8141.

Hidayati1 et al. (2022). “UPAYA PEMBENTUKAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN HIDUP DAN KESEHATAN LINGKUNGAN SEKOLAH KEPADA SISWA MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA DI SDN 211/IV KOTA JAMBI.” JURNAL SALAM SEHAT MASYARAKAT 4. https://mail.online-journal.unja.ac.id/JSSM/article/download/23002/14875b.

Jannah1, Fathul et al. (2022). “Ge grafika.” Jurnal Geografika 3(2): 1–9.

Kumasalari, Dyah, Heri Susanto, Nurholipah Nurholipah, dan Saliman. (2022). “Implementasi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata.” pendidikan dan konseling 4.

Setioningrum, Rica Naudita Krisna, dan Jojok Mukono. (2020). “MPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA MANDIRI DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI PEMBELAJARAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMP NEGERI 12 SURABAYA -.” pendidikan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan 21. ournal.unj.ac.id/unj/index.php/plpb/article/view/14648.

Setyaningati, Martha, Putri Mahanani, dan Sa’dun Akbar. (2020). “Pembelajaran Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang.” pendidikan dasar nusantara 6. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14427.

Siti Badriyah Rushayati, M. Nur Aidi. (2018). “EFEKTIVITAS PROGRAM ADIWIYATA TERHADAP PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN WARGA SEKOLAH DI KOTA DEPOK.” pengelolaah sumber daya alam dan lingkungan 8. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jpsl/article/view/17706.

Tantri, Sa’dun Akbar, dan Winahayu sri Estu. (2021). “IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA BERBASIS PARTISIPATIF DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR.” sekolah dasar kajiam teori dan praktik pendidikan 30. https://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/14635.

Wahyudi, Tri Nur et al. (2020). “penanaman karakter sadar lingkungan melalui program adiwiyata di MIM potronayan 2 Boyolali.” Buletin KKN Pendidikan 2. https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10794/5693.

Yakub, Nasucha et al. (2020). “PENGUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM CINTA LINGKUNGAN DI MIM KRANGGAN, SUKAHARJON.” JOURNAL.UMS. Journals.ums.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: