PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN FOTO PRODUK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DIGITAL DAN QRIS PADA UMKM WOMENPRENUER BOGOR

Annisa Retno Utami, Kania Ratnasari, Fahririn Fahririn

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan bisnis digital menuntut pelaku usaha untuk dapat memanfaatkan media digital yang ada seperti promosi media sosial dan menerapkan pembayaran digital. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra pada kegiatan ini yaitu kurangnya kemampuan dalam melakukan promosi di media sosial, belum memiliki foto produk yang eye catching, belum mampu melakukan editing foto secara basic dan belum mengimplementasikan QRIS sebagai pembayaran digital. Tujuan kegiatan ini yaitu memberikan pemahaman mengenai media promosi Instagaram dan Whatsapp, melakukan mini workshop foto produk, editing foto dengan smartphone dan implementasi dan pendaftaran QRIS sebagai pembayaran digital. Mitra dalam kegiatan ini adalah pelaku UMKM yang merupakan Ibu-Ibu rumah tangga yang melakukan usaha atau biasa disebut dengan Womenpreneur yang terdiri dari 25 pelaku usaha seperti usaha makanan & minuman, fashion dan aksesoris. Metode kegiatan ini dengan Pra Kegiatan (identifikasi, klasifikasi dan persiapan), Pelaksanaan Kegiatan (Pre test & post test, Pelatihan dan Workshop, Pendaftaran QRIS), Evaluasi (Evaluasi dan Pelaporan). Hasil dari kegiatan ini yang dinilai dari hasil pre-test dan post-test terdapat perubahan siginifikan antara pengetahuan sebelum dilaksanakan pelatihan dan sesudah dilaksanakan pelatihan, selain itu peserta juga mampu melakukan foto produk yang lebih baik dari sebelumnya dan masing-masing pelaku usaha sudah memiliki QRIS yang dapat digunakan sebagai pembayaran digital.

 

Kata kunci: foto produk; promosi digital; QRIS; UMKM; womenpreneur

 

ABSTRACT

The development of digital business requires business actors to be able to take advantage of existing digital media such as social media promotion and implementing digital payments. The problems faced by partners in this activity are the lack of ability to promote on social media, do not have eye-catching product photos, have not been able to do basic photo editing and have not implemented QRIS as a digital payment. The purpose of this activity is to provide an understanding of Instagaram and Whatsapp promotional media, conduct mini product photo workshops, photo editing with smartphones and implementation and registration of QRIS as a digital payment. Partners in this activity are MSME actors who are housewives who do business or commonly referred to as Womenpreneur consisting of 25 business actors such as food & beverage, fashion and accessories businesses. The method of this activity is Pre-Activity (identification, classification and preparation), Implementation of Activities (Pre test & post test, Training and Workshop, QRIS Registration), Evaluation (Evaluation and Reporting). The results of this activity are assessed from the results of the pre-test and post-test there is a significant change between knowledge before the training and after the training, besides that participants are also able to take better product photos than before and each business actor already has QRIS that can be used as digital payment.

 

Keywords: product photos; digital promotion; QRIS; MSMEs; womenpreneur


Keywords


product photos; digital promotion; QRIS; MSMEs; womenpreneur

Full Text:

PDF

References


Annisa Retno Utami. (2022). Persepsi Pengggunaan E-wallet OVO pada Generasi Z di Masa Pandemi Covid-19. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(3), 409–415. https://doi.org/10.55123/mamen.v1i3.828

Febriaty, H. (2019). Pengaruh Sistem Pembayaran Non Tunai Dalam Era Digital Terhadap Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi), 6681(2), 307–313. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.47

Ferina Nurlaily, Priandhita Sukowidyanti Asmoro, E. K. A. (2021). Pelatihan Teknik Foto Produk Menggunakan Smartphone untuk Meningkatkan Visual Branding Usaha Rintisan. J-Abdi, 19(1), 1–9.

Huda, M., Prasetyo, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Bangsa, P. (2020). Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Pada UMKM Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, 8(2), 2020.

Hutagalung, R. A., Nainggolan, P., & Panjaitan, P. D. (2021). Analisis Perbandingan Keberhasilan UMKM Sebelum Dan Saat Menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Ekuilnomi, 3(2), 94–103. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v3i2.260

Kedungdalem, D., & Probolinggo, K. (2023). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING KEPADA PELAKU UMKM. 7(September), 1536–1543.

Rahmayanti, H. D. (2021). Pendampingan Foto Produk Umkm Komunitas Saung Taleus Di Kota Bogor Menggunakan Ponsel Cerdas. Jurnal Pekamas, 1(2), 79–83. https://doi.org/10.46961/pkm.v1i2.465

Saputri, O. B. (2020). Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital. Journals of Economics and Business Mulawarman, 17(2), 1–11.

Saragih, S. P. (2019). Technology Acceptance of Digital Payment System Pada Pelaku Umkm Di Kota Batam. Computer Based Information System Journal, 7(2), 82–90. https://doi.org/10.33884/cbis.v7i2.1402

Tahalea, S. (2016). Fotografi Produk Sebagai Sarana Promosi Produk Lampu Untuk Perajin Lampu di Nitiprayan, Yogyakarta. Fotografi, 40–48.

Tompo, H., Sri, E., Haqqu, K., & Rifaham, I. H. (2023). DI KOTA BAUBAU. 7(September), 1671–1676.

Ulf, I. (2020). Tantangan dan Peluang Kebijakan Non-Tunai: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(1), 55–65.

UTAMI, A. R., & WULANDARI, E. (2021). Digital Marketing Training on Social Media and E-Commerce in Mojo Shoe Business. Iccd, 3(1), 129–133. https://doi.org/10.33068/iccd.vol3.iss1.320

Utami, A. R., Widiati, E., & Fahririn, F. (2022). DIGITAL MARKETING TRAINING FOR WOMENPRENEUR MSMES IN AN. 4(1), 313–318.

Wardhani Mas, K., Finatsiyatull Rosida, D., Abidin Achmad, Z., Defi Anita, N., Muruah, I., & almira Nur Aini, Z. (2022). Pendampingan Penggunaan Platform Digital untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Desa Kebondalem. ETDC Indonesia, 1(1), 428–436.

Widiati, E., & Ratnasari, K. (2021). Optimalisasi Media Sosial Instagram Dalam. 4(2), 84–90.

Widowati, N., & Khusaeni, M. (2022). Adopsi Pembayaran Digital Qris Pada Umkm Berdasarkan Technology Acceptance Model. ..Journal of Development Economic and Social Studies, 01(2), 325–347.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: