PENDAMPINGAN BAHASA INGGRIS YANG MENYENANGKAN BAGI SISWA SMPN DI PINGGIRAN KOTA MATARAM

Ilham Ilham, Irwandi Irwandi, Hijril ismail, Fauzi Bafadal, M. Hudri, Hidayati Hidayati, Rima Rahmaniah

Abstract


ABSTRAK

Berdasarkan survey awal yang dilakukan oleh tim PKM pengabdian masyarakat Univeritas Muhammadiyah Mataram, tim menemukan bahwa siswa-siswa di SMPN 17 Mataram mengalami kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris, hal ini disebabkan karena kurangnya  pembelajaran yang bervariasi yang mengapilkasikan teknik-teknik pembelajaran yang menyenangkan. Mitra sasaran dari kegiatan pelatihan ini adalah siswa kelas VII SMPN 17 Mataram sejumlah 35 orang. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa dalam pembelajaran bahasa. Kegiatan ini bertemakan kegiatan belajar bahasa inggris yang menyenangkan dengan metode games untuk menyampaikan materi bahasa inggris yang menyenangkan.  Metode dalam pelatihan dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan.  Pencapaian hasil pengabdian masyarakat ini adalah menigkatnya kemampuan peserta dalam menguasai beberapa kosakata dengan benar, peserta telah memahami  cara menulis kalimat sederhana dengan benar dan peserta dapat berbicara bahasa Inggris.

 

Kata kunci: belajar bahasa inggris; pembelajaran yang menyenangkan; games

 

ABSTRACT

Based on an initial survey conducted by the community service team of Muhammadiyah Mataram University, the team found that students at SMPN 17 Mataram had difficulty learning English, this was due to the lack of varied learning that applied fun learning techniques. The target partners of this training activity are seventh grade students of SMPN 17 Mataram totaling 35 people. This community service activity aims to improve students' English language skills in language learning. This activity is focused on fun English learning activities with the method of games to deliver fun English material.  The method in training is carried out using the training method.  The results of this community service is the improvement in the ability of participants to master some vocabulary correctly, understood how to write simple sentences correctly and speak simple English.

 

Keywords: learning English; fun learning; games


Keywords


learning English; fun learning; games

Full Text:

PDF

References


Farida, E., & Tahsim. (2023). Pelatihan dan pendampingan pembelajaran Bahasa Inggris dasar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa Magenta English Course. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 17–26.

Fitriani, S., & Ilyas, H. P. (2021). Teknik pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan untuk taman kanak-kanak. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 259–268. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.10129

Ilham, I., Hudri, M., Irwandi, I., Rahmaniah, R., Ismail, H., & Hidayati, H. (2023). Pendampingan Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak Di Panti Asuhan Muhammadiyah Mataram. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1440. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14714

Ilham, I., & Irwandi, I. (2022). Pendampingan Percakapan Bahasa Inggris Bagi Pramusaji Kedai Di Kawasan Wisata. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 2981–2992. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/9329%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/viewFile/9329/pdf

Ilham, I., Ismail, H., Irwandi, I., Hidayati, H., Rahmania, R., & Hudri, M. (2022). Pelatihan Percakapan Bahasa Inggris Bagi Pedagang Asongan Di Kawasan Wisata Pantai Senggigi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 3017–3022. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.12198

Ilham, Irwandi, Isnaini, Y., Rahmaniah, R., Hudri, M., & Bafadal, M. F. (2021). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Pada Santri Pondok Pesantren Nurul Huda (PPNH) Sukaraja. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 1051–1060. https://doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.4046

Ilham, Isnaini, Y., Irwandi, Lukman, & Ismail, H. (2022). Pelatihan TOEFL (Test of English ss Foreign Language) Bagi Guru-Guru Pesantren. Journal of Character Education Society), 5(3), 715–725. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v3i1.9228https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX

Ismail, H., Edi, Lukman, & Ilham. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Para Penjual di Pantai Pink Lombok. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 856–861.

Isnaeni, M., Nuriadi, Fadjri, M., Muhaimi, L., & Fitriana, E. (2022). pelatihan Penggunaan Istilah-Istilah Teknis Bahasa Inggris Pariwisata untuk meningkatkan profesionalisme pemandu wisata Lokal di Dusun Ende Lombok Tengah. Darma Diksani, 2(1), 42–43.

Nugrahini, Y., & Rakhmawati, I. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris “Fun English” Melalui Storytelling Dan Crafting Untuk Meningkatkan Vocabulary. JUPADAI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 115–123. http://jurnal-adaikepri.or.id/index.php/JUPADAI/article/view/31

Rihlah, J., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., & Authar, N. (2022). English is Fun: Pelatihan Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 3(3), 541–546. https://doi.org/10.47679/ib.2022255

Romala, A. G. S., Wedhowerti, W., Setiajid, H. H., Manggala, S. A., Astuti, E. P., Brameswari, C., & Nirwinastu, D. G. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini dengan Fun English. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 148–159. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v8i2.4282

Sari, C. maya I., & Yustisiana, R. A. (2019). Fun Learning English dengan Media Games di SDN 02 Mojorejo Madiun. Jurnal Warta Abdimas, 2(1), 61–68.

Simorangkir, I. M., Zaimar, Y. S., & Passandaran, Y. M. (2022). Kegiatan Fun English Bagi Anak-Anak Di Panti Asuhan Ciangsana Bogor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 682–688. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8324

Somba, S., & Saraswati, R. (2020). Pelatihan metode Pembelajaran Masak (Mudah, Asyik, Santai, Aktif, Kreatif) terhadap penguasaan Kosakata dan mendengarkan bahasa Inggris guru PAUD RA Bintang Sembilan Cipayung Depok. Jurnal PKM:Pengandian Kepada Masyarakat, 03(04), 378–386.

Utomo, D. T. P., Raharjo, P., Rokhman, A., & Ahsanah, F. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Anak Pekerja Migran Indonesia di Malaysia melalui “ Fun Easy English .” Lumbung Inovasi, 8(1), 1–10




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: