UPAYA PENINGKATAN EKSISTENSI PERAN FARMASIS MELALUI EDUKASI APOCIL KENAL DAGUSIBU

Recta Olivia Umboro, Fitri Apriliany, Anita Mursiany, Dedent Eka Bimmaharyanto Sarsono, Dwi Monika Ningrum

Abstract


ABSTRAK

Farmasis atau yang lebih dikenal dengan nama apoteker merupakan salah satu profesi yang memiliki peran yang cukup signifikan dalam dunia kesehatan khususnya dibidang obat. Walau telah diakui secara undang-undang oleh negara,  namun masih banyak dari masyarakat Indonesia yang belum mengenal peran dan fungsi dari apoteker. Kegiatan edukasi dengan tema APOCIL kenal DAGUSIBU yang berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) NW Karang Bata Mataram bertujuan untuk untuk memperkenalkan profesi apoteker sekaligus untuk menciptakan agen perubahan sadar obat sedini mungkin di masyarakat. Peserta edukasi merupakan siswa usia sekolah (6-12 tahun). Metode edukasi dilakukan menggunakan media pembelajaran audio-visual (power point, video animasi Acil-DAGUSIBU) dan Game Base Learning. Evaluasi dilakukan melalui kegiatan pretest dan posttest. Pelaksanaan kegiatan dihadiri oleh 40 orang peserta sekolah dasar kelas 3,4,5. Hasil kegiatan berupa terpilihnya duta apocil dan diperoleh nilai rata-rata evaluasi kegiatan pretest yang sebesar 40.00 dan nilai rata-rata posttest sebesar 90.00.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan edukasi ini berdampak pada perubahan sikap  pemahaman dan pengetahuan dari peserta, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai evaluasi sesudah diberikan perlakuan sebesar 125%.

 

Kata kunci: edukasi; APOCIL; DAGUSIBU.

 

ABSTRACT

The profession of pharmacists, or just pharmacists, is important to the health sector, particularly in the area of medicine. Many Indonesians are still unaware of the role and function of pharmacists, despite the fact that the state has officially recognised them. The goal of the educational programme with the title "APOCIL knows DAGUSIBU," which is held at Madrasah Ibtidaiyah (MI) NW Karang Bata Mataram, is to raise awareness of drugs early in society and promote the profession of pharmacy. Participants in education are students in school (6–12 years old). Game Base Learning and audio-visual learning resources (Power Points, Acil-DAGUSIBU animated movies) are used in the instructional approach. Activities for the pretest and posttest are used for evaluation. Forty primary school students in grades three, four, and five participated in the exercise. The activity resulted in the selection of Apocil ambassadors; the average score on the pretest activity evaluation was 40.00, and the average score on the posttest was 90.00. Therefore, it can be said that this educational exercise has an effect on how the participants perceive and feel about themselves, as seen by the evaluation ratings rising by 125% following treatment.

 

Keywords: education; APOCIL; DAGUSIBU.


Keywords


education; APOCIL; DAGUSIBU.

Full Text:

PDF

References


Amanda, S., Rosidin, U., & Permana, R. H. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Senam Diabetes Melitus terhadap Pengetahuan Kader Kesehatan Pendahuluan Diabetes Melitus ( DM ) adalah penyakit genetik dan terjadi ketika kadar gula dalam darah tidak berada pada nilai seharusnya yang bisa disebabkan karena. Media Karya Kesehatan, 3(2), 162–173. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/mkk.v3i2.25656

Arimbawa, P. E., Ayu, D., & Satrya, P. (2020). Sosialisasi apoteker cilik (apocil) di sd negeri 3 tonja denpasar. UNBI Mengabdi, 1(1), 18–22.

Atmadani, R. N. I. R. H. (2020). Pelatihan Apoteker Cilik dan DaGuSiBu bagi Siswa SDN Losari di Singosari Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian UNDIKMA :, 1(2), 77–81. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jpu.v1i2.2966

Benar, D. A. N., Desa, D. I., & Jae, M. (2020). Penyuluhan tentang cara penggunaan obat yang baik dan benar di desa manunggang jae. 8(1), 26–28. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v8i1.1486

Dewi, N. P., & Listiowarni, I. (2021). JURNAL RESTI Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(10), 3–6. https://doi.org/https://doi.org/10.29207/resti.v3i2.885

Indrayudha, P., Mahardika, U. N., Dewi, B. A., & Maharani, J. W. (2019). Pengaruh Penyuluhan Swamedikasi Diare terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Sidomulyo Makam Haji Kartasura. The 10th University Research Colloqium 2019 : Bidang Pengabdian Masyarakat, 69–73.

Khairuddin, N. S. binti, & Mailok, R. B. (2020). Pembelajaran Berasaskan Permainan Dalam Mata Pelajaran Sejarah Menggunakan Teknik Mnemonik. Journal of ICT in Education (JICTIE), 7(1), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.37134/jictie.vol7.1.2.2020

Monica, B., Mulyanto, F., & Rahmi, A. (2019). 1 2 3 123. Jurnal Borneo Cendikia, 3(1), 67–70. https://journal.stikesborneocendekiamedika.ac.id/index.php/jbc/article/view/136

Mustar, Y. S., Susanto, I. H., & Bakti, A. P. (2018). Pendidikan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 2(2), 37–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v2i2.359

Pongai, M. J., Studi, P., Universitas, P., Manado, N., Tiwa, T. M., Studi, P., Universitas, P., Manado, N., Kapahang, G. L., Studi, P., Universitas, P., Manado, N., & Praoperasional, U. (2022). STUDI TENTANG PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRA-OPERASIONAL YANG INTENSITAS. Psikopedia, 3(4), 259–265. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/psikopedia/article/view/5678

Prasetyawati, I., Purnama, T., Yogyakarta, U. N., No, J. K., & Yogyakarta, K. (2013). PENDIDIKAN KESEHATAN SEKOLAH SEBAGAI PROSES PERUBAHAN PERILAKU SISWA. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(November), 141–147. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v9i2.3017

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1910–1917. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690

Umboro, R. O., Ulandari, A. S., & Ramdaniah, P. (2022). Peningkatan kesadaran menjaga kesehatan diri dan lingkungan pada anak usia sekolah. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2027–2033. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11488

Wahyuningsih, S. (2021). Edukasi apoteker cilik terkait pengenalan obat kepada siswa kelas 5 SD Negeri Mangkura 1 Makassar. INDRA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 0–3. https://doi.org/10.29303/indra.v2i2.132

Widiana, I. W. (2022). Game Based Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.48925




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.19833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: