ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBAHAN LIMBAH CANGKANG SAWIT DALAM PENGENALAN WARNA ANAK USIA DINI

Rini Mustikasari Kurnia Pratama

Abstract


ABSTRAK

Pembelajaran pada anak usia dini dituntuk yang bersifat menyenangkan, kreatif, dan inovatif sehingga mudah diingat khususnya dalam pengenalan warna. Hal ini memberikan stimulus anak usia dini dalam perkembangan kemampuan kognitifnya. Permasalahan yang umum adalah monotonnya alat permainan edukatif (APE) yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dikembangkan APE dengan memanfaatkan limbah dari cangkang sawit. Sasaran kegiatan berjumlah 22 orang, yaitu peserta didik PAUD Al- Farhad Desa Tanjung Marwo, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu menstimulasi perkembangan kognitif anak melalui media pembelajaran yang menyenangkan dan mudah diingat oleh anak usia dini dengan memanfaatkan limbah dari cangkang sawit yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar.  Kegiatan dilakukan dengan melakukan demonstrasi langsung kepada peserta didik. Hasil pelaksanaan kegiatan ini anak usia dini menjadi mudah mengingat warna, dan aktif mengutarakan pendapatnya dengan APE limbah cangkang sawit.

 

Kata kunci: cangkang sawit; APE; anak usia dini

 

ABSTRACT

Learning in early childhood is intended to be fun, creative and innovative so that it is easy to remember, especially in recognizing colors. This provides stimulus for early childhood in the development of their cognitive abilities. A common problem is the monotony of educational game tools used in the learning process, so educational game tools was developed by utilizing waste from palm kernel shells. The target of the activity was 22 people, namely Al-Farhad Early Childhood Education students, Tanjung Marwo Village, Muara Tembesi District, Batanghari Regency, Jambi Province. The aim of this community service is to help stimulate children’s cognitive development through learning media that is fun and easy for young children to remember by utilizing waste from palm shells which is easily available in the surrounding environment. Activities are carried out by conducting direct demonstrations to students. As a result of implementing this activity, young children can easily remember colors and actively express their opinions with palm shell waste educational game tools.

 

Keywords: palm kernel shell; educational game tool; early childhood


Keywords


palm kernel shell; educational game tool; early childhood

Full Text:

PDF

References


Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. As-Sabiqun, 4(2), 443–455. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1780

Fitriana, D. (2021). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Journal of Chilhood Education, 1–23.

Novita, D., & Megawati, A. (2019). Pemanfaatan Kreativitas Daur Ulang Sebagai Alat Permainan Edukatif Untuk Stimulasi Membaca Anak Usia Dini. Simposium Nasional Ilmiah, November, 947–952. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.314

Rahmawati, H., Fatmawati, T. Y., Efni, N., & Ariyanto, A. (2023). Optimalisasi Gerakan Nusantara Tekan Obesitas (GENTAS) pada Remaja. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 5(2), 375. https://doi.org/10.36565/jak.v5i2.538

Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381–387. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293

Sakerani, S., & Sari, D. D. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Lingkungan Dan Barang Bekas Untuk Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1353. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13551

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692

Yanthi, N., Yuliariatiningsih, M. S., Hidayah, N., & Sari, M. P. (2020). Pemanfaatan Limbah Bahan Tekstil Menjadi Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.363




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.20003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: