Sosialisasi tenaga kesehatan terkait pengenalan sistem aplikasi perancangan SIMKLINIK di Klinik Modern

Nanta Sigit, Rea Ariyanti

Abstract


Abstrak

Klinik Modern merupakan satu diantara klinik rawat inap pratama yang terdapat di Kabupaten  malang yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara perorangan, dimana rata-rata  kunjungan pasien di klinik moderna berkisar 50 pasien per hari. Setiap fasilitas pelayanan kesehatan  termasuk klinik wajib menyelenggarakan rekam medis. Salah satu sistem yang dilaksanakan dalam  unit rekam medis adalah Rekam medis elektronik merupakan rekam medis yang penyelenggaraannya dilakukan dengan sistem elektronik. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dalam perancangan sotware SIMKLINIK di klinik modern. Rekam medis elektronik paling sedikit dilakukan kegiatan registrasi pasien, ditribusi data rekam medis elektronik, pengisisan informasi klinis, pengolahan informasi rekam medis elektronik, pengimputan data, penyimpanan data rekam medis elektronik, menjamin mutu , transfer isi rekam medis. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 3 kali dengan metode sosialisasi dan diskusi interaktif mengenai pelaksanaan  sistem penyimpanan rekam medis yang dilakukan kepada petugas kesehatan. Dari hasil evaluasi,  diketahui bahwa pengetahuan petugas kesehatan antara sebelum dan sesudah diberikan sosialisasi  meningkat sebesar 70%, dimana sebelum diberikan edukasi, rerata nilai pretest sebesar 56.00 dan  setelah diberikan edukasi rerata nilai postest menjadi 95.00. Kegiatan ini perlu dilakukan secara rutin sebagai  upaya meningkatkan kemampuan petugas kesehatan dalam melakukan sistem perancangan aplikasi SIMKLINIK di klinik modern.

 

Kata kunci: klinik modern; rekam medis; sistem perancangan SIMKLINIK

 

Abstract

The Modern Clinic is one of the primary inpatient clinics in Malang Regency which provides individual health services, where the average number of patient visits at the Moderna clinic is around 50 patients per day. Every health service facility, including clinics, is required to maintain medical records. One of the systems implemented in the medical records unit is the electronic medical record, which is a medical record that is maintained using an electronic system. The aim of this activity is to increase knowledge in designing SIMKLINIK software in modern clinics. Electronic medical records include at least patient registration activities, distribution of electronic medical record data, filling in clinical information, processing electronic medical record information, data entry, storing electronic medical record data, ensuring quality, transferring the contents of medical records. This activity was carried out 3 times using socialization methods and interactive discussions regarding the implementation of the medical record storage system for health workers. From the evaluation results, it is known that health workers' knowledge between before and after being given socialization increased by 70%, where before being given education, the average pretest score was 56.00 and after being given education the average posttest score was 95.00. This activity needs to be carried out regularly as an effort to improve the ability of health workers in designing the SIMKLINIK application system in modern clinics.

 

Keywords: modern clinic; medical records; SIMKLINIK design system


Keywords


modern clinic; medical records; SIMKLINIK design system

Full Text:

PDF

References


Abda’u, P. D., Winarno, W. W., & Henderi, H. (2018). Evaluasi Penerapan SIMRS Menggunakan Metode HOT-Fit di RSUD dr. Soedirman Kebumen. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 46. https://doi.org/10.29407/intensif.v2i1.11817

Andi Dermawan Putra, Muhammad Siri Dangnga, & Makhrajani Majid. (2020). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Dengan Metode Hot Fit Di Rsud Andi Makkasau Kota Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 3(1), 61–68. https://doi.org/10.31850/makes.v3i1.294

Daerina, S. R. F., Mursityo, Y. T., & Rokhmawati, R. I. (2018). Evaluasi Peranan Persepsi Kegunaan dan Sikap Terhadap Penerimaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di Rumah Sakit Daerah Kalisat. 2(11).

Hariana, E., Sanjaya, G. Y., Rahmanti, A. R., & Nugroho, E. (2013). Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Di Diy.

Hendra Rohman, & Selin Sheralinda. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Rawat Jalan dan Pelayanan Persalinan di Klinik Berbasis Web. Jurnal Kesehatan Vokasional, 5(1), 66. https://doi.org/h ps://doi.org/10.22146/jkesvo.50482

Jatayu, A. M., & Sigit, N. (2023). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Dalam Mengatasi Ketidaklengkapan Catatan Medis (Klpcm) Rawat Jalan Menggunakan Google Spreadsheet. 2(1).

Kusumawardana, H. A. (2023). Gambaran Ketidaklengkapan Informed Consent Pada Kasus Bedah Di Rs Panti Waluya Sawahan. 2(1).

Lunga, S. R. (2023). Hubungan Motivasi Kerja Petugas Kesehatan Dengan Kepatuhan Pengisian Berkas Rekam Medis Di Puskesmas Kedungkandang. 2(1).

Mudiono, D. R. P., & Roziqin, Moch. C. (2020). Evaluasi Penerapan SIMRS Ditinjau Dari Aspek Kualitas Informasi, Penggunaan Sistem dan Organisasi di RSU Dr. H. Koesnadi Bondowoso. Jurnal Kesehatan, 7(3), 103–110. https://doi.org/10.25047/j-kes.v7i3.94

Odelia, E. M. (2018). Pengembangan Kapasitas Organisasi Melalui Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. Mohamad Soewandhie Surabaya. 6.

Setyawan, D. (2016). Analisis Implementasi Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Pada Rsud Kardinah Tegal. 1(2).

Sigit, N., & Ariyanti, R. (2023). Penggunaan Media Aplikasi Pojok Kampung Guna Meningkatkan Pengetahuan Kader Dalam Menurunkan Kejadian Hipertensi. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 29. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12456

Wahyuni, T., & Parasetorini, A. (2019). Metode HOT FIT Untuk Mengukur Tingkat Kesiapan SIMRS Dalam Mendukung Implementasi E-Health. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 7(1), 75. https://doi.org/10.33560/jmiki.v7i1.217

Warti, L. V. F., Ariyanti, R., Sigit, N., & Malang, S. P. W. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan Umum Di Puskesmas Bareng. 2(1).

Yudarmawan, R. A. (2020). Perancangan User Interface dan User Experience SIMRS pada Bagian Layanan. 1(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.21158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: