Pemanfaatan barang bekas dalam menunjang keterampilan dan kreativitas siswa
Abstract
Abstrak
Umumnya barang bekas pakai dianggap sebagai sesuatu yang tidak bermanfaat dan cenderung menjadi limbah. Guna mengoptimalkan kegunaan barang bekas diperlukan kreativitas untuk mendaur ulang dan mengubahnya menjadi barang yang memiliki nilai. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan di SMK Bhineka Tunggal Ika Pontianak bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa melalui pemberian pelatihan, pendampingan, dan praktik langsung pemanfaatan barang bekas pakai seperti botol kaca bekas dan kardus bekas untuk diubah menjadi alat musik sederhana dan ornamen berupa hiasan dinding. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu Participatory Learning and Action (PLA) yang menekankan partisipasi aktif dari peserta pelatihan untuk dapat belajar dan bertindak mandiri. Hasil yang didapatkan dari pengabdian ini yaitu siswa dan siswi SMK Bhineka Tunggal Ika dapat membuat nada harmonis sesuai dengan tangga nada dari pemanfaatan botol kaca bekas, selain itu juga dapat membuat hiasan dinding yang baik dan menarik. Evaluasi pelaksanaan pelatihan dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa yaitu sebesar 36,31%, artinya terdapat perubahan positif yang diterima peserta dalam mengikuti pelatihan pengolahan barang bekas.
Kata kunci: pelatihan; barang bekas; keterampilan; kreativitas; smk bhineka tunggal ika
Abstract
Generally used goods are considered as something that is not useful and tends to become waste. In order to optimize the use of used goods, creativity is needed to recycle them and turn them into items that have value. Community service carried out at Bhineka Tunggal Ika Vocational School Pontianak aims to improve students' understanding and skills through providing training, mentoring and direct practice in using used items such as used glass bottles and used cardboard to be turned into simple musical instruments and ornaments in the form of wall hangings. The method used in this service is Participatory Learning and Action (PLA) which emphasizes the active participation of training participants to be able to learn and act independently. The results obtained from this service are that students of the Bhineka Tunggal Ika Vocational School can make harmonious notes according to the musical scale from using used glass bottles, apart from that they can also make good and attractive wall decorations. Evaluation of training implementation is carried out to determine whether or not there has been an increase in knowledge and skills. Based on the calculation results, it was found that the increase in students' knowledge and skills was 36.31%, meaning that there were positive changes received by participants in taking part in used goods processing training.
Keywords: training; secondhand; skills; creativity; bhinneka tunggal ika vocational school
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Buana, T., & Maharani, D. (2022). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) Dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 16(2), 34–44. https://doi.org/10.33557/ji.v16i2.2227
Darmawan, D., Alamsyah, T. ., & Rosmilawati, I. (2020). Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan di Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 160–169. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.41400
Harahap, A. S. (2019). Teknik Wawancara Bagi Reporter Dan Moderator Di Televisi. Komunikologi, 16(9), 11510. https://doi.org/https://doi.org/10.47007/jkomu.v16i01.202
Hasibuan, M. R. R. (2023). Manfaat Daur Ulang Sampah Organik Dan Anorganik Untuk Kesehatan Lingkungan. Jurnal Ilmiah Lingkungan , 2(3), 1–11.
Juniawan, F. P., Sujono, Sylfania, D. Y., & Hamidah. (2023). Pembuatan Desain Kemasan Produk Untuk Pemberdayaan Industri Rumah Tangga Dengan Metode Participatory Learning and Action. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i1.3851
Lestanti, S., & Budiman, S. N. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Barang Bermanfaat Bagi Masyarakat di Masa Pandemi. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 77–86. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.660
Mufidah, S. N., & Angge, I. C. (2022). Penerapan Ragam Hias Ringin Contong Sebagai Hiasan Dinding Oleh Siswa Kelas VII SMP Ainul Ulum Mojoagung. Jurnal Seni Rupa, 10(4), 29–41.
Nisa, K., & Ain, S. Q. (2023). Pemanfaatan Barang Bekas Pada Pembelajaran Seni Rupa Untuk Menunjang Kreativitas Siswa Kelas IV A SDN 115 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 3021–3028.
Rahmadani, A., Syariful, S., & Restavia, O. (2022). Dampak Program Kampus Mengajar Terhadap Keterampilan Pemberian Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar: Studi Kualitatif pada Mahasiswa BKI Universitas Al-azhar Indonesia. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 7(1), 66. https://doi.org/10.36722/sh.v7i1.996
Rezieka, D. G., Wibowo, D. V., Fatmawati, F., & Insiyah, M. (2021). Rejuvinasi Strategi Pengembangan Kreativitas Anak di PAUD. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 31–46. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8186
Riskiono, S. D., Hamidy, F., & Ulfia, T. (2020). Sistem Informasi Manajemen Dana Donatur Berbasis Web Pada Panti Asuhan Yatim Madani. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(1), 21. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.670
Rukiyati, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Membentuk Balok Bangunan Melalui Metode Praktik Langsung Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 135–150. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.522
Rusi, I., Lailiya, M., & Riyadi, D. S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Generasi Muda dalam Etika Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 830. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5772
Shenita, A., Oktavia, W., Aditya Rahman, N., Lisfi Irmareta, I., Subrata, H., Rahmawati, I., & Lutfi Choirunnisa, N. (2022). Pembelajaran Seni Musik Botol Kaca Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Steam Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 155–167. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.4939
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya, 4(2), 88–100.
Sulistiyanto, S., Saprudin, U., Sari, E. G., & Ikhsanto, M. N. (2023). Ujian Kompetensi Keahlian Sebagai Penilaian Kesiapan Siswa Memasuki Dunia Kerja Di Smkn 3 Metro. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 979. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.13987
Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 286. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.21160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: