Pelatihan kewirausahaan dan promosi berbasis digital bagi kelompok tani desa Oeltua
Abstract
Abstrak
Penumbuhan jiwa wirausaha dapat memberikan manfaat finasial maupun non finansial. Namun, dengan terbatasnya informasi, kemauan, kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan masyarakat menjadi tantangan tersendiri dalam mewujudkan minat masyarakat untuk berwirausaha, terlebih di era digital saat ini. Perubahan teknologi informasi menyebabkan perkembangan pola hidup masyarakat ke arah digitalisasi. Salah satu produk yang menjadi perhatian pemerintah dalam memberdayakan masyarakat adalah produk pertanian. Hadirnya kelompok Tani diharapkan dapat menjadi sarana dalam pengelolaan hasil tani guna mencapai kesejateraan masyarakat desa, namun dalam praktiknya hal ini belum optimal. Timbulnya persoalan kemiskinan melahirkan persoalan lain seperti meningkatnya angka putus sekolah, pengangguran dan stunting. Hal ini merupakan salah satu indikasi belum optimalnya pemanfaatan potensi pertanian desa. Ukuran keberhasilan kegiatan pengabdian ini dapat dilihat dari kembali beraktifitasnya kelompok tani desa Oeltua. Kegiatan pengabdian ini juga memperkenalkan metode wirausaha dan penjualan produk berbasis digital kepada masyarakat melalui akun media sosial. Hal ini dilakukan melalui pemberian materi tentang Membangun Wirausaha dalam Mendukung Perekonomian daerah dan materi digital marketing. Selanjutnya dilakukan pelatihan dan praktek digital marketing dengan tujuan untuk membangun sebuah sistem atau jaringan pemasaran bagi produk/hasil alam masyarakat desa Oeltua.
Kata kunci: pelatihan; kewirausahaan; promosi; digital; kelompok tani.
Abstract
Growing an entrepreneurial spirit can provide financial and non-financial benefits. However, with limited information, people's will, abilities, knowledge, and skills are a challenge in realizing people's interest in entrepreneurship, especially in today's digital era. Changes in information technology cause the development of people's lifestyles towards digitalization. One of the products that is of concern to the government in empowering the community is agricultural products. The presence of farmer groups is expected to be a means of managing agricultural products to achieve the welfare of rural communities, but in practice this is not optimal. The emergence of poverty problems gives birth to other problems such as increasing dropout rates, unemployment and stunting. This is one indication of the suboptimal utilization of village agricultural potential. The measure of success of this service activity can be seen from the return of Oeltua village farmer group activities. This service activity also introduces entrepreneurial methods and digital-based product sales to the community through social media accounts. This is done through the provision of material on Building Entrepreneurship in Supporting the Regional Economy and digital marketing materials. Furthermore, training and digital marketing practices were carried out with the aim of building a marketing system or network for natural products / products of the Oeltua village community.
Keywords: training; entrepreneurship; promotion; digital; farmer group.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
de Rosari, P. E., Jati, H., Makatita, R. F., & Neno, M. S. (2022). The Role of Village Owned Enterprises in Developing the Potential of a Village Based On Local Wisdom In The Indonesia-Timor Leste Border Region.
Dhae, Y. K. I. D. D., Fanggidae, R. P. C., Kamuri, K. J., & Aman, D. K. T. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Dan Digital Marketing Bagi Pemuda Desa Noelbaki Kabupaten Kupang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1152. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15038
Goetha, S., & Manafe, H. A. (2022). The Impact of customer engagement in the promotion of live streaming of marketplace products upon purchase intentions and Customer Acquisition In Kupang City. 5.
Goetha, S., Sinlae, A. A. J., Nani, P. A., Amaral, M. A. L., & Ketmoen, A. (2023). Pelatihan Perencanaan Bisnis Bagi BUMDes di Baumata. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Makandolu, S. M., Neno, M. S., & Goetha, S. (2023). Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Dalam Mewujudkan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Neno, M. S., Rosari, P. E. D., Fanggidae, A. H. J., & Anabuni, A. (2022). Pemberdayaan Bumdes “Nekafmese” Di Desa Oeltua Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 757–764. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1032
Riscal, D. A., & Sahbany, S. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing. . . Vol, 5.
Saleh, Y., Mustafa, R., Ismail, M., Wakhidah, N., Panigoro, S., & Pontoh, M. F. (2023). Sosialisasi Dan Pelatihan Pemasaran Berbasis Digital Dengan Menggunakan Media Sosial Pada Kelompok Tani Desa Botumoputi Kecamatan Tibawa. 2.
Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Umkm Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 2(3), 307. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10726
Solihin, D., Dewi, C. K., & Haryadi, R. M. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Ekonomi Digital Untuk Pelaku UMKM.
Suswadi, S., Irawan, N. C., Prasetyo, A., Mahananto, M., Prasetyowati, K., Daryanti, D., Kd, T. S., Suprapti, E., Budiyono, A., Supriyadi, T., & Wiyono, W. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Pemuda Tani Komoditas Hortikultura. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 201–209. https://doi.org/10.36728/ganesha.v3i2.2698
Wibowo, Hernawan, Alexander, Simbolon, Limajatini, Winata, & Gultom. (2022). Pelatihan Kewirausahaan dan Digital Marketing Bagi Pemuda dan Pemudi di Era Pandemi Covid 19 Kelurahan Kotabumi Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. ABDI DHARMA, 02(01), 5–10. https://doi.org/10.31253
Wijaya, & Saputra, M. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Pada Kelompok Pemuda Tani. WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER, 2(1), 49–53.
Zukhri, N., Setyawan, R. D., & Tohari, M. (2022). Pelatihan Kewirausahaan Digital Pemula (Digital Entrepreneurship) Bagi UMKM Desa Air Duren. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4830–4833. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1105
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.21543
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: