Pelatihan praktikum usaha dan energi untuk melatihkan keterampilan proses sains di Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan praktikum usaha dan energi kepada peserta didik di SD Negeri Ngeloh 1 Cepu Blora, agar keterampilan peserta didik dapat meningkat, selain itu learning loss peserta didik dapat berkurang. Jumlah peserta yang mengikuti dalam pelatihan praktikum ini yaitu 68 peserta didik kelas 4 yang terbagi dalam 2 kelas. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pelatihan yang dilaksanakan di sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu angket dan wawancara. Dari hasil angket yang diberikan kepada peserta didik, 95,24 % peserta didik menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan. Selain itu, dari hasil wawancara kepala sekolah dan guru didapatkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta didik terutama dalam praktikum sehingga peserta didik dapat mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini memiliki dampak positif bagi peserta didik, sekolah, guru, masyarakat, dan tim yaitu peningkatan pengetahuan dan keterampilan, peningkatan kesadaran lingkungan, peningkatan keterlibatan pembelajaran, peningkatan motivasi belajar, dan peningkatan kolaborasi. Harapan kami yaitu perlu adanya pengembangan kegiatan pelatihan praktikum yang lebih luas lagi dan pengembangan pengabdian masyarakat ke sekolah-sekolah yang belum terjangkau.
Kata kunci: keterampilan proses sains; pelatihan; peserta didik; praktikum.
Abstract
This Community Service aims to provide practical training on business and energy to students at Ngeloh 1 Public Elementary School, Cepu Blora, so that the students' skills can be enhanced, and learning loss can be reduced. The number of participants in this practical training is 68 fourth-grade students divided into 2 classes. The implementation method used in this activity is training conducted at the school. The data collection techniques used in this activity are questionnaires and interviews. From the results of the questionnaires given to the students, 95.24% of the students expressed that this activity was very enjoyable. Furthermore, from interviews with the school principal and teachers, it was found that this activity was very beneficial for the students, especially in the practical aspects, enabling them to relate the material to everyday life. This activity has positive impacts on the students, school, teachers, community, and team, including increased knowledge and skills, increased environmental awareness, increased learning engagement, increased learning motivation, and increased collaboration. Our hope is for the development of broader practical training activities and the expansion of community service to schools that have not yet been reached.
Keywords: science process skills; training; students; experiment.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bangun, G. J. F. Y., Wati, M., & Miriam, S. (2019). Pengembangan Modul Fisika Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Sosial Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 77–88.
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289
Eliyana, E. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Belajar Ipa Materi Tumbuhan Hijau Pada Siswa Kelas V SDN 3 Panjerejo Di Masa Pandemi COVID-19. EDUPROXIMA, 2(2), 87–100.
Elvanisi, A., Hidayat, S., Nurmala Fadillah, E., Jendral Yani, J. A., Palembang, K., Selatan, S., & Author, C. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21426
Handayani, A. P., Koes, S., & Parno. (2016). Identifikasi keterampilan proses sainsmahasiswa fisika Universitas Negeri Malang. Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 81–87.
Hidayati, A., Anwar, M., & Muhajir, R. (2023). Penerapan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Materi Titrasi Iodimetri Application of Practicum Methods to Increase Student Activeness in Iodimetric Titration Material. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, 4(1), 15–28. http://ojs.unm.ac.id/index.php/ChemEdu/index
Lestari, T. (2023). An Analysis of Junior High Student’s Science Process Skills After Covid-19. Magister Scientiae, 51(1), 31–38.
Lestari, T., Supardi, Z. A. I., & Jatmiko, B. (2021). Virtual classroom critical thinking as an alternative teaching model to improve students’ critical thinking skills in pandemic Coronavirus disease era. European Journal of Educational Research, 10(4). https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.4.2003
Lestari, T., Wijaya, A., Prathidina Founda Noviani, E., & Koswojo, J. (2023). Pelatihan Praktikum Fluida Statis Secara Hands on Dalam Melatih Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Pasca COVID-19. Journal of Character Education Society), 6(4). https://doi.org/10.31764/jces.v6i4.17114
Ratnasari, D., Sukarmin, S., & Suparmi, S. (2017). Analisis Implementasi Instrumen Two-Tier Multiple Choice Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 166–179. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.627
Riskawati, R., Saad, R., & A, A. G. A. M. (2022). Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Selama Pandemi Covid-19: Blended Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 496. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.5517
Saleh, S. Y., Muhiddin, N. H., & Rusli, M. A. (2020). Studi Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar. JURNAL IPA TERPADU, 3(2), 75–86.
Sugiarto, A., & Gabriella, D. A. (2020). Kesadaran dan Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa Di Kampus. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 260. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i2.21061
Supatmi, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Praktikum Kimia Berbasis Skala Mikro Materi Stoikiometri. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), 47–57. https://doi.org/10.21009/jrpk.121.07
Utami, W. A., & Astuti, P. (2021). Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi Analisis kesulitan guru dalam meningkatan keterampilan proses sains peserta didik pada masa pandemi covid-19. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 10(1), 51–58. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v10i1
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.21722
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: