Edukasi kesehatan lingkungan dan praktik pembuatan mainan inovatif berbahan sampah plastik

Dwi Kharisma, Febrian Febrian

Abstract


Abstrak

Penanganan sampah plastik yang tidak tepat memiliki dampak serius terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Kegiatan edukasi kesehatan lingkungan dan praktik pembuatan mainan dari sampah plastik ini memiliki tujuan memberikan informasi tentang pentingnya menjaga kesehatan lingkungan serta meningkatkan keterampilan siswa dalam mendaur ulang sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan terkait sampah plastik. Adapun kegiatan dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, serta pelatihan dengan tahapan pelaksanaan meliputi tahap analisis situasi, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi melalui metode tanya jawab. Mitra dari kegiatan ini yaitu SDN 64 Gresik, dilaksanakan di ruang kelas 3 yang diikuti sebanyak 20 siswa. Program edukasi kesehatan lingkungan dan praktik pembuatan mainan berhasil dilaksanakan dengan efektif dan memenuhi target yang ingin dicapai. Kegiatan edukasi berhasil meningkatkan pengetahuan siswa yang dibuktikan dengan seluruh pertanyaan (100%) pada sesi diskusi berhasil terjawab dengan benar. Selain itu, kegiatan praktik pembuatan mainan dari sampah plastik yang diikuti oleh sebanyak 20 orang telah berhasil meningkatkan keterampilan siswa yang dapat dilihat dari keberhasilan seluruh siswa (100%) dalam membuat mainan gangsing sebagai upaya daur ulang sampah plastik.

 

Kata kunci: penanganan sampah plastik; dampak lingkungan; kesehatan; daur ulang.

 

Abstract

Improper handling of plastic waste has serious impacts on the environment and human health. This environmental health education activity and the practice of making toys from plastic waste have the aim of providing information about the importance of maintaining environmental health and increasing students' skills in recycling as an effort to overcome problems related to plastic waste. The activities were carried out using lecture, discussion, and training methods with the implementation stages including the situation analysis stage, activity implementation, and evaluation through the question and answer method. The partner of this activity is State Elementary School 64 Gresik, held in classroom 3 which was attended by 20 students. The environmental health education program and toy making practice can be carried out well and achieve the specified targets. Educational activities succeeded in increasing student knowledge as evidenced by all questions (100%) in the discussion session being answered correctly. In addition, the practice of making toys from plastic waste which was attended by 20 people has succeeded in improving students' skills which can be seen from the success of all students (100%) in making slipper toys as an effort to recycle plastic waste.

 

Keywords: plastic waste management; environmental impact; health; recycling.


Keywords


plastic waste management; environmental impact; health; recycling.

Full Text:

PDF

References


Abdika, Y., Amir Arham, M., & Sudirman. (2019). PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jambura Economic Education Journal, 1(2), 44–50.

Addahlawi, H. A., Mustaghfiroh, U., Ni’mah, L. K., Sundusiyah, A., & Hidayatullah, A. F. (2020). IMPLEMENTASI PRINSIP GOOD ENVIRONMENTAL GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI INDONESIA. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 8(2), 106–118. https://doi.org/10.21009/jgg.082.04

Anindita, G., Setiawan, E., Asri, P., & Sari, D. P. (2017). Pemanfaatan Limbah Plastik dan Kain Perca Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Seminar MASTER 2017 PPNS, 173–176.

Azizah, N. R., Indra Puspikawati, S., & Oktanova, M. A. (2018). INSPEKSI KESEHATAN LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANYUWANGI. JPH RECODE, 2(1), 11–21. http://e-journal.unair.ac.id/JPHRECODE

Faizal Amiruddin. (2023, July 10). Sungai Ciwulan Tasikmalaya Tercemar Mikroplastik . Detik Jabar. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6814740/sungai-ciwulan-tasikmalaya-tercemar-mikroplastik

Hakim, M. Z. (2019). Pengelolaan dan Pengendalian Sampah Plastik Berwawasan Lingkungan. Amanna Gappa, 27(2). https://internasional.kompas.com/read/2018/11/21/18465601/sampah-plastik-dunia-dalam-angka,

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2023). KOMPOSISI SAMPAH 2020-2022. Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/public/data/komposisi

Lestari, L. P., Yunita Nur Afifah, Bambang Panji G, Wiji Lestariningsih, Asri Dwi Puspita, Edi Gunawan, & Moch. Choifin. (2020). PENGOLAHAN METODE 4R DAN BANK SAMPAH UNTUK MENJADIKAN LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT DAN EKONOMIS. AMONG Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Ningsih, D. S. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas VB SDN 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 22–40. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6849

Purwandito, M., Mutia, E., & Lydia, N. (2020). PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK MENJADI PRODUK BERNILAI EKONOMIS PADA DESA KEUMUNING PEUT. Global Science Society : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 2685–2497.

Siti Sri Hartati, Yulia Kania Putri, M. Hilmi Alwani, Titien Yusnita, & Hana Lestari. (2023). EDUKASI BAHAYA SAMPAH PLASTIK BAGI LINGKUNGANDI DESA GUNUNG PICUNG. PRIMARY EDUCATION DEDICATE JOURNAL, 1(1), 1–8. http://jurnal-inais.id/index.php/PEDJ/article/view/267/357

UMM. (2023, December 14). Teliti Mikroplastik, Mahasiswa UMM Ini Sebut Makanan Banyak yang Terkontaminasi. https://www.umm.ac.id/id/berita/teliti-mikroplastik-mahasiswa-umm-ini-sebut-makanan-banyak-yang-terkontaminasi.html

Wulandari, S., & Rofi’ah. (2023). ANALISIS PENYELESAIAN KONFLIK DAMPAK PEMBAKARAN SAMPAH TERHADAP KESEHATAN LINGKUNGAN DAN MASYARAKAT DI DESA CIKARET RT 06 RW 08 KECAMATAN BOGOR SELATAN. MANIFESTO: Jurnal Gagasan Komunikasi, Politik, Dan Budaya, 1(1), 23–29. https://journal.awatarapublisher.com/index.php/manifesto

Yana, S., & Badaruddin. (2017). Pengelolaan Limbah Plastik Sebagai Upaya Pengurangan Pencemaran Lingkungan Melalui Transformasi Yang Memiliki Nilai Tambah Ekonomi. Serambi Engineering, 2(4), 157–164.

Yusuf Ahmad, M., Tambak, S., & Constantiani, N. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Thariqah, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.21950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: